window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Ford Everest Facelift 2022 di Thailand vs Everest Baru di Indonesia, Berubah Banyak!

Yongki Sanjaya · 23 Mar, 2022 13:30

Perbandingan Ford Everest Facelift 2022 di Thailand vs Everest Baru di Indonesia, Berubah Banyak! 01

Baru saja Ford Everest meluncur di Indonesia pada pekan lalu, kini Ford-RMA Thailand malah merilis facelift Ford Everest yang diperkenalkan pada ajang Bangkok International Motor Show. Perkenalan ini pun membuat Ford Everest versi Indonesia jadi tampak kurang modern dibandingkan versi terbaru. Lantas apa menariknya Ford Everest facelift di Thailand? 

Ubahan yang hadir cukup signifikan, sehingga kita bisa melakukan perbandingan seberapa banyak perubahan yang terjadi antara Everest facelift di Thailand dengan Everest baru yang hadir di Indonesia.

Ford Everest 2022 versi Indonesia, Fiturnya Kalah Canggih?

Perbandingan Ford Everest Facelift 2022 di Thailand vs Everest Baru di Indonesia, Berubah Banyak! 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebenarnya, Ford Everest ini sudah meluncur di Thailand sejak akhir 2020 lalu. Kemudian, RMA mengadakan perkenalan terbatas Ford Everest dan Ranger di penghujung 2021 kemarin untuk konsumen di Indonesia.  

Ford Everest generasi ketiga (U375) yang dijual di Indonesia masuk kategori facelift kedua, menyusul penyegaran pertama yang didapat tahun 2018. Untuk unit mobil yang dipasarkan, akan didatangkan secara utuh (CBU) dari Thailand.  

Perbandingan Ford Everest Facelift 2022 di Thailand vs Everest Baru di Indonesia, Berubah Banyak! 01

Ford Evrest memiliki tampang yang lebih elegan dan kalem dari versi facelift. Bagian grill dapat sentuhan krom dengan pattern mesh, tepat di atasnya terdapat tulisan Everest dengan finishing krom. 

Lampunya sudah LED dengan DRL ber-pattrern L-Shaped yang sedikit menyatu ke gril utama. Di bawah, bumpernya diberi finishing abu-abu terang dengan skid plate plastik di bawahnya. 

Interior dan fitur Ford Everest Indonesia, Lebih Sederhana

Perbandingan Ford Everest Facelift 2022 di Thailand vs Everest Baru di Indonesia, Berubah Banyak! 02

Hal lain yang mendasari harga Ford Everest di Indonesia jadi cukup mahal ialah fitur yang diusungnya. Karena unitnya diimpor utuh dari Thailand, maka fitur yang dihadirkan juga cukup lengkap. Mulai dari Keyless Entry, kursi elektrik dengan pengaturan 6-way, hingga kuncinya berfungsi sebagai remote, yang bisa digunakan untuk membuka sunroof dan jendela hingga buka tutup pintu belakang.  

Selebihnya, fitur dari Ford Everest di Indonesia belum terlalu futuristik. Pada varian Titanium dapat ambient lighting, auto power window empat pintu, jok elektrik, jok baris ketiga pelipatan elektrik, serta head unit layar sentuh 8 inci dengan sistem SYNC 3 berikut Apple CarPlay dan Android Auto.

Fitur yang tersedia di eksterior meliputi puddle lamp di spion, pelek 20 inci, underbody protection, panoramic moonroof, dan handsfree power lift gate. Kemudian soal keselamatan, Ford Everest Titanium mendapat 7 airbag, Electronic Stability Control, Roll Stability Control, Hill Descent Control, Hill Launch Assist, Blind Spot Monitoring, dan Autonomous Emergency Braking (AEB). 

Ford Everest Facelift 2022 Versi Thailand, Desain dan Fiturnya Futuristik

Perbandingan Ford Everest Facelift 2022 di Thailand vs Everest Baru di Indonesia, Berubah Banyak! 03

Bertepatan dengan ajang Bangkok International Motor Show, RMA-Ford memperkenalkan sosok Ford Everest 2022 versi facelift. Kali ini kita akan membandingkan model teratas yaitu Ford Everest 2.0L Bi-Turbo Titanium+ 4x4 10AT. 

Penampilan Everest Titanium+ ini bergaya futuristik dengan sistem pencahayaan Matrix LED memiliki fitur automatic beam dan angle adjustment system. Adapun lampu belakangnya juga mengadopsi LED. 

Fitur lain yang tersedia pada eksterior yaitu panoramic sunroof, yang dipercantik dengan material silver chrome. Sama seperti versi Indonesia pintu belakang bisa dibuka tutup secara otomatis. 

Perbandingan Ford Everest Facelift 2022 di Thailand vs Everest Baru di Indonesia, Berubah Banyak! 04

SUV ini dilengkapi dengan mesin diesel empat silinder 2.0 liter twin-turbo dengan intercooler. Tenaga maksimum sebesar 210 tenaga kuda pada 3.750 rpm, torsi maksimum 500 Nm pada 1.750 – 2.000 rpm, dipasangkan dengan transmisi otomatis 10 percepatan dengan Electronic Shifter.

Tipe ini didukung Sistem penggerak 4 roda dengan Terrain Management System dengan sistem pemilihan mode berkendara Normal, Eco, Tow/Haul, Slippery, Mud/Ruts. 

Dimensi bodinya adalah panjang 4.914 mm, lebar 1.923 mm, tinggi 1.842 mm, dengan jarak sumbu roda 2.900 mm.  Velg alloy 20 inci dibalut ban 255/55 R20, rem cakram 4 roda, suspensi depan.  Suspensinya memakai double wishbone independen dengan per keong dan stabilizer bar. Per keong belakang dengan link dan stabilizer. 

Interior Lebih Canggih dengan Head Unit Berlayar Besar

Perbandingan Ford Everest Facelift 2022 di Thailand vs Everest Baru di Indonesia, Berubah Banyak! 05

Kabin Ford Everest terbaru versi Thailand ini cukup futuristik karena dilengkapi dengan head unit besar berukuran 12 inci. Head unit di Ford Everest facelift mendapat dukungan Apple CarPlay dan Android Auto, voice command SYNC® 4A. Fitur pendukung lainnya berupa 8 speaker, instrument cluster berupa layar warna 12,4 inci pada dashboard, dan pengisi daya nirkabel. 

Untuk kursinya, berlapis kulit sintetis warna hitam pada kursi pengemudi dan penumpang. Untuk kursi pengemudi terdapat penyesuaian daya 8 arah, kursi baris ketiga bahkan bisa dilipat secara elektrik. 

Sistem keselamatannya juga lebih baik karena didukung 7 airbag, kamera 360 derajat, kemudian dilengkapi dengan sistem bantuan parkir cerdas.  Sistem ini membantu mengendalikan mobil setelah tabrakan.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil