window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Kenyamanan Mengemudi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander

Bent Aulia · 26 Apr, 2020 17:00

Perbandingan Kenyamanan Mengemudi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander 01

Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander memiliki harga yang hampir sama. Seperti Avanza 1.5G M/T yang dibanderol Rp228 jutaan dan Xpander GLX M/T yang dihargai Rp215 juta. Berikut beberapa perbandingan kenyamanan mengemudi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander yang kami rasakan.

Posisi berkendara

Posisi berkendara Mitsubishi Xpander terkesan tinggi, karena mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi. Tipe tertinggi Ultimate juga memiliki height adjuster yang memberikan kenyamanan selama berkendara.

Perbandingan Kenyamanan Mengemudi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Rivalnya, Toyota Avanza juga sudah mendapatkan adjustable seat dan height adjuster untuk menyesuaikan ketinggian selama berkendara. Karena itu, posisi berkendara kedua mobil ini tak begitu banyak berbeda.

Fitur kemudi

Ketika diperkenalkan pertama kali pada 2017, Xpander merupakan Low MPV pertama yang sudah mendapatkan fitur tilt & telescopic. Sehingga Anda bisa mendapatkan posisi mengemudi yang sesuai pas untuk Anda.

Perbandingan Kenyamanan Mengemudi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander 01

Toyota Avanza bahkan dari tipe G sudah mendapatkan tombol pengaturan audio pada setir untuk memudahkan Anda mengakses beberapa fitur. Sayangnya, Avanza masih belum mendapatkan fitur telescopic, hanya tilt steering.

Karakter setir

Setir Xpander terasa ringan namun pas karena telah menggunakan fitur Electric Power Steering (ESP). Bahkan ketika dibawa pada kecepatan tinggi, setir tetap terasa ringan tanpa efek berat layaknya mobil-mobil dengan fitur motor driver power steering.

Perbandingan Kenyamanan Mengemudi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander 02

Ubahan baru pada Toyota Avanza 2019 mengubah setelan Electronic Control Unit (ECU) atau sistem komputer yang akan mengatur kinerja kendaraan. Ditambah juga dengan fitur ESP membantu Anda untuk mengendalikan setir lebih baik.

Suspensi

Xpander memiliki tenaga yang mengalir halus, bahkan pada putaran bawah. Bantingan suspensinya terkesan empuk namun tetap stabil, bahkan untuk penumpang baris ketiga. Sangat pas ketika berkendara bersama keluarga.

Perbandingan Kenyamanan Mengemudi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander 03

Avanza masih menghadirkan kabin yang senyap serta pengendaraan yang nyaman. Banyak yang menyebutkan kelemahan Avanza terletak pada suspensi yang terasa kurang empuk serta sering mengalami masalah pada shockbreaker.

Pengendaraan

Sistem pengeremannya mulus dan tidak menghentak-hentak dan memberikan kenyamanan selama berkendara. Dari segi dimensi, Xpander cukup tinggi. Namun handling terasa nyaman serta body-roll bisa diminimalisir.

Perbandingan Kenyamanan Mengemudi Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander 04

Masalah body roll memang menjadi ‘penyakit’ Toyota Avanza. Meski sistem pengereman cukup baik walau terkadang seperti ada hentakan ketika mengerem. Dari segi handling, Xpander memiliki rasa pengendalian yang lebih baik dari Avanza.

Mitsubishi memang lebih unggul dalam hal kenyamanan berkendara dan mengemudi. Tetapi Avanza yang telah lama merajai segmen mobil keluarga, seperti julukannya, memiliki keunggulan dalam hal kabin yang luas dan fitur terbaik untuk keluarga. 

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil