Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL, Si Pendatang Baru Kalah Tampang Menang Fitur

Yongki Sanjaya · 23 Jun, 2021 14:30

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL, Si Pendatang Baru Kalah Tampang Menang Fitur 01

Pertarungan segmen mobil perkotaan pada kelas harga di bawah Rp200 jutaan semakin sengit. Ini karena PT Astra Daihatsu Motor merilis varian Rocky bermesin 1.200 cc, dimana beberapa tipe harganya cukup terjangkau. Untuk city car bergaya SUV, Daihatsu Rocky 1.2 M layak jadi lawan utama Suzuki Ignis GL.

Baca juga:

10 Indikator Fitur di Meter Cluster Daihatsu Rocky yang Wajib Diketahui, Kalau Nyala Berarti Ada Masalah

Sekarang Lebih Baik Beli Daihatsu Rocky Daripada Toyota Raize! Ini Alasannya

Berapa Sih Harga Kredit Daihatsu Rocky? Berikut Skema Cicilan Untuk Semua Variannya

Mengisi tipe terendah, Daihatsu Rocky 1.2 M ini fiturnya cukup oke. Memang sih, ada beberapa 'downgrade' supaya harganya cukup terjangkau. Namun, pemangkasan fitur ini tak begitu signifikan sehingga kita masih bisa menikmati keunggulan fitur utama di varian 1.200 cc.

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL, Si Pendatang Baru Kalah Tampang Menang Fitur 02

Sementara itu dari kubu Suzuki, Ignis menjadi inisiator city car dengan gaya SUV di tahun 2016. Setelah kurang lebih 5 tahun bermain sendiri, Ignis mendapatkan lawan berat dari Daihatsu yang notabene juga merek ternama Jepang. Berikut ini perbandingan harga Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL:

  • Daihatsu Rocky Tipe M Rp178,9 juta (MT)/Rp194,6 juta (CVT) 
  • Suzuki Ignis Tipe GL Rp175,5 juta (MT)/Rp 185,5 juta (AGS) 

Lantas, apakah sepadan bila membandingkan Rocky 1.2 M dengan Ignis GL AT? Menurut kamk keduanya punya poin plus minus masing-masing yang berimbang. Untuk compact crossover di bawah Rp200 jutaan, baik Rocky dan Ignis ini termasuk mobil baru dengan value for money yang baik.

Tidak perlu berlama-lama, mari kita ulas lebih dalam.

Daihatsu Rocky 1.2 M, Bertampang Murah, Tapi Fiturnya Mewah 

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL, Si Pendatang Baru Kalah Tampang Menang Fitur 03

Daihatsu Rocky 1.2 M (Foto: Instagram B Channel)

Untuk kamu yang ingin beralih dari sepeda motor ke roda empat, Rocky 1.2 M sebenarnya sangat layak untuk first car kamu sehari-hari. Memang dari penampilan luar tak semewah Raize, atau Rocky tipe X ke atas dengan aksen krom. Tapi, kelengkapan fitur di Rocky 1.2 M tidak banyak bedanya dengan tipe 1.2 X yang ada diatasnya.

Perbedaan mendasar hanyalah pada aksen kosmetik seperti garnish dan velg. Rocky 1.2 M ini masih pakai velg kaleng warna hitam yang ditutup dop roda. Sementara itu, panel-panel luarnya tidak dipercantik garnish krom. Bahkan, headlamp saja masih pakai halogen biasa.

Fitur Melimpah Rocky 1.2 M, Bikin Harganya Terasa Murah

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL, Si Pendatang Baru Kalah Tampang Menang Fitur 04

Daihatsu Rocky 1.2 M (Foto: Instagram B Channel)

Tipe M sebagai tipe terbawah memiliki fitur multimedia yang oke, dengan mengandalkan head unit  7 inci Display Audio Support Apple Carplay & Android Auto. Untuk tipe terbawah, cuma Rocky yang sudah pakak head unit LCD hingga dapat pilihan transmisi otomatis CVT. 

Fitur standar Rocky lainnya yang telah ada dari tipe M yaitu Electric Power Steering, Tilt Steering, Power Mode (khusus transmisi CVT), Speed Sensing Front Wiper, Power Window, Speed Sensing Auto Door Lock, Immobilizer, 2 Front Speakers. 

Fitur keselamatan di Rocky 1.2 liter juga cukup lengkap karena mendapatkan Dual Front Airbag, Side Impact Beam, Front Disc Brake, Rear Drum Brake, ABS, EBD, 3 Point ELR Seatbelt All Seatbelt Warning, Child Safety lock, VSC (khusus CVT) dan HSA (khusus CVT). 

Tidak seperti tipe 1.2 X ke atas, Daihatsu Rocky 1.2 M masih memakai kunci model colok dan panel instrumen speedometer analog. 

Daihatsu Rocky 1.2 M Gampang Jadi Bahan Modifikasi

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL, Si Pendatang Baru Kalah Tampang Menang Fitur 05

Daihatsu Rocky 1.2 M (Foto: Instagram B Channel)

Penampilan Rocky 1.2 M apakah sederhana? Iya, tapi bisa membebaskan kita berkreasi lebih ekonomis. Bahkan, kita bisa membuatnya tak kalah ganteng dari tipe yang lebih mahal. Dengan selisih harga sekitar Rp13 juta antara tipe M dengan tipe X bisa kita manfaatkan untuk mempercantik mobil. 

Sebagai informasi, Daihatsu Rocky 1.2 M ini ban bawaannya memakai ban Bridgestone Turanza, salah satu ban dengan kualitas yang bagus. Kemudian, ban serep yang dipakai juga full size, sehingga kenyamanan berkendara tak berkurang apabila kita terpaksa memakai ban serep.

Bila ingin mempercantik, kita bisa memulainya dengan mengganti velg bawaan dengan produk aftermarket. Bermodal budget 4-6 jutaan, penampilan Rocky 1.2 M bisa lebih ganteng memakai velg aftermarket.

Suzuki Ignis GL, City Car Maskulin yang Ramah di Saku

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL, Si Pendatang Baru Kalah Tampang Menang Fitur 06

Suzuki Ignis GL menjadi trim termurah di jajaran model Ignis yang dijual di Tanah Air, tetapi ia juga menawarkan beberapa kelebihan yang membuatnya termasuk golongan mobil value for money. Tipe ini juga sama-sama menawarkan opsi transmisi manual dan otomatis dalam hal ini auto gear shift (AGS). 

Eksterior Suzuki Ignis trim GL ini tampil lebih polos dan juga tidak mendapat foglamp. Sistem pencahayaan juga memakai bohlam halogen biasa namun kualitas cahayanya cukup terang. 

Tidak seperti Rocky 1.2 M, velg di Ignis GL sudah memakai bahan alloy sehingga lebih gaya. Interiornya pada versi facelift tidak banyak mengalami perubahan, dengan aksen dual tone dengan desain setir yang stylish. 

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL, Si Pendatang Baru Kalah Tampang Menang Fitur 07

Urusan fitur multimedia, Ignis GL terkrsan usang karena head unit yang diusung bukan model layar sentuh. Peranti ini hanya mampu memutar CD, menerima input AUX serta USB, dan memutar siaran radio FM dan AM dengan layar monokrom. Terasa seperti naik mobil era 2000-an ya? 

Pengaturan AC pada Suzuki Ignis GL juga masih full manual pakai knob, tapi pilihan menunya cukup lengkap. Terdapat opsi semburan angin yang lengkap, mulai dari ke badan hingga ke kaki, serta telah dilengkapi dengan defogger kaca depan dan belakang. 

Ignis GL juga sudah dilengkapi heater, suatu fitur yang tidak akan Anda temukan pada produk sejenis sekelasnya. Seperti halnya Rocky 1.2 M, Ignis GL juga masih memakai panel speedometer analog. 

Spesifikasi Mesin Suzuki Ignis Kalah Dari Daihatsu Rocky

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 M vs Suzuki Ignis GL, Si Pendatang Baru Kalah Tampang Menang Fitur 08

Daihatsu Rocky 1.2 M (Foto: Instagram B Channel)

Sebagai pendatang baru, kehadiran Daihatsu Rocky 1.2 M ini patut diperhitungkan karena jadi paket komplit untuk sebuah mobil perkotaan. Mesinnya walau cuma 3-silinder tapi punya output cukup besar. Mesin WA-VE Daihatsu Rocky 1.200 cc tenaganya mencapai 88 PS, nyaris serupa dengan tenaga Honda Brio sebesar 90 PS.

Bahkan untuk sesama 'compact crossover', tenaga mesin 1.200 cc milik Rocky ini lebih besar dari Suzuki Ignis. Mobil mungil Suzuki ini tenaganya sebesar 83 PS serta torsi 113 Nm pada 4.200 rpm dari mesin berkapasitas serupa. 

Kesimpulan

Baik Daihatsu Rocky maupun Suzuki Ignis menjadi urban SUV yang kami rasa pas untuk kaum millenial. Dengan harga yang cukup terjangkau, masing-masing mobil ini cukup layak untuk dimiliki.

Namun bila melihat spesifikasi yang diusung, maka Daihatsu Rocky 1.2 M lebih menarik untuk fitur yang dimiliki. Walau memang, harga Rocky 1.2 M CVT juga lebih mahal daripada Suzuki Ignis GL AGS. Untuk kelas harga di bawah Rp200 jutaan, Rocky 1.2 M CVT jadi opsi paling komplit. 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Ignis GL MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru