window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perawatan Daihatsu Sirion Ternyata Pas di Kantong

Samuel Tito · 31 Jul, 2020 19:00

Perawatan Daihatsu Sirion Ternyata Pas di Kantong 01

Keunggulan Daihatsu Sirion yang membuat banyak orang ingin memiliki city car Daihatsu ini adalah biaya perawatannya yang rendah. Dengan biaya perawatan yang rendah dari mesin Daihatsu Sirion, tentu saja, pemilik Daihatsu Sirion tidak akan merasa terbebani oleh biaya.

Memang biaya servis mobil berfluktuasi alias bisa berubah tergantung kondisi ekonomi, kebijakan pemerintah, atau kondisi lain seperti nilai tukar mata uang, faktor harga bahan bakar, liburan, liburan sekolah, kenaikan upah dan lain-lain.

Selain itu, setiap bengkel juga memiliki kebijakan sendiri mengenai biaya layanan mobil. Harga juga dapat berbeda tergantung pada jenis mobil. Semakin mahal harga mobil, layanannya tentu lebih mahal juga. Mobil Daihatsu Sirion sendiri tetap sebagai kendaraan yang mudah dirawat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Daihatsu Sirion tersedia dalam 2 varian. Harga mobil Daihatsu Sirion berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 211 jutaan. Ini merupakan harga mobil Daihatsu Sirion terbaru 2020.

Ada juga mobil Daihatsu Terios sebagai saudara mobil Daihatsu Sirion memiliki total 7 varian. All New Terios harga berkisar dari Rp 212 juta hingga Rp 265 jutaan. Ini merupakan harga mobil Terios terbaru di tahun 2020. Mobil Terios baru memiliki kembaran yang berasal dari induk yang berbeda, yakni Toyota Rush. 

Perawatan mesin Daihatsu New Sirion tidak membutuhkan biaya yang cukup besar. Kendaraan yang dibanderol dengan harga Rp 200 juta ini juga didukung oleh suku cadang. Tidak sulit menemukan berbagai macam suku cadang yang dibutuhkan. Suku cadang juga bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Suku Cadang Daihatsu Sirion Murah

Perawatan Daihatsu Sirion Ternyata Pas di Kantong 01

Daihatsu Sirion mengusung desain mesin dengan sistem satu sabuk. Artinya, hanya ada satu sabuk pemain untuk menggerakkan alternator dan AC. Jadi sabuk Sirion hanya satu dan panjang. Bahan sabuk yang terbuat dari karet, jelas memiliki masa pakai. Setidaknya setiap 80-100 ribu kilometer harus diganti dengan tensioner.

Harganya pun tidak mahal meski pembuatnya terkenal. Cukup siapkan dana 64 ribu (tidak termasuk bantalan tensioner) ketika mesin mulai mengeluarkan bunyi mencicit karena sabuk kering atau rapuh.

Mungkin hanya empat pemantik ini yang tidak ada kendala dalam hal stok. Karena busi Denso yang digunakan juga digunakan oleh lini produk lainnya. Busi seharga Rp 21.500 / potong dapat dibeli kapan saja tanpa harus inden. Ganti busi setidaknya 6 sekali saja agar kunci kontak tetap terjaga.

Tidak punya waktu untuk mampir ke bengkel resmi mobil Daihatsu, Anda juga dapat membeli busi dari merek lain di pusat suku cadang mobil. Tapi Anda harus tahu nomor atau kode busi pengganti yang cocok dengan Daihatsu Sirion.

Rincian Biaya Servis Berkala Daihatsu Sirion

Daftar Biaya Servis Daihatsu Sirion
10.000 kilometer Rp 400.000 hingga Rp 600.000
40.000 kilometer Rp 1 juta sampai Rp 1,2 juta
80.000 kilometer Rp 2,6 juta sampai Rp 3 juta

Perawatan Daihatsu Sirion Ternyata Pas di Kantong 02

Jenis Perawatan Berkala Daihatsu Sirion

Daftar Perawatan Berkala Daihatsu Sirion
Perawatan Berkala 1.000 KM Perawatan Berkala Kelipatan 10.000 KM Perawatan Berkala Kelipatan 20.000 KM Perawatan Berkala Kelipatan 40.000 KM
Tali kipas, oli mesin, sistem pendingin, cairan pendingin (radiator), baterai (accu), dan saringan udara Kondisi Chasis dan Body Penggantian busi Penggantian oli transmisi
Kondisi Chasis dan Body Penggantian oli mesin Penggantian saringan oli Penggantian oli diferensial (oli gardan)
Pengencangan baut-baut, pedal kopling, pedal rem, sistem rem, minyak rem, kondisi ban dan tekanannya, semua lampu, klakson, wipper, washer. Penggantian saringan oli Pemeriksaan sistem AC Penggantian filter udara
  Pemeriksaan dan rotasi ban Pemeriksaan sistem pembuangan (exhaust) Penggantian filter AC
  Pemeriksaan busi dan saringan udara Pemeriksaan suspensi Penggantian cairan radiator

Perawatan Daihatsu Sirion Ternyata Pas di Kantong 03

Kesimpulan

Pertimbangan yang tak kalah penting saat mencoba membeli kendaraan adalah perawatan. Namun, seiring waktu mobil Sirion yang Anda beli harus mendapatkan perawatan maksimal. Perawatan Daihatsu Sirion ternyata mudah dan masih terjangkau. Terutama dari segi biaya. Semakin murah biaya perawatan New Sirion yang harus dikeluarkan, maka tabungan Anda akan lebih maksimal.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil