window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander vs Wuling Confero, Sang MPV Fenomenal

Yongki Sanjaya · 8 Sep, 2020 12:00

Perbandingan Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander vs Wuling Confero, Sang MPV Fenomenal 01

Mitsubishi Xpander pertama kali diperkenalkan satu tahun sebelumnya lewat XM Concept yang dipamerkan di GIIAS 2016. Versi produksinya debut di GIIAS 2017, dan resmi dijual pada 3 Oktober 2017. MPV ini begitu fenomenal karena menjadi paket lengkap, sebuah mobil keluarga yang modis, nyaman, dan irit. 

Dalam kondisi normal, Mitsubishi Xpander cuma bisa mencapai angka 12 km/liter di rute dalam kota. Sedangkan untuk rute luar kota, Xpander bisa mencapai angka 19,8 km/liter. Gaya mengemudi yang sangat mengutamakan prinsip eco driving tentunya membuat mesin tidak bekerja berat dan minum bensin lebih sedikit. 

Konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander juga termasuk efisien, kami mencoba di jalanan perkotaan dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, hasilnya 12 km/l tercatat di MID. Sedangkan untuk perjalanan luar kota dengan kecepatan konstan 80 km/jam, konsumsi bensin bahkan mampu menyentuh 20,2 km/l. Angka yang sangat impresif untuk sebuah LMPV.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pengujian Konsumsi Bahan Bakar Mitsubishi Xpander Ala Komunitas Lebih Irit 

Perbandingan Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander vs Wuling Confero, Sang MPV Fenomenal 01

Harga BBM dari tahun ke tahun semakin mahal, kita pun sebagai pemilik mobil dituntut supaya berkendara secara hemat. Mobil yang irit bahan bakar juga membuat pemilik kendaraan kian efisien dalam mengeluarkan uang untuk mengisi bensin mobilnya. Untuk mobil keluarga, saat ini rata-rata didukung mesin 1.500 cc yang dianggap pas baik dari sisi tenaga ataupun konsumsi bahan bakar. 

Walau mobil Mitsubishi Xpander satu ini mesinnya  1.500 cc, tapi konsumsi bensinnya bisa lho mencapai 20 km/liter saat diuji oleh komunitas Xpander. Supaya bisa irit, tentu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Misalnya, kita perlu mematikan AC supaya kerja mesin lebih ringan.

Selanjutnya, jaga putaran mesin di 2.000 rpm dan kecepatannya antara 80-90 km/jam. Kondisi jalanan yang lengang juga menjadi faktor lain supaya Xpander bisa tetap irit BBM. Angka tersebut jelas mengejutkan karena jauh melampaui perhitungan saat sesi review kalangan media. 

Mitsubishi Xpander Didukung Mesin Berkarakter Galak di Putaran Bawah

Perbandingan Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander vs Wuling Confero, Sang MPV Fenomenal 02

Mitsubishi Xpander menggunakan mesin inline-4 berkapasitas 1.499 cc dengan kode 4A91 dengan teknologi pengaturan katup variabel MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing and lift Electronic Control). Tenaga yang dihasilkan berkisar 103 HP yang didapat di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 141 Nm yang didapat di 4.000 rpm.

MIVEC sendiri merupakan teknologi yang dikembangkan Mitsubishi untuk menghasilkan tenaga optimum di berbagai kondisi jalan, baik itu perkotaan yang identik dengan kemacetan ataupun jalan tol. Alhasil, performa dan konsumsi BBM dapat dioptimalkan di saat bersamaan.

Sebagai catatan, mesin Mitsubishi Xpander hadir dalam dua pilihan transmisi. Otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Karakter tenaga Xpander cukup responsif sejak putaran bawah, dengan perpindahan gigi yang terasa lembut, tidak ada yang namanya hentakan khas mobil otomatis terjadi di sini.

Konsumsi bahan bakar Wuling Confero Tak Kalah Irit dari Mitsubishi Xpander

Perbandingan Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander vs Wuling Confero, Sang MPV Fenomenal 03

Masalah efisiensi bahan bakar tentu menjadi hal utama yang sering dipertimbangkan, terutama di segmen Low MPV. Produk Low MPV buatan merek asal Jepang rata-rata memiliki konsumsi bahan bakar antara 10 sampai 16 km/liter. 

Terkait dengan hal tersebut, mobil Wuling Confero mengusung teknologi MPI dengan sistem injeksi Low MPV berbahan bakar Gasoline. Teknologi ini menjaga efisiensi konsumsi bahan bakar, namun bisa meningkatkan performa mesin yang dihasilkan.

Berdasarkan pengujian di Indonesia, Wuling Confero mampu mencapai angka konsumsi 11 Km/Liter (dalam kota) dan bisa meraih hasil 14 Km/Liter (luar kota). Untuk konsumsi paling irit berkisar 22 hingga 25 km/liter.

Mobil Wuling Confero memiliki total 4 tipe. Harga Wuling Confero terbaru berkisar dari Rp 151 juta hingga Rp 198 jutaan. Harga Wuling Confero 2020 ini tidak beda jauh dengan harga Wuling Confero 2019. Mobil Wuling Confero memiliki saudara, mobil Wuling Cortez dan Wuling Almaz. Harga Wuling Cortez berkisar dari Rp 220 juta hingga Rp 277 jutaan dan harga mobil Wuling Almaz berkisar dari Rp 267 juta hingga Rp 342 jutaan.

Perbandingan Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander vs Wuling Confero, Sang MPV Fenomenal 04

Jika dilihat dari mesin mobil Wuling Confero yang menggunakan 1.500 cc, hasil tersebut terbilang sudah setara dengan kemampuan Low MPU merek Jepang pada segmen mobil keluarga.

Berikut ini perbandingan konsumsi BBM kedua model

Model Konsumsi BBM Dalam Kota Konsumsi BBM Luar Kota
Mitsubishi Xpander  12 km/liter 20,2 km/liter
Wuling Confero 11 km/liter 14 km/liter

Spesifikasi Menarik Mesin Wuling Confero, Tenaga Lebih Gahar Dari Xpander 

Perbandingan Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander vs Wuling Confero, Sang MPV Fenomenal 05

Kebiasaan banyak pabrikan otomotif asal China dalam merancang mobil yaitu memiliki mesin dengan tenaga lebih besar daripada rival sejenis, begitu juga pada Wuling Confero ini.

Mobil Wuling Confero menggunakan mesin 4-silinder, 16 katup DOHC berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi mesin DVVT. Mesin yang digunakan tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 107 HP pada 5.800 RPM dengan torsi maksimal mencapai 142 Nm di kisaran 3.800 Rpm - 4.400 Rpm. Menariknya lagi, mobil Wuling Confero menggunakan roda belakang (RWD) dipadu transmisi manual 5 percepatan sehingga mampu melaju dengan akselerasi yang baik.

Kesimpulan

Mitsubishi Xpander berhasil membuktikan diri sebagai SUV dengan konsumsi BBM yang irit namun tetap bertenaga untuk mendukung mobilitas harian. Memang, secara tenaga masih kalah bila dibandingkan dengan Wuling Confero. Namun sebagaimana kita ketahui kalau semakin besar tenaga maka konsumsi BBM juga semakin boros. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil