Penting! Ini Daftar Fitur yang Bisa Bikin Konsumsi BBM Mobil Makin Irit. No 5 Mirip Milik Sepeda Motor

Adit · 21 Agu, 2021 08:30

Mobil yang konsumsi bahan bakarnya irit tentu jadi impian banyak orang. Paling tidak bisa meringankan pertimbangan pengeluaran pembelian bahan bakar minyak (BBM) saat hendak menggunakan mobil untuk bepergian.  

Untuk menjawab itu sejumlah pabrikan telah menyediakan mesin mobil yang irit bensin. Salah satunya segmen Low Cost Green Car (LCGC) yang khusus dikembangkan di Indonesia. Kriteria mobil yang bisa masuk segmen tersebut adalah konsumsi bahan bakarnya minimal 20 km/liter. 

Penting! Ini Daftar Fitur yang Bisa Bikin Konsumsi BBM Mobil Makin Irit. No 5 Mirip Milik Sepeda Motor 01

Mobil irit bensin idaman banyak orang.

Baca Juga: Toyota Rush GR Sport Pakai Fitur Idling Stop yang Mirip Honda Vario Biar Makin Hemat Bensin

Tapi untuk mengejar irit bensin ternyata tidak melulu berkutat pada penyesuaian jeroan mesin. Inovasinya lebih canggih lagi dalam bentuk fitur-fitur penghemat BBM yang bisa ditemui di sejumlah model mobil.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Meskipun tidak secara signifikan menghemat konsumsi BBM, keberadaannya penting agar pengemudi bisa senantiasa menerapkan eco driving. Nah berikut ini penjelasan fitur tersebut, salah satunya ada di mobil Anda nggak?

Penting! Ini Daftar Fitur yang Bisa Bikin Konsumsi BBM Mobil Makin Irit. No 5 Mirip Milik Sepeda Motor 01

Tombol Eco Mode di mobil Toyota.

1. Eco Mode

Fitur pertama yang tak asing bagi pengemudi adalah adanya Eco Mode atau pilihan mode berkendara yang irit bensin. Fungsinya bisa dihidup atau matikan sesuai kebutuhan. Beberapa mobil keluaran terbaru memiliki fitur tersebut seperti Toyota Kijang Innova, Wuling Almaz, dan lainnya. 

Mekanisme Eco Mode akan mengubah timing perpindahan gigi pada putaran mesin rendah. Sehingga memungkinkan laju mobil bisa cruising lancar tanpa tertahan putaran mesin. Hasilnya konsumsi BBM bisa lebih hemat.   

Penting! Ini Daftar Fitur yang Bisa Bikin Konsumsi BBM Mobil Makin Irit. No 5 Mirip Milik Sepeda Motor 02

Eco Mode bisa dimanfaatkan sebagai fitur penghemat bahan bakar.

"Eco Mode itu perpindahan giginya secara otomatis dilakukan di bawah 2.500 rpm. Sport Mode bisa 3.000 rpm ke atas untuk mengejar tenaga," terang Product Planing PT SGMW Motor Indonesia, Danang Wiratmoko. 

Selain menyesuaikan putaran mesin, Eco Mode di beberapa mobil juga bisa mengganti karakter bantingan suspensi serta feeling lingkar kemudinya yang cenderung lebih ringan.

2. Cruise Control

Belum banyak yang tahu kalau fitur cruise control juga bisa meningkatkan efisiensi BBM mobil. KIA, dalam keterangan resminya menjelaskan cruise control bisa membantu memangkas konsumsi BBM apabila di jalan yang mendatar dan bebas hambatan. Tidak direkomendasikan gunakan cruise control di perbukitan. 

Penting! Ini Daftar Fitur yang Bisa Bikin Konsumsi BBM Mobil Makin Irit. No 5 Mirip Milik Sepeda Motor 03

Cruise control ternyata bisa menghemat bensin hingga 14 persen!

Cruise control bisa mengurangi konsumsi BBM 7 sampai 14 persen karena laju mobil yang konstan. Berdasarkan riset Natural Resources Canada, mobil yang kecepatannya fluktuatif di jalan bebas hambatan yang selalu berubah-ubah di 75 sampai 85 km/jam cenderung menghabiskan lebih banyak 20 persen bahan bakar. 

Selain bisa menghemat bensin cruise control juga menjanjikan benefit mengurangi rasa lelah pengemudi selam berkendara jarak jauh. Pada saat yang sama sambil mempertahankan efisiensi bahan bakar dengan menghilangkan akselerasi dan deselerasi yang tidak perlu. 

Penting! Ini Daftar Fitur yang Bisa Bikin Konsumsi BBM Mobil Makin Irit. No 5 Mirip Milik Sepeda Motor 04

Tombol cruise control di Mitsubishi Pajero Sport.

Baca Juga: Jangan Salah! Ini Arti Huruf 'E' Pada Indikator Bensin, Pemilik Daihatsu Terios Harus Tahu

3. Eco Indicator

Sadar atau tidak keberadaan Eco Indicator di mobil-mobil terbaru juga bisa menghemat konsumsi BBM. Karena fungsinya bisa memandu gaya berkendara pengemudinya mampu mengefisiensikan bahan bakar. 

Laman resmi Toyota menjelaskan kerja Eco Indicator secara mandiri bisa mendeteksi pengemudi saat berakselerasi menginjak pedal gas dan perpindahan gigi. Misalnya akselerasinya lembut dan putaran mesin selalu bertahan rendah maka sistem akan membacanya sebagai gaya mengemudi hemat bensin. Lebih lanjut akan nyala indikator Eco yang menandakan hal tersebut. 

Penting! Ini Daftar Fitur yang Bisa Bikin Konsumsi BBM Mobil Makin Irit. No 5 Mirip Milik Sepeda Motor 05

Keberadaan Eco Indicator membantu pengemudi menerapkan gaya mengemudi eco driving.

Sehingga harapannya pengemudi tetap bisa menerapkan gaya berkendara yang sama sambil mempertahankan lampu indkator tetap menyala.

Sebaliknya jika kaki menginjak pedal gas terlalu dalam lajunya cenderung cepat di putaran mesin tinggi, Eco Indicator tidak akan menyala karena mendeteksi gaya mengemudi yang boros BBM. 

4. Idling Stop System/Auto Start Stop

Fitur lain yang bisa mencegah bahan bakar terbuang percuma adalah Idling Stop System atau Auto Start Stop. Sayangnya fitur ini hanya ditemukan di beberapa varian tinggi atau mobil mewah seperti Toyota Alphard. Tapi yang terbaru, Toyota Rush GR Sport sudah memilikinya. 

Cara kerjanya serupa fitur idling stop yang ada di motor matic. Mesin bisa mati sendiri dalam kondisi idling alias mesin nyala tanpa melaju misalnya di kemacetan, kemudian bisa dihidupkan secara otomatis dengan menginjak pedal gas kembali. 

Penting! Ini Daftar Fitur yang Bisa Bikin Konsumsi BBM Mobil Makin Irit. No 5 Mirip Milik Sepeda Motor 06

Toyota Rush GR Sport sekarang punya fitur idling stop system seperti Honda Vario.

"Mesin akan mati saat idling untuk efisiensi bahan bakar. Untuk tipe matic posisi di D, keadaan berhenti, injak rem agak dalam dan mesin akan mati. Ketika pedal rem dilepas atau pedal gas diinjak mesin akan starter kembali," terang Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi kepada Autofun Indonesia. 

Sementara untuk model manual posisikan transmisi di N dalam keadaan berhenti lalu pedal kopling dilepas mesin akan mati. Ketika pedal kopling diinjak atau gas ditekan mesin akan hidup kembali. 

Baca Juga: Sejarah Fitur Keselamatan Modern di Mobil, Penemuannya Dipelopori Volvo

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru