Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022 vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV

Evan · 23 Sep, 2021 08:30

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 01

Generasi kedua Honda BR-V yang baru diluncurkan kemarin (21/09) akan menjadi jagoan baru PT Honda Prospect Motor untuk bersaing di segmen Low SUV. Mobil ini dipersiapkan melawan Daihatsu Terios yang digdaya di kelas ini. Lantas, seperti apa perbandingan antara BR-V dan Terios ini? 

Daihatsu sebetulnya sudah mengambil start lebih dahulu meluncurkan varian Terios IDS 2021 dengan tambahan fitur seperti eco idling dan HSA, menambah value Terios agar lebih diminati oleh masyarakat. Tetapi apakah cukup melawan BR-V yang benar-benar baru dan menawarkan segudang fitur yang tidak hadir di Terios?

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini Tim Autofun Indonesia akan mengkomparasi kedua Low SUV ini. Masing-masing merupakan tipe tengah dari model BR-V (Tipe E) dan Terios (Tipe R). Bagi anda yang punya rencana memiliki Low SUV dan pusing memilihnya, hasil komparasi bisa menjadi masukan dan pertimbangan. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca Juga:Honda BR-V 2022 Buatan Indonesia Bakal Diekspor Sampai ke Amerika dan Afrika

Tampilan Luar Terios Lebih Berkesan SUV

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 01

LSUV gagah, siap libas jalan rusak

Bicara tampilan luar khususnya pada fascia dan sisi samping, Terios tipe R IDS menampilkan kesan SUV tangguh yang siap melibas jalan rusak. 

Hal ini bisa terlihat dari penggunaan kap mesin tinggi ditambah overhang depan yang tidak terlalu panjang. 

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 02

Tampang depan maskulin

Bumper depan ada foglamp dan sedikit aksen silver, diatasnya hadir gril beraksen krom yang menyatu dengan lampu. Desain ini sempat menjadi kontroversial karena mirip dengan solid wing face Honda.

Sistem pencahayaan menggunakan teknologi LED dan sudah ada pilihan auto pada saklar lampu. 

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 03

Body cladding sejak generasi kedua

Bergeser ke bagian samping, Terios memiliki tampilan kokoh khas SUV yang hadir dalam bentuk body cladding dan roof rail. Tak lupa pelek berukuran 17 inci menambah kegantengan mobil ini.

Berlanjut ke sisi belakang, di tipe R ini hadir lampu rem LED dengan garnish sewarna bodi. Tak lupa underguard berwarna silver dan muffler krom hadir sebagai standar.

Eksterior BR-V 2022, Tinggalkan Desain Sebelumnya

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 04

Tampilan depan lebih modern 

Jika BR-V generasi pertama lebih identik dengan MPV mobilio, maka sekarang tampaknya sudah lebih kearah LSUV. Bisa dilihat dari fascia depan yang lebih mengotak dan tegak berkat penggunaan kap mesin yang tinggi. Bempernya juga ada tarikan garis di dekat foglamp dan underguard.

Khusus tipe E tampilan luar kemungkinan agak lebih polos tanpa adanya bodykit seperti pada tipe Prestige. 

Gril solid wing face-nya juga sedikit berubah menjadi trapesium dengan motif garis-garis, hal ini karena bentuknya menyesuaikan perubahan lampu depan yang sekarang lebih tips dan terkesan modern.

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 05

Masih ada garis desain BRV sebelumnya

Demi meningkatakan visibilitas berkendara di malam hari, sistem pencahayaan utama sudah menggunakan LED model pantulan dengan DRL dan sama seperti Terios sudah mengadopsi sistem Auto Lamp.

Bagian samping masih mengingatkan pada BR-V generasi sebelumnya, yang juga didasarkan atas desain MPV Mobilio. Sesuatu yang mungkin dipertahankan Honda agar mudah mengenali mobil, tetapi bagi sebagian orang desainnya kurang masuk.

Sama seperti Terios R IDS, kesan SUV tetap hadir lewat body cladding yang tebal dan juga roof rail, tetapi dengan atap yang sedikit melengkung khas Honda. Sayangnya pelek BR-V tipe E berukuran 16 inci multispoke, agak kekecilan untuk mobil dengan kolong besar.

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 06

Pakai lampu mirip kepunyaan City Hatchback

Bergeser ke bagian buritannya, BR-V tipe E 2022 mendapatkan bentuk yang tidak kalah menarik. Dimana lampu belakang mirip seperti kepunyaan City Hatchback dengan model L dan sudah LED untuk rem.

Secara keseluruhan, tampilan luar kedua mobil ini mengambil arah yang sedikit berbeda. Jika Daihatsu merancang Terios sebagai SUV Tangguh dan juga gagah, maka pendekatan Honda lebih kearah SUV perkotaaan dengan desain merempet MPV. Hal ini umum kita temukan, sebut saja pada Xpander Cross dan Suzuki XL7 yang sama-sama merupakan modifikasi dari versi MPV nya.

Spesifikasi Keduanya Mirip, Begitu Juga Soal Mesin

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 07

Bentuknya sedikit lebih besar

Saat ini Honda BR-V E 2022 memiliki panjang 4.520 mm, lebar 1.820 mm dan tinggi 1.750 mm sedangkan Terios tampil dengan panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm. 

Di atas kertas BR-V E 2022 memang lebih panjang 70 mm, lebar bertambah 90 mm dan tinggi 90 mm. Perlu menjadi catatan bahwa kelapangan kabin sangat bergantung wheelbase yang bertambah dan bukan dari panjang mobil. 

Hingga saat ini belum ada data mengenai panjang wheelbase BR-V 2022, tetapi bisa kita asumsikan dari BR-V generasi pertama yaitu 2.662 mm dan Terios R IDS 2021 adalah 2.685 mm. 

Dari kedua data tersebut, penambahan panjang wheelbase seharusnya tidak begitu banyak pada BR-V terbaru bahkan cenderung mirip.

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 08

Ground clearance sama-sama 220 mm

Soal ground keduanya justru identik yaitu 220 mm. lebih dari cukup untuk mengatasi jalan yang rusak dan tidak rata.

Begitu pula soal mesin yang digendong keduanya, sama-sama 1.500cc empat silinder dan masing-masing hadir dengan pilihan dua transmisi.

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 09

Mesin 2NR-VE, terkenal tangguh

Mesin milik Terios R IDS 2021 berkode 2NR-VE bertenaga 104 PS di 6000 rpm dan torsi maksimum 136 Nm pada 4.200 rpm. Kemudian disalurkan ke dua pilihan transmisi, otomatis 4 percepatan atau manual 5 percepatan. Tenaga kemudian disalurkan ke roda belakang (RWD)

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 10

Pakai mesin baru L15ZF, termasuk irit

Sedangkan mesin L15ZF pada BR-V E 2022 menghasilkan output 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm di 4.300 rpm. Sama seperti Terios, BR-V mempunyai dua pilihan transmisi yaitu otomatis CVT dan manual 6 percepatan. Bedanya di penyaluran tenaga, dimana BR-V merupakan penggerak roda depan (FWD).

Baca Juga:Honda BR-V 2022 Resmi Debut Global di Indonesia, Harga Mulai Rp260 Jutaan

Kabin dan Fitur Honda BR-V E 2022 Melimpah, Terios R 2021 Tidak Ketinggalan

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 11

Kabin dirombak total

Masuk ke bagian dalam kabin Honda BR-V E 2022, terlihat ubahan secara masif dari generasi sebelumnya. Berpenampilan modern dan penggunaan material empuk di beberapa tempat membuat BR-V lebih mewah. 

Dashboard-nya mengikuti desain dari Honda Amaze di India, tetapi dengan sedikit perubahan di pengaturan AC dan warna kabin yang full hitam. 

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 12

Layar hiburan 7 inci lengkap

Fitur entertainment berupa headunit 7 inci yang digunakan Honda BR-V tipe E 2022 ini dapat terhubung dengan Apple Carplay dan Android Auto sebagai standar. Tidak hanya itu, BR-V juga dilengkapi fitur dengan teknologi MID 4,2 inci full TFT dengan display interaktif.

Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Smart Entry System, Remote Engine Start dan Walk Away Auto Lock. Soal fitur keselamatan juga cukup lengkap dengan 6 Airbag, ABS+EBD, VSC, HSA, ISOFIX, dan Driver Seatbelt Reminder.

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 13

Interior Terios tidak terasa ketinggalan

Berbeda dari interior BR-V 2022 yang memiliki kesan gelap karena menggunakan warna full hitam, masuk ke kabin Terios R IDS 2021 justru lebih nyaman. Permainan dual tone pada dashboard menjadikan kabin lebih terang, serta tidak terasa seperti ketinggalan jaman.

Material memang kebanyakan plastik keras, tetapi terbantu dengan lis krom yang di konsol tengah dan sedikit soft touch di arm rest. Hadir juga layar sentuh hiburan sebesar 7 inci dengan koneksi Bluetooth, Radio, Ipod, dan USB.

Beberapa fitur lain juga hadir seperti Start Stop Button, Audio & Phone Handsfree Steering Switch, Retractable Outer Mirror, AC Digital, Tweeter & 3rd Row Speaker, Driver Seat Height Adjuster, 2nd Row & 3rd Row Power Outlet dan Front Corner Sensor.

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 14

Fitur baru Eco Idle

Fitur baru yang disematkan Daihatsu pada Terios R IDS 2021 adalah Eco Idle. Untuk Mekanisme kerja Eco Idle cukup sederhana, ECU mobil akan mematikan mesin apabila posisi berhenti dan tuas persneling ada di D untuk matik serta wajib menginjak pedal rem.

Menurut klaim Daihatsu, dengan adanya Eco Idle pada Daihatsu Terios R IDS, konsumsi BBM menjadi lebih hemat 5 hingga 10% dibandingkan Terios biasa.

Tambahan ini melengkapi beberapa fitur keselamatan lain seperti dua airbag, ABS+EBD, BA, VSC, HAS, emergency stop signal, immobilizer, dan integrated key with alarm.

Harga Bisa Saja Jadi Faktor Penentu Bagi Konsumen

Perbandingan Honda BR-V Tipe E 2022  vs Daihatsu Terios R IDS 2021: Crossover vs Real SUV 15

Terios R 2021 jauh lebih murah dari BR-V E 2022

Sudah menjadi rahasia umum jika ingin membeli kendaraan baru, salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah harga. Sebagian masyarakat beranggapan membeli mobil dengan nilai terlalu mahal akan menjadi mubazir jika kompetitornya menawarkan harga yang lebih murah dan fitur yang beda tipis.

Hal ini sepertinya juga berlaku dalam komparasi kali ini. Honda BR-V memang belum ada bocoran harga, tetapi dari Virtual Launching kemarin sempat diisukan ada di rentang harga mulai Rp 260 Juta untuk tipe S manual hingga paling mahal yaitu Prestige CVT Honda Sensing di Rp 350 Juta. 

Sebaliknya Daihatsu Terios R IDS dibanderol mulai dari harga Rp 247,2 Juta untuk tipe manual dan Rp 257 Juta pada tipe R otomatis untuk wilayah Jabodetabek.

Perbedaan sekitar Rp 13 juta hanya untuk trim S paling murah di Honda BR-V 2022, belum lagi seperti komparasi kali ini yang menyasar tipe tengah E. Kemungkinan besar ada di angka Rp 30 jutaan,  tentunya menjadi pertimbangan besar bagi calon konsumen.

Kesimpulan

Kehadiran Honda BR-V 2022 tentu membawa angin segar bagi kompetisi LSUV di tanah air. Hadir dengan segudang fitur unggulan membuat gerah kompetitor lain, termasuk Daihatsu yang hadir di kelas ini melalui Terios.

Jika anda memilki budget ekonomis dan bingung memilih antara kedua mobil ini, menurut Tim Autofun Indonesia anda bisa menjatuhkan pilihan pada Daihatsu Terios R MT/AT. Mobil satu ini bisa dibilang memiliki paket yang lengkap dengan harga yang terjangkau. 

Desain gagah didukung mesin yang tangguh, tambahan fitur pengirit BBM, dan mampu menampung tujuh penumpang dengan nyaman menjadi kelebihan utama. Belum lagi soal penggerak roda belakang yang penting bagi sebagian konsumen dalam segmen LSUV. 

 

Baca Juga:Ingat Beli Honda BR-V 2022 Sekarang, Tak Dapat Diskon PPnBM 100 Persen

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru