window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Konvensional dan Hybrid, Bedanya Jauh

Yongki Sanjaya · 14 Okt, 2020 15:00

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Konvensional dan Hybrid, Bedanya Jauh 01

Toyota Corolla Cross meluncur pada tanggal 6 Agustus 2020, yang hadir dua tipe unggulan yakni versi bensin serta Hybrid. Sebagai crossover 5-Seater, Toyota Corolla Cross punya tampilan mengesankan. Mobil terbaru Toyota ini memadukan kesan futuristik dan ketangguhan ala SUV. 

Toyota Corolla Cross hybrid dibanderol seharga Rp497,8 jutaan. Harga tersebut Rp40 juta lebih mahal dibanding versi mesin bensin yang dipatok di angka Rp457,8 juta (OTR DKI Jakarta). 

Sebelum lebih jauh mengulas sisi efisiensi bahan bakar, terlebih dahulu kita ulas sekilas soal desain Corolla Cross yang kuat kesan Urban SUV. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Konvensional dan Hybrid, Bedanya Jauh 01

Pada sisi lampu depan juga sudah dibenamkan Bold Front Grille Design dipadu Sharp Headlamp lengkap dengan Beaming LED Foglamp. Sekilas melihat keseluruhan desainnya, Toyota Corolla Cross menonjolkan kesan elegan, premium dan cocok jadi kendaraan ala perkotaan.

Dari dimensi bodinya, Toyota Corolla Cross punya perawakan yang cukup besar. Wheelbase dengan dimensi 2.640 mm tentu saja berdampak kepada suasana interior Toyota Corolla Cross Hybrid, yang tampil cukup lega.

Toyota Corolla Cross juga unggul soal fitur kenyamanan. Crossover ini menawarkan dua hal utama seperti Power Seat serta Power Moonroof pada sisi atapnya. Hal ini, tentu akan memberikan kesan lebih elegan serta Premium bagi seluruh penumpang.

Adu Spesifikasi Mesin Toyota Corolla Cross Versi Bensin dan Hybrid 

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Konvensional dan Hybrid, Bedanya Jauh 02

Toyota Corolla Cross varian bensin didukung mesin 1.800 cc 2ZR-FE. Mesin tersebut mampu mencapai tenaga maksimum 138 hp pada 6.400 rpm dan torsi 171 Nm pasa 4.000 rpm. Mesin ini berbeda dengan yang diusung Toyota Corolla Cross versi hybrid meski memiliki kubikasi yang sama. 

Sedangkan versi hybrid memiliki mesin dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan 96 hp dan torsi 142 Nm. Kemudian motor listriknya mampu menghasilkan 71 hp dan torsi sebesar 162 Nm.

Membedah lebih dalam spesifikasi mesinnya, Toyota Corolla Cross bermesin bensin rasio kompresinya 10:1. Sedangkan untuk varian hybrid rasio kompresi lebih besar dengan perbandingan 13:1.

Hal tersebut yang membuat torsi dan tenaga bawaan mesin bakar keduanya berbeda. Ternyata, tingginya rasio kompresi tersebut tak hanya mempengaruhi performa namun juga konsumsi bahan bakar.

Pasalnya, semakin tinggi kompresi rasio membuat ruang bakar semakin sempit yang mana ruang pembakaran pada mesin juga semakin kecil. Itulah mengapa, dengan rasio kompresi mesin besar seperti pada Toyota Corolla Cross hybrid membuat mesin semakin irit.

Membandingkan Konsumsi BBM Versi Hybrid dan Konvensional 

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Konvensional dan Hybrid, Bedanya Jauh 03

Toyota All New Corolla Cross tipe hybrid yang masuk dalam segmen SUV  mengandalkan mesin HEV dengan kode 2ZR-FXE. Artinya, ada dua sumber tenaga selain dari mesin juga dari motor elektrik. 

Mesin 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i berkapasitas 1.798 cc sanggup menghasilkan power maksimum yang dapat mencapai 98 Ps dan torsi 14,5 Kgm. Kemudian tenaga dari motor listrik pada All New Corolla Cross HEV memiliki tenaga maksimal mencapai 72 Ps dengan torsi sebesar 16,6 Kgm. 

Power unit ini lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari varian bermesin bensin. Secara total power yang dihasilkan 170 Ps dengan torsi mencapai 305 Nm.

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Konvensional dan Hybrid, Bedanya Jauh 04

Mesin HEV berkode 2ZR-FXE memiliki rasio kompresi lebih besar yakni 13:1. Rasio kompresi ini membuat ruang bakar lebih sempit sehingga konsumsi bahan bakar lebih ekonomis. 

Dari hasil uji coba versi New European Driving Cycle, Toyota All New Corolla Cross Hybrid mengkonsumsi bahan bakar per liter untuk menempuh jarak 23,25 kilometer.

Konsumsi bahan bakar yang irit tentu menjadi benefit bagi pengendara, namun performa yang dihasilkan tidak kalah dengan varian bermesin bensin. Bahkan sanggup menggungguli pesaingnya.

Di sisi lain, untuk mesin bensin, konsumsi bahan bakar rata-rata adalah 15,4 kilometer per liter. Sementara emisi karbon dioksida yang dihasilkan 150 gram per kilometer. 

Platform TNGA bikin Kinerja Toyota Corolla Cross Makin Responsif

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Konvensional dan Hybrid, Bedanya Jauh 05

Corolla Cross sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini bisa membuat pengendaraan terasa stabil. 

Khusus pada All New Corolla Cross HEV, pengemudi dapat memilih mode dalam berkendara atau advanced drive mode sehingga gaya mengemudi dapat disesuaikan seperti ECO, Sport atau EV.

Selain sistem bantuan berkendara yang lengkap, Corolla Cross memiliki setir berteknologi tilt & teleskopik dan fitur yang lengkap pada jok untuk memberikan rasa nyaman di belakang kemudi. Jadi, irit itu bukan cuma karena sistem hybrid bukan? 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil