Perang Segmen Hatchback, Mana Lebih Baik?

Yusuf · 6 Jul 2020 09:00

Selain membuat mobil jenis sedan, Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia menghadirkan hatchback untuk masyarakat yang menginginkan mobil yang tidak terlalu besar namun dapat menampung hingga lima orang penumpang. Meski hatchback, namun dibekali mesin yang cukup besar, 1.500 cc. Harganya pun dikisaran Rp 200-300 juta.

Mobil Mazda memiliki hatchback New Mazda2 2020 yang pernah menjadi tulang punggung penjualan mereka. Mobil Mazda2 ditawarkan dalam dua varian, yaitu tipe R dan GT. Perbedaan dari kedua tipe hanya pada fitur.

Mobil Mazda 2 tersedia dalam 2 varian. Harga Mazda 2 2020 berkisar dari Rp 287 juta hingga Rp 304 jutaan. Ini tidak beda jauh dengan harga Mazda 2 2019.

New Mazda2 2020 memiliki berat 1,025 kg dengan tenaga 108 dk. Mazda2 memiliki power to weight ratio yang baik, membuat mobil ini termasuk ke dalam hatchback yang cukup fun to drive untuk dikendarai.

New Mazda2 dibekali dengan fitur dan teknologi canggih bernama i-Activsense yang mampu memberikan kepercayaan diri pengemudi. i-Activsense terdiri dari beberapa fitur seperti blind spot monitoring system (BSM), smart city brake support, rear cross traffic alert system, dan i-stop yang merupakan idling system pada mesin.

Terdapat juga fitur yaitu Mazda Regenerative Braking System / i-ELOOP. Inilah yang menjadikan mobil Mazda2 2020 selangkah lebih maju dari pesaingnya yaitu New Honda Jazz.

I-ELOOP mobil Mazda baru ini akan menggantikan energi yang hilang dari perlambatan akselerasi ke tenaga listrik yang akan disimpan di tempat penyimpanan. Tenaga tadi lantas akan disalurkan ke sistem kelistrikan dari kendaraan. Tenaga memungkinkan mesin bekerja lebih ringan untuk menjalankan mobil dan bisa menghemat bahan bakar hingga 10%.

Mobil Mazda2 2020 memiliki mesin 1.496 cc, 4 silinder, DOHC, Dual Sequential Valve Timing (S-VT) dan Electronic Throttle Control (ETC). Mesin tersebut dibekali juga dengan fitur i-Stop. Fitur ini mampu mematikan mesin secara sementara pada saat kondisi macet. Untuk menyalakannya kembali, sang pengemudi hanya perlu menginjakkan pedal gas.

Mobil Mazda2 Type R memiliki sistem hiburan multimedia didukung MZD Connect yang ditampilkan pada layar TFT berukuran 7 inci.

MZD Connect dapat terhubung ke internet saat mobil Mazda2 baru berjalan dan bisa memutar AM/FM radio, musik, dan sebagai alat komunikasi yang terhubung pada *smartphone. *

Sistem tersebut telah dilengkapi Smartphone Integration, melalui kenop Commander yang tersedia pada semua varian New Mazda2. Mobil Mazda2 ini dijual dengan harga mulai dari Rp 285.300.000

Honda Jazz

Sementara itu, pesaing terdekatnya New Honda Jazz 2020 juga dibekali dengan teknologi dan tampilan yang tak kalah modern.

Rem New Honda Jazz 2020 sudah dibekali dengan ABS dan EBD, yang juga didukung dengan Brake Override System (BOS) yang secara otomatis mengabaikan input gas ketika pedal rem dan gas terinjak bersamaan. Fitur baru yang disematkan pada mobil All New Jazz ini  yaitu Auto AC with Smart Touch, secara otomatis mengatur dengan menggunakan layar touchscreen. Jika ingin menggunakan AC hanya menekan tulisan Auto, kipas AC akan menyesuaikan levelnya hingga mencapai temperatur yang diinginkan.

Head unit tipe floating masih digunakan di seri RS yang juga dengan layar sentuh besar 8 inci. Port USB, HDMI dan AUX juga dipindahkan ke depan head ini. Makin enak ketika ingin mengkoneksikan smartphone dengan head unit karena tidak repot cari colokan port.

New Honda Jazz 2020 disematkan mesin L15 dengan maksimal tenaga 118 dk dari kapasitas 1.497 cc yang diklaim terbesar di kelasnya, dengan teknologinya i-VTEC dan DBW. Harga mobil Honda Jazz berkisar dari Rp252,5 - Rp295 Juta

Toyota Yaris

Toyota Yaris S dibekali dengan mesin CVT TRD menggunakan mesin Dual VVT-i 4 silinder segaris 16 Valve DOHC. Mobil Yaris diklaim Toyota memiliki tenaga maksimum sebesar 105 dk pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 137 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Toyota Yaris baru S CVT TRD memiliki Head Unit berupa audio touchscreen yang dapat memutar DVD, Radio FM/AM, juga memainkan musik dari sambungan USB, AUX dan bluetooth dari smartphone. Kualitas audionya pun cukup mumpuni dengan 6 buah speaker.

Selain itu ada tambahan fitur iPod Ready, Miracast, Weblink, internet connectivity, dan multitasking window hingga remote apps. Harga New Toyota Yaris berkisar dari Rp 259 juta hingga Rp 291 jutaan. Ini merupakan harga mobil Yaris terbaru 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris New, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020.

Kesimpulan

Dari ketiga jenis hatchback di atas, masing-masing memiliki keunggulan di fiturnya masing-masing. Namun, jika Anda memilih harga yang masuk dikantong, jangan Anda memilih mobil Mazda2 2020 lantaran harga yang ditawarkan sangat tinggi dibandingkan kompetitornya.

Sementara itu, jika Anda menginginkan tenaga yang maksimal dalam berkendara, New Honda Jazz merupakan pilihan yang tepat. Hal tersebut karena New Honda Jazz 2020 memiliki tenaga yang paling besar di kelasnya.

Komentar

Mobil Terbaru