Perbandingan Kijang Innova Honda HR-V, Pilihan Menarik di Angka Rp 300 Jutaan

Brodin · 17 Okt 2020 03:15

New Kijang Innova tak hanya tampil makin mengesankan, sekaligus juga kian prestisius dan elegan. MPV ini seolah terus membuktikan diri layak dipilih masyarakat hingga lebih dari empat dekade.

Pada periode Januari hingga Agustus 2020, Kijang Innova berhasil menguasai 94% pangsa pasar Whole Sales Medium MPV dengan angka penjualan 17.619 unit. Kijang Innova tidak hanya dipakai di Indonesia tapi juga di banyak negara lain. 

Memang, di rentang harga antara Rp 330 sampai 500 jutaan, tidak banyak rival yang secara jenis dan spesifikasi mirip dengan Kijang Innova di segmen MPV. Lain halnya dengan SUV dan crossover yang banyak sekali merek bermain di segmen ini, salah satunya Honda dengan HR-V. 

Perbandingan keduanya sedikit timpang karena yang satu MPV medium dan lainnya compact SUV alias crossover. Namun, Honda HR-V kini menjadi crossover yang naik daun dan terlaris di segmennya. Harga HR-V pun kisarannya juga sama seperti Innova. 

Kelebihan HR-V sebagai crossover adalah punya ground clearance tinggi lalu penampilannya maskulin dan berotot. Interiornya juga lega dan bagasinya besar sekalipun kapasitas penumpangnya cuma lima tempat duduk. Tapi, apakah Honda HR-V bisa menandingi popularitas dan lebih memikat daripada Kijang Innova? 

New Kijang Innova, Wajah Baru Semakin Maskulin

Sejak awal diluncurkan di tahun 1977, MPV ini dikembangkan berdasarkan berbagai macam kebutuhan mobilitas keluarga Indonesia dengan tetap mempertahankan DNA-nya yaitu durability, comfortability, dan peace of mind selama 43 tahun. Hingga saat ini, MPV legendaris ini telah terjual hampir 2 juta unit.

Kini New Kijang Innova tampil lebih prestige premium dan cool tough dengan beberapa pengembangan pada sisi kenyamanan, fitur, dan desain eksterior maupun interior. Tak hanya menjanjikan pengalaman berkendara bersama keluarga yang nyaman, namun juga menciptakan prestigious feeling bagi pelanggan.

Secara dimensi dan ukuran tampaknya tidak ada perubahan yang radikal karena hanya minor change. Lampunya masih sama seperti versi pre-facelift tetapi grillnya baru yang makin mirip pickup Toyota Hilux. Posisi lampu sein dan foglamp di versi pre-facelift dulu sejajar, tapi sekarang terpisah di versi facelift ini. 

Dari samping, tampilan berototnya jelas terasa. Penampilannya pun makin macho dan tangguh. Tapi sayangnya, desain belakang Innova Reborn malah jadi tidak menarik hingga sekarang. 

Fitur semakin lengkap dan canggih dengan dukungan head unit baru yang mendukung kamera parkir di semua tipe. Head unit versi facelift mirip kepunyaan Avanza Veloz atau Sienta. Tapi layarnya lebih besar jadi 8 inci. Sayang, fiturnya masih mirip dengan pre-facelift. 

Honda HR-V, Crossover Modis Nan Lega Kaum Urban 

Nama Honda HR-V ini sendiri merupakan singkatan dari Hi-Rider Revolutionary Vehicle. Honda HR-V bisa menjadi pilihan mobil SUV keluarga yang cukup kompak untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh. Dari segmentasi harga sepadan dengan Kijang Innova dan kelengkapan fitur yang sepadan. 

Honda HR-V sangat populer dalam segmen pasar Low SUV atau Crossover di Indonesia berkat desainnya yang gagah dan modern, serta beragam fitur yang menarik. 

Honda HR-V generasi baru memiliki desain baru yang tampak lebih maskulin dan sporty, berkat penggunaan panel front grille dengan desain solid wing dan terdapat logo Honda pada bagian tengah. Garis-garis bodinya semakin mempertegas kesan SUV yang macho dan modern.

Bagian belakang Honda HR-V menghadirkan List krom memanjang yang terintegrasi dengan kedua lampu LED-nya sehingga terkesan lebih mewah. Pada varian Honda HR-V 1.8L Prestige kian premium karena terdapat panoramic sunroof, dan chrome exhaust finisher.

Mobil ini mendapat pembaruan platform dengan menggunakan teknologi Honda Architecture yang dirasa lebih kuat dan sudah menjadi standar dari pihak produsen

Penambahan Wheelbase sebesar 60 mm memang membuat mobil ini menjadi sedikit lebih rendah dibanding yang lalu namun pihak Honda mengklaim hal itu malah akan menambah segi Handling mobil menjadi lebih baik. 

Interior Lega dan Fleksibel Khas Honda di HR-V 

Tidak hanya memiliki eksterior yang menawan, New Honda HR-V ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Dengan fitur keselamatan dan hiburan yang dimilikinya, New Honda HR-V dijamin dapat memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan kepada para konsumennya. 

untuk kursinya, baik pengemudi maupun penumpang dapat berkendara dengan kenyamanan yang lebih berkat penggunaan material kulit berkualitas yang membalut kursinya. Pada kursinya juga terdapat fitur Back Rest dan pengaturan kursi, sehingga pengguna dapat menyesuaikan posisi duduk yang stabil dan nyaman sesuai postur tubuh masing-masing. 

Kapasitas bagasi Honda HR-V ini masih sama dengan versi sebelumnya, tetapi tentu sangat bisa diandalkan karena memiliki daya tampung yang cukup besar. Kursi di barisan belakangnya juga bisa dilipat jika kita membutuhkan kapasitas bagasi yang lebih banyak. 

Pengaturan jok mobil Honda HR-V yang fleksibel mampu disesuaikan dengan kehendak pengguna membuat kenyamanan berkendara mobil ini semakin bertambah. Dengan desain yang cukup sempurna ini tak heran bahwa mobil ini menjadi idaman bagi banyak orang.

Kesimpulan

Sekalipun berbeda jenis, namun segmentasi harga antara Honda HR-V dan Toyota Kijang Innova cukup setara. Masing-masing mobil sebenarnya punya karakter konsumen yang mirip.

Perbedaan hanyalah pada kapasitas angkut penumpangnya. Apabila ditujukan untuk keluarga kecil yang doyan bepergian, maka Honda HR-V dinilai cocok jadi pilihan. HR-V punya kabin yang lega untuk lima orang dan bagasi besar.

Sementara Kijang Innova menawarkan sebuah mobil keluarga dengan beragam opsi. Untuk tipe terbawah setidaknya cukup untuk kendaraan keluarga besar. Sementara Innova Venturer menjadi mobil keluarga dengan interior mewah kaya fitur.

Jadi, mau pilih Kijang Innova atau HR-V, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Komentar

Mobil Terbaru