window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Konsumsi BBM Honda HR-V vs Toyota Corolla Cross

Yongki Sanjaya · 14 Okt, 2020 09:41

Perbandingan Konsumsi BBM Honda HR-V vs Toyota Corolla Cross 01

Dalam segmen crossover, kini semakin banyak model yang hadir dengan mesin 1.8 liter. Awalnya, segmen ini hanya diisi oleh Honda HR-V saja dalam tipe 1.8 Prestige sebagai yang termahal. Model tersebut dibanderol dengan harga Rp 415,7 juta.

Honda HR-V bisa menjadi pilihan mobil SUV keluarga yang cukup kompak untuk perjalanan perkotaan. Honda HR-V sangat populer dalam segmen pasar Low SUV atau Crossover di Indonesia berkat desainnya yang gagah dan modern, serta beragam fitur yang menarik. Bukan hanya itu, Honda HR-V ini juga populer di kalangan pecinta otomotif berkat mesinnya yang cukup irit bahan bakar. 

Honda HR-V memiliki desain baru yang tampak lebih maskulin dan sporty. Kesan gagah ini berkat penggunaan panel front grille Solid Wing dengan desain lebih lebar dan tebal, sebagai latar dari logo Honda. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Garis-garis bodinya sendiri semakin mempertegas kesan SUV yang aerodinamis dan modern. Pada varian Honda HR-V 1.8L Prestige sendiri terdapat panoramic sunroof, dan chrome exhaust finisher.

Mesin Besar Honda HR-V yang Bersahabat

Perbandingan Konsumsi BBM Honda HR-V vs Toyota Corolla Cross 01

Secara spesifikasi, Mesin 1.800 cc tanpa turbo berteknologi i-VTEC tersebut diklaim mampu merilis daya sampai 139 PS pada 6.500 Rpm. Sedangkan torsinya mencapai 169 Nm di putaran 4.300 rpm. HR-V 1.8 Prestige ini tak tersedia dalam opsi transmisi manual, ia hanya pakai transmisi jenis CVT.

Harus diakui bahwa Honda HR-V merupakan salah satu SUV terbaik andalan Honda saat ini. Crossover ini memiliki berbagai fitur dan teknologi terbaru yang dikembangkan Honda untuk meningkatkan performa berkendara.

Ternyata mesin besar yang dimiliki HR-V termasuk irit. Dari hasil tes yang dilakukan pada 2019, sebuah New Honda HR-V 1.8L Prestige dapat mencatatkan efisiensi konsumsi bahan bakar sebesar 11,5 km/liter untuk rute dalam kota. Sedangkan pada rute tol, lebih irit lagi, yakni 18 km/liter.

Angka tersebut bahkan lebih hemat daripada HR-V dengan mesin 1.500 cc. Versi 1.5 liter mengukir konsumsi bahan bakar 13.9 km/liter untuk rute dalam kota. Sedangkan pada rute tol, crossover ini mampu mencatatkan angka 17 km/liter.

Honda HR-V mengandalkan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Shape Torsion Beam yang membuat mobil tetap stabil dan nyaman saat melintas di jalan bergelombang. 

Corolla Cross Lawan Berat Honda HR-V 

Perbandingan Konsumsi BBM Honda HR-V vs Toyota Corolla Cross 02

Toyota All New Corolla Cross hadir sesuai dengan ciri khas dari SUV yang mewarisi perpaduan DNA antara sedan dengan SUV. Corolla Cross pertama kali debut di Thailand pada 9 Juli 2020 lalu.

Toyota Corolla Cross dirancang sebagai crossover yang menggabungkan kekokohan dan utilitas. Penggunaan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) memungkinkan Corolla Cross memiliki kinerja berkualitas, perjalanan menjadi nyaman, dan ketenangan.

Toyota Corolla Cross menjadi pendatang baru yang paling serius dengan tampilan yang mengesankan. Didukung oleh nama besar Toyota dan opsi mesin hybrid yang bertenaga. Kehadirannya memberikan sinyal bahaya bagi pesaingnya di segmen SUV kompak Tanah Air. 

Toyota Corolla Cross, Crossover Stylish Masa Kini

Perbandingan Konsumsi BBM Honda HR-V vs Toyota Corolla Cross 03

Desain eksterior Corolla Cross dirancang sedemikian rupa dengan nuansa sporti yang begitu menonjol. Selain itu kesan mewah dan tangguh terpancar melalui pemasangan moon roof, roof rail, lampu belakang dan depan LED, serta pelek 18 inci.

Perjalanan semakin menyenangkan berkat ruang kabin yang luas sesuai dengan kebutuhan konsumen masa kini. Desain interiornya merupakan sebuah karya seni tinggi dengan balutan warna Terra Rossa. 

Seberapa Irit Konsumsi Bahan Bakar di Toyota Corolla Cross? 

Perbandingan Konsumsi BBM Honda HR-V vs Toyota Corolla Cross 04

Sama seperti HR-V, Corolla Cross juga belum menggunakan tenaga turbo. Kapasitas mesinnya juga serupa, yaitu 1.8L berteknologi Dual VVT-i dengan keluaran tenaga 140 PS serta transmisi 177 Nm. Transmisi tak begitu jauh berbeda, dengan CVT-i 7-percepatan with Sequential Shift and Shift Lock.

Untuk mesin bensin konvensional ini, konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 15,4 kilometer per liter, dengan emisi karbon dioksida 150 gram per kilometer. Angka tersebut tidak irit tapi juga tidak boros, mirip seperti konsumsi bahan bakar di Honda HR-V. 

Kinerja Berkendara Toyota Corolla Cross 

Perbandingan Konsumsi BBM Honda HR-V vs Toyota Corolla Cross 05

Transmisi CVT-i 7-percepatan menghasilkan perpindahan yang terasa mulus. Pengendaraannya tak kalah bertenaga. Tak begitu kuat, tapi cukup mengesankan untuk dibawa di jalanan perkotaan dengan kondisi stop-and-go. Benar-benar khas Toyota yang memberikan mobil perkotaan yang apik dilengkapi berbagai fitur canggih, termasuk mode berkendara.

Mobil ini juga memiliki suspensi yang telah dikembangkan sehingga meningkatkan keseimbangan saat berkendara di jalan lurus dan menikung. Dengan begitu penumpang akan menikmati perjalanan dengan rasa nyaman. 

Kesimpulan 

Keunggulan dari Toyota All New Corolla Cross tentu sebanding lurus dengan harga yang ditawarkan di banding Honda HR-V  1.8L Prestige yang dibanderol 430 juta (harga Agustus 2020).

Keduanya memang agak jauh jika disejajarkan dalam sejumlah aspek. Namun mau tak mau harus bersaing karena kelasnya sama. Tentu HR-V Prestige unggul dari segi harga yang lebih ekonomis. Artinya, jika dalam memilih compact SUV urusan dana masih jadi aspek penting maka HR-V Prestige lah pilihan tepatnya. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda HR-V 1.5L S 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil