window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Honda Jazz dan Mazda2, Berdesain Atraktif tapi Beda Performa

Samuel Tito · 9 Okt, 2020 18:00

Perbandingan Honda Jazz dan Mazda2, Berdesain Atraktif tapi Beda Performa 01

Membandingkan Honda Jazz RS dan Mazda2 SkyActiv terbaru, keduanya memang memiliki desain yang sama-sama menarik. Desain baru kedua model beda merek ini sangat menarik untuk dibahas karena sama-sama memiliki dua bahasa desain yang sangat berbeda di antara keduanya.

Honda Jazz memiliki desain baru khas Honda yaitu memiliki bahasa desain Solid Wing Face layaknya hatchback Honda Civic. Sedangkan Mazda2 SkyActiv mendapat bahasa desain Mazda kekinian yang disebut Kodo Design.

Perbandingan Honda Jazz dan Mazda2, Berdesain Atraktif tapi Beda Performa 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbandingan Desain Honda Jazz dan Mazda2

Baik Honda Jazz RS maupun Mazda 2 Skyactiv sama-sama dibekali tampilan eksterior yang menarik, mulai dari pemilihan bentuk roda, detailing hingga garis bodi yang disediakan. Mazda2 Skyactiv terlihat lebih bersih dan memiliki garis bergelombang dibandingkan dengan Honda Jazz yang memiliki garis lebih tajam dan lebih tebal.

Dari luar, Honda Jazz terlihat lebih besar. Padahal sebenarnya eksteriornya lebih kecil dibandingkan Mazda2 SkyActiv. Honda Jazz RS memiliki panjang 3.955 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.695 mm, dan jarak sumbu roda 2.530 mm.

Dimensi Honda Jazz
P x L x T 3.955 x 1.694 x 1.524 mm
Wheelbase 2.530 mm
Ground Clearance 165 mm
Bagasi 363 liter

 Sedangkan Mazda2 SkyActiv memiliki panjang 4.062 mm, lebar 1.697 mm, tinggi 1.497 mm, dan jarak sumbu roda 2.570 mm.

Dimensi Mazda2
Panjang 4.060 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.495 mm
Jarak Sumbu Roda 2.570 mm

Mazda2 SkyActiv lebih panjang dan sedikit lebih lebar, namun terlihat lebih kecil dari Honda Jazz karena memiliki kap mesin yang lebih panjang. Sedangkan Honda Jazz terlihat lebih besar karena memiliki atap yang tinggi dan kap mesin layaknya MPV.

Perbandingan Interior Honda Jazz dan Mazda2

Perbandingan Honda Jazz dan Mazda2, Berdesain Atraktif tapi Beda Performa 01

Memasuki interior Honda Jazz RS, pengendara akan menemukan desain dashboard yang sama persis dengan Honda City. Tapi pada lini desainnya, untuk Honda Jazz pemilik mobil ini akan mendapatkan pengurangan fitur dan penurunan kualitas pengerjaan serta material dashboard yang digunakan .

Pengendara Honda Jazz akan menemukan dashboard plastik dan pengerjaannya seperti Honda Brio Satya LCGC. Hanya saja desain dashboard Honda Jazz yang terlihat mewah dan ribet membuatnya terasa lebih enak.

Sisi baiknya, pada Honda Jazz terbaru ini pengendara akan menemukan interior dengan tingkat kepraktisan yang sangat baik. Ini berarti dari segi ruang penyimpanan, cup holder dan beberapa kepraktisan lainnya yang tidak akan bisa didapatkan pada Mazda2. Begitu pula dengan kelegaan ruang interior dan kecerdasan konfigurasi jok yang prima ini, jauh dari bisa dibandingkan dengan Mazda 2 SkyActiv.

Posisi berkendara Honda Jazz RS sangat nyaman karena telah dilengkapi pengaturan tilt dan telescopic steering, sabuk pengaman dan pengatur ketinggian jok serta penggunaan jok yang sangat nyaman. Begitu juga dengan ruang penumpang belakang dan bagasi belakang yang sangat membantu.

Perbandingan Honda Jazz dan Mazda2, Berdesain Atraktif tapi Beda Performa 02

Memasuki interior Mazda2 SkyActiv terbaru, kita akan menemukan dashboard yang didesain sangat minimalis dan terasa seperti bukan mobil Jepang. Keseluruhan desain dilakukan secara minimalis, rapi dan detail hingga ventilasi AC. Kami tidak akan menemukan tombol yang tersebar

Seperti mobil canggih masa kini berkat penggunaan MZD Connect yang berfungsi layaknya BMW i-Drive, hanya saja mobil ini memiliki layar sentuh.

Kualitas pengerjaan dan pemilihan material Mazda2 ini sangat bagus. Bahkan pemilik Mazda2 seakan-akan bisa menaikkan standar mobil di kelasnya. Itu karena sudah memiliki jok kulit dengan motif sporty dan dashboard yang dilengkapi dengan sentuhan kulit asli dengan jahitan merah.

Pada varian Mazda2 GT, konsumen juga akan menemukan head up display di atas spidometer yang menjadikan spidometer Honda Jazz RS terlihat kuno, padahal desain spidometer Honda Jazz RS terbilang cukup futuristik dibandingkan dengan Toyota Yaris.

Jika berada di kursi pengemudi Mazda2 SkyActiv sama menyenangkannya seperti berada di Honda Jazz. Namun Mazda2 SkyActiv lebih manusiawi, karena memiliki dashboard yang tidak sepanjang Honda Jazz dan jarak pandang yang lebih baik karena kita tidak akan menemukan A- pilar yang cukup tipis. Sepasang paddle shift di belakang kemudi dan posisi jok yang lebih rendah membuat mobil ini terasa lebih sporty.

Ada sisi kekurangannya, jika mengulas tentang sisi kelegaan kabin. Pengendara Mazda2 tidak akan menemukan kabin yang seluas dan secerdas Honda Jazz RS. Padahal dari sisi ukuran Mazda2 SkyActiv lebih besar. Ini masih lebih baik, ketimbang versi pendahulunya, sekarang Mazda2 lebih lega.

Fitur Honda Jazz dan Mazda2

Perbandingan Honda Jazz dan Mazda2, Berdesain Atraktif tapi Beda Performa 03

Baik Honda Jazz RS maupun Mazda2 SkyActiv dilengkapi dengan paddle shifter, tilt and telescopic steering, LED DRL, lampu depan LED dengan perataan otomatis, Isofix Seat, Keyless Entry dengan tombol start stop engine, head unit dengan teknologi layar sentuh, koneksi USB, AUX , rem dengan ABS, EBD, BA dan dua airbag.

Namun, ketika kita berbicara tentang keselamatan berkendara, kita tidak akan menemukan Sensor Hujan, Sensor Cahaya, Kontrol Stabilitas, Hill Start Assist, Kontrol Traksi, Head up Display, MZD Connect, Emergency Stop Signal, Smart City Brake Support, Advanced Blind Spot Monitoring Sistem dan Peringatan Lalu Lintas Lintas Belakang. Bahkan Honda Jazz RS belum dilengkapi sensor parkir dan koneksi Bluetooth.

Perbandingan Honda Jazz dan Mazda2, Berdesain Atraktif tapi Beda Performa 04

Performa Honda Jazz dan Mazda2

Mesin Honda Jazz RS terbaru ini memiliki kode yang sama dengan Honda City. Dengan kode terbaru yaitu L15Z1, diklaim lebih ringan karena menggunakan beberapa komponen resin plastik. Tenaganya masih 120 Ps dan torsinya 145 Nm, hanya saja tenaganya disalurkan oleh transmisi otomatis CVT yang biasanya tidak terlalu responsif jika dibandingkan transmisi matik konvensional.

Mesin Honda Jazz
Tipe 1.5L 4-silinder segaris 16 katup + DBW
Isi Silinder 1.497 cc
Tenaga Maksimal 118 hp @ 6.600 rpm
Torsi Maksimal 145 Nm @ 4.600 rpm

Pengendalian Honda Jazz RS terbaru juga tidak mantap seperti varian sebelumnya, kini Honda Jazz RS memiliki suspensi yang lebih empuk yang berdampak pada body roll yang lebih terasa dari versi sebelumnya. Penggunaan EPS juga membuat lingkar kemudi mobil ini tidak semenarik versi sebelumnya, meski masih tergolong fun-to-drive.

Sementara itu, Mazda2 kini memiliki mesin baru dengan teknologi SkyActiv meliputi mesin, transmisi, sasis dan bodi. Paket teknologi SkyActiv ini telah diujicobakan pada Mazda CX-5, Mazda6 dan Mazda3 yang mampu memberikan performa prima dan efisiensi bahan bakar.

Mesin 1.500 cc SkyActiv bertenaga 110 PS dan torsi 141 Nm memang lebih kecil dari Honda Jazz RS, namun penggunaan transmisi otomatis 6 percepatan mungkin membuat mobil ini lebih cepat dari Honda Jazz RS dalam pengetesan.Tapi itu tidak baik untuk diasumsikan, karena kami belum menguji Mazda2 SkyActiv.

Mesin Mazda2
Kapasitas Mesin 1496 cc
Tenaga 108 hp
Torsi 141 Nm
Jenis Bahan Bakar Bensin

Kesimpulan Honda Jazz dan Mazda2

Perbandingan Honda Jazz dan Mazda2, Berdesain Atraktif tapi Beda Performa 05

Mazda2 SkyActiv merupakan penantang baru yang lebih canggih dan lebih mewah dan patut diperhitungkan oleh Honda Jazz sebagai rival utamanya selain Toyota Yaris. Meski demikian, Honda Jazz juga memiliki keunggulan dari segi dimensi interior dan banderol harga yang lebih murah dibandingkan Skyactiv Mazda2.

Apalagi brand image Honda lebih dewasa dibandingkan Mazda yang baru hadir kemabli di Indonesia beberapa tahun ini karena sebelumnya sempat menyatakan sudah bangkrut.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil