window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Biaya Perawatan Honda Accord Vs Toyota Camry Bekas, Murah Mana?

Yongki Sanjaya · 3 Jun, 2020 14:00

Perbandingan Biaya Perawatan Honda Accord Vs Toyota Camry Bekas, Murah Mana? 01

Saat kita ingin tampil mewah dengan budget yang tidak wah, maka memelihara sedan medium bekas tentunya jadi pilihan yang rasional. Dibanderol dengan budget maksimal Rp 150 jutaan, inilah biaya servis mobil Honda Accord sedan atau Toyota Camry bekas keluaran 2012 ke bawah ini.

Mobil Honda Accord hanya tersedia dalam 1 varian. Harga mobil Honda Accord dibanderol dengan biaya sebesar Rp 734 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Accord di tahun 2020. Sedangkan Toyota Camry tersedia dalam 2 varian. Harga Toyota Camry terbaru 2020 berkisar dari Rp 642 juta hingga Rp 675 jutaan.

Mobil Toyota Camry tersedia dalam 3 varian,yakni mobil Toyota Camry 2.5 V A/T, Toyota Camry 2.5 G A/T, dan Toyota Camry Hybrid A/T. Harga Toyota Camry berkisar dari Rp 642 juta, Rp 675 juta hingga Rp 842 jutaan. Ini merupakan harga Camry 2020. Kepopularitas mobil Toyota Camry sangat tinggi, saat ini masih banyak juga yang mengincar mobil Toyota Camry bekas. Harga Camry bekas bervarian dan tergantung dengan kondisi dari mobil tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kedua sedan di atas menawarkan kenyamanan berkendara sebagai penumpang layaknya pejabat. Soal performa juga tidak bisa disepelekan, karena didukung mesin besar. Hal yang patut kita perhitungkan yaitu seberapa mahal biaya perawatan rutin dari keduanya.

Sebab, umumnya mobil sedan modern biasanya telah didukung sistem elektrikal yang canggih. Prosedur perawatannya juga membutuhkan diagnostic tools untuk scanning kerusakan yang terbaca di sistem ECU.

Perbandingan Biaya Perawatan Honda Accord Vs Toyota Camry Bekas, Murah Mana? 01

Biaya servis besar untuk mobil Honda Accord di bengkel spesialis Honda Clinic yaitu sekitar Rp 700 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk chemical untuk carbon clean dan penyetelan ulang mesin tapi belum termasuk ganti oli. Apabila biayanya ditambah dengan ganti oli, bisa sampai Rp 1,5 sampai 2 jutaan termasuk untuk olinya.

Proses servis besar di bengkel spesialis untuk mobil sedan Honda New Accord biasanya meliputi pembersihan injector hingga pengecekan kondisi motor extra fan radiator. Setelah itu, bagian intake manifold dilepas lalu injector dibersihkan.

Setelah melakukan tune-up, akan ada banyak perubahan penyetelan ulang. Oleh karena itu diperlukan proses scan demi memperbaiki kinerja dan performa mobil dari ECU agar seluruh sistemnya selaras dengan setelan mesin yang baru.

Bila untuk servis rutin dan scan saja, biayanya lebih hemat. Untuk proses tune-up dan scan mobil sedan Accord dikenai ongkos Rp 450 ribuan.

Perawatan Kaki-kaki Honda Accord Lebih Hemat

Perbandingan Biaya Perawatan Honda Accord Vs Toyota Camry Bekas, Murah Mana? 02

Perawatan kaki-kaki di mobil Honda Accord malah lebih terjangkau. Untuk sedan Accord generasi kedelapan, perawatannya bahkan tergolong mudah karena teknologinya sebagian masih sederhana. Masalah yang juga sering terjadi di sedan Accord yaitu power steering rembes.

Enaknya power steering di mobil sedan Honda New Accord generasi kedelapan masih memakai hidrolik oli. Jadi, untuk perbaikannya banyak bengkel yang bisa menangani.

Perbandingan Biaya Perawatan Honda Accord Vs Toyota Camry Bekas, Murah Mana? 03

Untuk biaya servis kaki-kaki di bengkel spesialis juga masih enteng. Rekondisi masalah shock depan ngunci, biayanya sekitar Rp 1.2 juta.

Saat bongkar kaki-kaki perlu juga mengganti laher berikut dengan sepasang karet stabilizer depan. Totalnya sekitar Rp 500 ribu untuk harga parts yang genuine.

Biaya Perawatan Toyota Camry Lebih Murah?

Perbandingan Biaya Perawatan Honda Accord Vs Toyota Camry Bekas, Murah Mana? 04

Untuk periode model yang sama dengan mobil Honda Accord, ada mobil Toyota Camry generasi keenam. biaya servis rutin sedan ini terbilang murah untuk ukuran mobil dinas kalangan menteri di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Untuk servis rutin atau tune up mobil Toyota Camry lawas, di bengkel Anugerah Motor MGK Kemayoran biaya jasanya itu Rp 300 ribu di luar biaya suku cadang atau oli yang diganti. Untuk servis rutin atau tune up Camry generasi keenam meliputi pengecekan dan pembersihan pada sektor pembakaran.

Pertama membersihkan kerak pada lubang-lubang busi dan throttle body. Itu dilakukan tiap 10 ribu kilometer kemudian cek koil dan ganti oli. Bila mobil sudah mendekati usia 10 tahun, tidak ada salahnya untuk melakukan servis besar.

Perbandingan Biaya Perawatan Honda Accord Vs Toyota Camry Bekas, Murah Mana? 05

Menurut buku panduan Toyota, servis besar dilakukan itu untuk mobil yang kilometernya sudah mencapai 80 ribu kilometer. Untuk servis besar, perlakuan servisnya tak jauh beda dengan tune up.

Saat servis besar, perbaikan hanya ditambah pembersihan mesin dengan carbon cleaner, cek rem dan ganti oli transmisi bila perlu. jasa servis besar mobil Toyota Camry di Anugerah Motor dipatok Rp 650 ribu.

Setelah tune up bila ditemui problem seperti rpm-nya kurang tinggi, ketinggian, atau bahkan check engine-nya menyala, maka perlu melakukan scan ECU yang biayanya sekitar Rp 150 sampai 200 ribuan.

Penyakit Bawaan Toyota Camry

Perbandingan Biaya Perawatan Honda Accord Vs Toyota Camry Bekas, Murah Mana? 06

Yang paling sering terjadi kerusakan di mobil Toyota Camry yaitu kaki-kaki karena usia pakai. Harga sparepart-nya kisaran Rp 1 juta sampai Rp 2 juta atau lebih.

Penyakit lainnya yang sering dialami sedan ini yaitu pada dasbor yang bergelombang. Kerusakan terjadi akibat minimnya perawatan dasbor dan mobil yang sering terpapar sinar matahari langsung.

Saat melakukan servis rutin, sebaiknya periksa juga tensioner fan belt. Bagian ini tak jarang mengalami masalah yang indikasi kerusakannya muncul suara "krek-krek" di fanbelt dan pulley.

Demikianlah biaya perawatan harga mobil Honda Accord dan Toyota Camry bekas. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Honda Accord 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil