window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Honda CR-V dan Kia Sportage 2022, SUV Jepang Menang Banyak!

Yongki Sanjaya · 21 Mar, 2022 13:30

Perbandingan Honda CR-V dan Kia Sportage 2022, SUV Jepang Menang Banyak! 01

Sempat unjuk diri di ajang Jakarta Auto Week 2022 pekan lalu, sosok Kia Sportage ini cukup menyita perhatian. Pasalnya, penampilan tersebut jadi indokasi kalau PT Kreta Indo Artha akan menjualnya di Indonesia. Kia Sportage sebenarnya bukanlah model yang asing, karena mobil ini layak untuk kita lakukan perbandingan di beberapa aspekdengan Honda CR-V sebagai SUV medium yang paling lama eksis.

Kia Sportage ini mungkin belum diketahui kapan waktu pasti untuk peluncurannya. Namun secara spesifikasi, kita bisa mengetahui bila Kia ini punya varian mesin diesel dan beberapa fitur oke. Tentunya, hal tadi bisa membuat konsumen setia Honda CR-V tergoda untuk berpaling. 

Lantas seberapa menarik fitur dan spesifikasi dari Kia Sportage bila dibandingkan dengan Honda CR-V? Mari kita bahas keduanya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Spesifikasi Honda CR-V, Mesin Bensin dengan Output Terbesar

Perbandingan Honda CR-V dan Kia Sportage 2022, SUV Jepang Menang Banyak! 01

Honda CR-V juga menyenangkan untuk dikendarai, meskipun modelnya tidak terlalu sporty. Honda CR-V menggunakan mesin 1.5L 4-cylinder turbocharged, menghasilkan tenaga sebesar 190 ps dan torsi 240 Nm. 

Perbandingan Honda CR-V dan Kia Sportage 2022, SUV Jepang Menang Banyak! 02

Mesin itu dipasangkan dengan Continuously Variable-Automatic Transmission (CVT) yang diprogram untuk meniru otomatis tradisional. Kita bisa melakukan perpindahan gigi melalui paddle shift. 

Fitur Mentereng Honda CR-V, Terlengkap di Segmen Medium SUV

Perbandingan Honda CR-V dan Kia Sportage 2022, SUV Jepang Menang Banyak! 03

Pada facelift di tahun 2021, CR-V varian teratas yaitu CR-V 1.5L Prestige Turbo mendapat teknologi Honda SENSING.

Fitur yang tergabung di Honda SENSING ini antara lain Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Selain Honda SENSING, Honda CR-V 2021 juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang lengkap, seperti 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal.

Perbandingan Honda CR-V dan Kia Sportage 2022, SUV Jepang Menang Banyak! 04

Soal informasi keselamatan, Honda juga menanamkan Driver Attention Monitor. Fitur ini bisa memberikan peringatan terhadap pengemudi jika konsentrasi berkendara menurun. 

Apabila roda kemudi cenderung miring ke kiri atau ke kanan secara terus menerus, yang menandakan faktor kelelahan mengemudi, maka peringatan di monitor akan muncul untuk meminta pengemudi segera menepikan kendaraannya.

Kia Sportage, SUV Medium dengan Opsi Mesin Diesel

Perbandingan Honda CR-V dan Kia Sportage 2022, SUV Jepang Menang Banyak! 05

Kalau Honda CR-V unggul dari sisi tenaga, maka Kia Sportage unggul dari sisi varian yang tersedia yaitu bensin dan diesel.

Untuk jenis mesin bensin berkonfigurasi 4-silinder TGDI turbocharged 1.600 cc, yang memiliki tenaga 180 ps atau setara 177 tk dan torsi 265 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi otomatis dual clutch 7-percepatan (7DCT) dan manual 6-percepatan.

Selain mesin bensin, Sportage juga memiliki mesin diesel 2.000 cc 4-silinder Variable Geometry Turbo (VGT) bertenaga 186 PS atau setara 183 HP dan torsi 417 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui girboks otomatis 8-percepatan. 

Kia Sportage yang ditampilkan pada ajang JAW 2022 pekan lalu dibangun di atas platform N3 Grup Hyundai. Platform yang dikembangkan bersama Hyundai menjanjikan kemampuan offroad yang lebih baik dari model sebelumnya.

Makin keren karena Sportage didukung dengan mode berkendara yang dikhususkan untuk offroad dengan opsi melaju di jalan pasir, lumpur dan salju. Untuk performa berkendara, Sportage memiliki mode Comfort, Eco, Sport, dan Smart. 

Fitur di Kia Sportage Kalah Mentereng Dari Honda CR-V

Perbandingan Honda CR-V dan Kia Sportage 2022, SUV Jepang Menang Banyak! 06

Sportage generasi kelima ini juga menawakan beragam fitur canggih seperti Electric Control Suspension (ECS), Drive Mode dengan Terrain Mode, Highway Driving Assist (HDA), dan Navigation-based Smart Cruise Control (NSCC).

Tak ketinggalan Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Blind Spot Collision Aviodance Assist (BCA), Blind Spot View Monitor (BVM) dan Remote Smart Parking Assist (RSPA). Melihat fitur keselamatan aktif yang tersedia, Sportage kalah mentereng bila dibandingkan dengan Honda CR-V yang lebih komprehensif.

Kesimpulan

Kalau kalian mencari SUV yang komplit, maka Honda CR-V tetaplah jadi pilihan utama meskipun harganya semakin mahal. Di satu sisi, Kia Sportage menyajikan sebuah SUV bertampang agresif dengan opsi mesin diesel.

Meskipun tak selengkap Honda Sensing, tapi fitur keselamatan aktif di Kia Sportage sudah cukup untuk 'fitur basic' di SUV medium. Kalau nanti harganya bisa di bawah Rp500 juta, maka Sportage bisa menjadi lawan berat CR-V berikutnya. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil