window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Honda Stream vs Mitsubishi Grandis Bekas, MPV Modis dan Stylish Era 2000-an

Yongki Sanjaya · 25 Okt, 2021 14:30

Perbandingan Honda Stream vs Mitsubishi Grandis Bekas, MPV Modis dan Stylish Era 2000-an 01

Saat kita berburu mobil keluarga bekas, sebenarnya kita punya pilihan yang jauh lebih beragam dengan budget yang terjangkau. Tidak cuma dari merek Toyota yang begitu mendominasi, namun masih ada banyak merek Jepang lainnya yang tak kalah keren. Kali ini kita akan membahas perbandingan antara Honda Stream vs Mitsubishi Grandis.

Keduanya memiliki style body yang serupa, pipih memanjang seperti mobil estate. Kapasitasnya juga lumayan besar, karena ada 3 baris kursi penumpang. Kabinnya lapang karena memakai konfigurasi front wheel drive sehingga tidak ada gundukan di lantai. 

Honda Stream merupakan salah satu MPV kelas menengah yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001. Kastanya masuk kategori MPV medium sekelas Kijang dan Kijang Innova. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sedikit berbeda dengan Mitsubishi Grandis, yang saat itu mengisi kelas di atas Mitsubishi Kuda. Artinya, Grandis sedikit lebih mahal kastanya daripada Stream. Berikut ini perbandingan antara keduanya. 

Mitsubishi Grandis, MPV Mitsubishi yang Penampilannya Modis

Perbandingan Honda Stream vs Mitsubishi Grandis Bekas, MPV Modis dan Stylish Era 2000-an 01

Sebagai sebuah MPV, Mitsubishi Grandis punya desain yang stylish. Tidak cuma itu, MPV rilisan pabrikan tiga berlian ini memiliki kursi dalam kabin yang ergonomis. 

Mitsubishi Grandis ini memiliki tampilan yang cukup elegan dan juga stylish. Selain itu, tampilannya juga dikemas dengan interior yang bagus serta futuristik. Melihat desain mukanya mengingatkan kita dengan sosok sedan ikonik Mitsubishi Lancer. 

Dimensi Memanjang, Bikin Interior Grandis Cukup Lega

Perbandingan Honda Stream vs Mitsubishi Grandis Bekas, MPV Modis dan Stylish Era 2000-an 02

Mitsubishi Grandis punya panjang 4.765 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.655 mm serta jarak sumbu roda 2.830 mm. 

Dimensi yang lumayan panjang membuat kabinnya cukup lapang dan mampu mengakomodir hingga tujuh penumpang. Grandis juga memberikan ruang yang memadai untuk penyimpanan barang. Hal ini membuat Grandis pernah jadi MPV primadona keluaran Mitsubishi pada zamannya. 

Secara kelas ini sebenarnya Grandis lebih pas bila disejajarkan dengan Honda Odyssey. Namun kini harga bekas Grandis kini cukup terjangkau, mulai dari Rp75 juta sampai dengan Rp 125 juta. Soal kenyamanan jelas cukup meyakinkan karena Mitsubishi Grandis menawarkan jok kursi belakang yang cukup tebal dan tinggi sehingga sangat nyaman untuk perjalanan jauh.  

Mesin Besar Mitsubishi Grandis, Bagaimana Performanya? 

Perbandingan Honda Stream vs Mitsubishi Grandis Bekas, MPV Modis dan Stylish Era 2000-an 03

Tak kalah menarik yaitu dapur pacu 2.400 cc yang terbilang cukup bertenaga, meski beberapa orang menganggapnya terlalu boros. Tentunya performa mesin yang dihasilkan sangat responsif dan juga powerful untuk sebuah mobil keluarga.

Mesin 2.378 cc 4 silinder segaris 16 katup SOHC MIVEC, mampu menghasilkan daya 167 ps pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 216 Nm di 4.000 rpm. Mitsubishi Grandis sebenarnya tidak begitu boros, karena mampu mencatat konsumsi bahan bakar 9,6 km/liter untuk rute kombinasi jalan tol dan non tol. 

Honda Stream, MPV Stylish yang Fun To Drive

Perbandingan Honda Stream vs Mitsubishi Grandis Bekas, MPV Modis dan Stylish Era 2000-an 04

Honda Stream sendiri pertama kali di rilis pada tahun 2001 dan masuk dalam kategori mobil keluarga MPV kelas menengah. Dari segi kualitas mobil MPV keluarga ini sendiri memiliki kualitas yang cukup baik. Desainnya sama-sama pipih memanjang yang memberikan handling manuver lebih stabil. 

Honda Stream sendiri memiliki tampilan eksterior yang mewah dan elegan. Desain fascia khas mobil Honda di awal 2000-an, dengan headlamp besar yang sepintas mirip City Type Z. Desainnya cukup berbeda pada mobil MPV pada umumnya lebih menonjolkan sisi sporty dan stylish. 

Perbandingan Honda Stream vs Mitsubishi Grandis Bekas, MPV Modis dan Stylish Era 2000-an 05

Desain stoplamp di Honda Stream juga cukup ikonik, karena tegak dan berada di tepi jendela pintu belakang. Pada versi Steam facelift bahkan desainnya lebih oke, lampu depan mobil ini berukuran besar dan menggunakan HID dengan grill krom.

Tidak cuma soal desain yang sporty, sensasi berkendara di mobil ini juga lincah handlingnya. Ini karena karakter suspensi yang cukup keras. Gejala bodyroll mulai terasa ketika dipacu diatas 100 km/jam meskipun ground clearancenya rendah dan aerodinamis layaknya sedan. 

Interior Sporty dengan Fitur Modern Pada Masanya

Perbandingan Honda Stream vs Mitsubishi Grandis Bekas, MPV Modis dan Stylish Era 2000-an 06

Dengan layout yang pipih memanjang, ruang penumpang Honda Stream ini termasuk lega. Untuk mobil keluaran 2000-an awal, fiturnya cukup modern dan mewah yang menunjukkan Honda sebagai simbol status 'mobil orang kaya'. 

Desainnya juga sedikit berbau "Eropa" dengan tuas perseneling berada dashboard sehingga memudahkan pergerakan penumpang depan. Pada bagian tengah dashboard terpasang sistem audio Double Din yang memiliki fitur seperti Radio AM/FM dan CD Player. Fitur lainnya berupa AC yang sudah Climate Control dan dilengkapi dengan Double Blower sehingga akan memberikan kesejukan dalam ruang kabin secara otomatis dan cepat. 

Kelemahannya terdapat pada baris ketiga, ruang kaki dan ruang kepalanya sempit, sehingga hanya layak diisi oleh anak-anak. 

Performa Mesin Honda Stream, Sepadan dengan Konsumsi BBMnya?

Perbandingan Honda Stream vs Mitsubishi Grandis Bekas, MPV Modis dan Stylish Era 2000-an 07

Honda Stream begitu diminati pada jamannya oleh kalangan menengah ke atas karena dapur pacu yang punya performa baik. Bicara konsumsi bahan bakar tidak bisa dibilang irit meskipun kapasitas mesinnya lebih kecil daripada Mitsubishi Grandis. 

Mesin yang digunakan Honda Stream 2.0 menggunakan mesin 2.0L K20A i-VTEC DOHC 4 silinder segaris 16 katup berkapasitas 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga mencapai 152 Ps per putaran 6.500 rpm dan torsi maksimal hingga 186 Nm pada kisaran putaran 4.000 rpm. 

Dikutip dari forum modifikasi.com, konsumsi bahan bakar Honda Stream berkisar 8 km/liter dengan konsumsi dalam kota dan 10-13 km/liter untuk dalam kondisi luar kota. Selisih tenaga dengan Grandis beda tipis, cuma 15 ps dengan perbedaan volume mesin hampir 400 cc. Artinya, borosnya konsumsi bahan bakar di Honda Stream ini sebanding dengan tenaga yang lumayan besar. 

Kesimpulan

Honda Stream bekas harga pasarannya mulai dari Rp65 sampai Rp120 juta, beda tipis daripada Mitsubishi Grandis. Soal performa, Stream punya rasio tenaga yang lebih besar daripada Grandis, dari mesinnya yang 2.0 liter berbanding 2.4 liter.

Kalau cari MPV yang mewah, jelas Grandis unggul karena kelasnya yang dulu setara dengan Honda Odyssey. Sebagai informasi, Odyssey ini kastanya ada di atas Honda Stream. Namun kalau mencari MPV dengan karakter sporty, maka Stream memilikinya. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil