window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Desain di New Toyota Kijang Innova dengan yang Lama, Lebih Keren?

Yongki Sanjaya · 14 Okt, 2020 19:00

Perbandingan Desain di New Toyota Kijang Innova dengan yang Lama, Lebih Keren? 01

Bertepatan dengan peluncuran Toyota Fortuner, PT Toyota Astra Motor juga meluncurkan facelift Kijang Innova. Penyegaran desain mobil keluarga ini pastinya sudah sangat dinantikan publik setelah meluncur selama lima tahun. 

Kijang Innova Reborn diluncurkan pada 2015 lalu dengan style yang menonjolkan garis tegas dan bergaya maskulin. Kesan tangguh di Innova Reborn ini muncul karena platform yang digunakan serupa dengan Hilux dan Fortuner. Setelah lima tahun, Toyota pun melakukan update desain dan fitur Innova Reborn. 

Wajah Baru New Kijang Innova Mirip Hilux

Perbandingan Desain di New Toyota Kijang Innova dengan yang Lama, Lebih Keren? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jelang peluncuran pada tanggal 15 Oktober besok, bocoran soal Kijang Innova facelift pun sudah tersebar luas di jagat maya. Sebagaimana biasa, penggiat otomotif Indra Fathan mempublikasikan ubahan yang hadir di New Kijang Innova. 

Secara dimensi dan ukuran tampaknya tidak ada perubahan yang radikal karena hanya minor change. Garis body masih tetap sama seperti versi 2015 tapi dengan ubahan desain. 

Pada tampilan depan terdapat ubahan terbesar dan paling mencolok di versi facelift ini. Lampunya masih sama seperti versi pre-facelift tetapi grillnya baru yang makin mirip pickup Toyota Hilux. Posisi lampu sein dan foglamp di versi pre-facelift dulu sejajar, tapi sekarang terpisah di versi facelift ini

Update corak velg dan merek bannya ganti. Versi facelift kini dapat pelek dual tone berdesain baru, termasuk dari tipe terendah (2.0 G manual). 

Perbandingan Desain di New Toyota Kijang Innova dengan yang Lama, Lebih Keren? 01

Ukuran velg masih 16 inci tapi bannya pakai GT Radial Champiro Luxe (bukan Champiro Eco). Sedangkan pre-facelift velgnya single tone dan ban Dunlop Enasave

Berikut ini kelengkapan yang hadir di New Toyota Kijang Innova:

LED Projector Headlamp (V, V Luxury, Venturer)

LED Foglamp (V, V Luxury, Venturer)

Bumper Spoiler Package (Venturer)

Rear License Garnish (V, V Luxury, Venturer)

Pelek dual tone desain baru:
•Venturer: 17 inci
•G, G Luxury, V, V Luxury: 16 inci

Adapun opsi warna yang tersedia di Kijang Innova facelift 2020 antara lain:

  • G & V: Super White, Silver Metallic, Dark Gray Mica Metallic, Attitude Black, Phantom Brown Metallic (warna baru)
  • Venturer: Super White, Silver Metallic, Dark Gray Mica Metallic, Attitude Black, Phantom Brown Metallic (warna baru), Red Mica Metallic

Ubahan Desain dan Update Fitur di Interior

Perbandingan Desain di New Toyota Kijang Innova dengan yang Lama, Lebih Keren? 02

Masuk ke kabin, paling ketara perubahannya ada di warna interiornya (jok & doortrim). Jika versi pre-facelift warnanya coklat bata sedangkan versi facelift berubah jadi coklat tua. 

Selanjutnya head unit versi facelift sekarang pakai model baru yang mirip kepunyaan Avanza Veloz atau Sienta. Tapi layarnya lebih besar jadi 8 inci. Sayang, fiturnya masih mirip dengan pre-facelift. 

Berikut ini daftar update yang hadir pada interior New Kijang Innova:

Interior
- Head unit baru:
•Venturer : 9 inch touchscreen with Radio, Bluetooth, USB, Miracast, Smartphone Connection, & NFC (cek saldo e-money)
• V, V Luxury : 9 inch touchscreen with Radio, Bluetooth, USB, Miracast, Smartphone Connection
• G, G Luxury : 8 inch touchscreen with Radio, Bluetooth, USB, & Mirroring
- Auto AC (V, V Luxury, Venturer)
- Rear Seat Entertainment (V, V Luxury, Venturer)
- Rear Camera (all type)

Fitur Keselamatan Semakin Lengkap di Tipe Terbawah

Perbandingan Desain di New Toyota Kijang Innova dengan yang Lama, Lebih Keren? 03

Fitur Vehicle Stability Control atau VSC yang di versi pre-facelift hanya tersedia di Venturer diesel, sekarang ada juga di tipe 2.0 G manual. Di versi facelift ini, kamera mundur juga tersedia di tipe 2.0 G manual, sedangkan versi pre-facelift belum ada. 

Estimasi Kenaikan Harga New Kijang Innova

Penyegaran model yang terdapat di New Kijang Innova ternyata harus dibayar dengan kenaikan harga yang lumayan besar. Total, New Kijang Innova akan hadir dalam 16 tipe dan varian, termasuk Venturer didalamnya. 

Berdasarkan informasi yang kami dapat, nilai kenaikan paling kecil terdapat pada tipe Innova 2.0 V AT senilai Rp 11 juta. Adapun kenaikan paling besar terdapat pada tipe Innova 2.0 G MT, mencapai Rp 17,8 juta. 

Kesimpulan

Desain baru dari New Kijang Innova membuatnya semakin terkesan tangguh dan maskulin. Wajahnya semakin gagah karena mengadopsi gaya Hilux. Namun, penyegaran hanya sebatas mengganti desain muka karena tidak ada aksen body kit atau garnish yang membuatnya terkesan premium. 

Selain itu untuk ukuran facelift di tengah life cycle, kenaikan harga yang dilakukan oleh Toyota tergolong tinggi. Ini bahkan terjadi pada tipe terbawah yang penjualannya paling laris. Memang, update yang dilakukan membuat tipe G tidak lagi terkesan ala kadarnya. 

Fitur semakin lengkap dan canggih dengan dukungan head unit baru yang mendukung kamera parkir. Namun tetap saja, kenaikan harga mencapai Rp 11 juta kami nilai sedikit kemahalan. Sebab, mesinnya pun tidak ada perubahan spesifikasi atau besaran tenaga. 

Di luar desain baru, fokus peningkatan hanya pada head unit. Kita patut apresiasi apabila head unit OEM yang digunakan pada Innova G ini adalah produk ternama. Namun, cukup banyak produk aftermarket kenamaan yang menawarkan head unit sejenis dengan harga yang bersahabat. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil