window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Fitur Keselamatan di Toyota Fortuner 2.8 vs Wuling Almaz RS, Mobil China Bisa Lebih Royal

Yongki Sanjaya · 9 Feb, 2022 17:27

Perbandingan Fitur Keselamatan di Toyota Fortuner 2.8 vs Wuling Almaz RS, Mobil China Bisa Lebih Royal 01

SUV kini semakin naik daun karena kebutuhan masyarakat akan mobil dual purpose seperti ini dirasa kian penting. SUV dipilih karena dianggap mampu melewati jalan gravel dan tanah, yang banyak dijumpai. Tak cuma serba bisa, SUV modern seperti Toyota Fortuner 2.8 atau Wuling Almaz RS dituntut harus memiliki fitur keselamatan yang oke. 

Fitur keselamatan di kendaraan kian penting karena harus bisa melindungi pengemudi dan penumpang di berbagai situasi berkendara. Tak cuma saat terjadi insiden atau kecelakaan, fitur keselamatan harus bersifat preventif atau mencegah kecelakaan. 

Sebagai salah satu SUV monokok terlaris, Wuling Almaz RS ini menjadi mobil dengan paket lengkap. Bagaimana dengan Toyota Fortuner 2.8 sebagai pendatang baru? Mari kita bandingkan keduanya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Wuling Almaz RS, SUV dengan Paket Lengkap Fitur Keselamatan

Perbandingan Fitur Keselamatan di Toyota Fortuner 2.8 vs Wuling Almaz RS, Mobil China Bisa Lebih Royal 01

Hadir sebagai SUV modern yang tangguh, Wuling Almaz RS dilengkapi dengan serangkaian teknologi yang terdepan di kelasnya. Seperti yang diketahui, Almaz didukung Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Fitur WISE terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS).

ADAS di Wuling Almaz RS terbagi ke dalam beberapa kategori, diantaranya; Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Kategori fitur ADAS selanjutnya ialah Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assistance (LKA), Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS) serta Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Perbandingan Fitur Keselamatan di Toyota Fortuner 2.8 vs Wuling Almaz RS, Mobil China Bisa Lebih Royal 02

Tak cuma itu, Almaz RS juga didukung kamera 360 derajat, Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH) serta Traction Control System (TCS).

Sebagai rival utama CR-V, mobil ini juga berhasil tersematkan Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS) untuk menambah kenyamanan berkendara.

Bicara soal IoV, fitur ini berguna untuk mengetahui posisi kendaraan dan menyalakan kendaraan. Bahkan, kita bisa menyalakan AC mobil dengan kendali jarak jauh menggunakan smartphone, yang dikoneksikan melalui jaringan internet terhadap mobil melalui aplikasi My WULING+.

Perbandingan Fitur Keselamatan di Toyota Fortuner 2.8 vs Wuling Almaz RS, Mobil China Bisa Lebih Royal 03

Diketahui, fitur ini sudah mencakup Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, dan Vehicle Positioning. Fitur Geo-fencing Security pada Almaz RS dapat melacak keberadaan kendaraan serta membatasi pergerakan mobil ini apabila dikenderai oleh orang yang tidak dikenal.

Toyota Fortuner 2.8, Menang Mesin Kalah Fitur Keselamatan 

Perbandingan Fitur Keselamatan di Toyota Fortuner 2.8 vs Wuling Almaz RS, Mobil China Bisa Lebih Royal 04

Tidak seperti kompetitornya, Toyota Fortuner 2.8 belum dilengkapi dengan fitur keselamatan ADAS. Padahal, fitur TSS memang menjadi salah satu fitur yang paling diminati konsumen Toyota saat ini.

Meski begitu, Fortuner 2.8 versi Indonesia sudah dibekali dengan ABS + EBD, dual airbags + knee airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), BA (Brake Assist) serta Automatic Traction Control (A-TRC). 

Perbandingan Fitur Keselamatan di Toyota Fortuner 2.8 vs Wuling Almaz RS, Mobil China Bisa Lebih Royal 05

Selain itu mobil ini juga memiliki emergency stop signal ELR shoulder adjust with pre-tensioner and load limiter, child proof rear door locks, side door impact beams, dan engine immobilizer.

Khusus tipe GR Sport 4x4, New Toyota Fortuner 2.8 mendapat tambahan fitur Limited Slip Differential, 7 airbag (dual + knee + side + curtain shield airbag), rem cakram di semua roda dan terakhir Downhill Assist Control (DAC).

Kesimpulan

Untuk kali ini, Toyota Fortuner 2.8 harus mengakui keunggulan fitur yang dimiliki Wuling Almaz RS. Jagoan baru Toyota ini rupanya belum memiliki Toyota Safety Sense, yang bahkan Avanza dengan harga lebih murah sudah memilikinya.

Bukan tidak mungkin, pada versi facelift-nya nanti Fortuner 2.8 akan memiliki TSS sebagaimana beberapa model lain. Hadirnya TSS jelas dapat membuat Fortuner 2.8 sebagai SUV yang paripurna. Pihak Toyota pun mengaku siap menambah fitur TSS ini ketika permintaan dari konsumen begitu tinggi. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil