window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Sienta dan Wuling Cortez

Anissa · 18 Jul, 2020 12:00

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Sienta dan Wuling Cortez 01

Tidak bisa dipungkiri, seiring berkembangnya zaman, harga bahan bakar minyak juga semakin mahal. Salah satu industri yang juga terdampak oleh hal ini adalah industri otomotif. Karena itulah, ada banyak produsen mobil yang bersaing untuk menghadirkan kendaraan yang hemat bahan bakar.

Toyota juga tidak ketinggalan mengembangkan mobil-mobilnya agar bisa menjadi kendaraan yang memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi. Salah satunya adalah Toyota Sienta. Mobil Toyota Sienta tersedia dalam 5 varian. Harga Toyota Sienta berkisar dari Rp 257 juta hingga Rp 311 jutaan. Ini merupakan harga mobil Sienta 2020. Untuk harga Toyota Sienta bekas tergantung dari kondisi mobil tersebut.

Di segmen MPV, Toyota Sienta berhadapan dengan banyak pesaing, dan salah satunya adalah Wuling Cortez. Wuling Cortez dianggap sebagai pesaing paling kuat karena memiliki kapasitas mesin yang hampir sama, tetapi harga yang lebih murah dibandingkan dengan Toyota Sienta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bicara soal konsumsi bahan bakar, Toyota Sienta memang bisa dibilang cukup hemat. Tetapi bagaimana jika kita bandingkan dengan Wuling Cortez? Mana mobil yang lebih hemat bahan bakar?

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Sienta

Toyota New Sienta terdiri dari 3 varian, yakni Tipe G, Tipe Q, dan Tipe V. Semua tipe dari Toyota Sienta ini menggunakan mesin yang sama. Mesinnya sendiri menggunakan mesin 2NR-FE, In-Line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-I dengan kapasitas mesin 1.497 cc. Sedangkan transmisinya sendiri tersedia dalam pilihan transmisi manual dan transmisi CVT.

Perpaduan mesin Toyota Sienta dengan sistem transmisi CVT dapat menghasilkan perpindahan transmisi yang lebih halus dan mesin yang lebih responsif. Bukan hal yang mengherankan jika kemudian sistem transmisi CVT Toyota Sienta disebut lebih baik dari sistem transmisi manualnya.

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Sienta dan Wuling Cortez 01

Toyota Sienta Tipe G menggunakan sistem transmisi manual 6 percepatan. Sedangkan Toyota Sienta Tipe V dan Tipe Q menggunakan sistem transmisi CVT dengan 7 Speed Sport Sequential Shiftmatic. Kedua jenis transmisi ini akan memberikan performa serta kenyamanan berkendara yang berbeda dari Toyota Sienta.

Mesin milik mobil Sienta sendiri diklaim bisa menghasilkan tenaga maksimal 105 Hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi mencapai 140 Nm pada putaran 4.200 rpm. Sedangkan untuk sistem bahan bakarnya, Toyota Sienta menggunakan sistem Fuel Injection dengan kapasitas tangki 42 liter.

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Sienta dan Wuling Cortez 02

Toyota Sienta bisa dibilang termasuk ke dalam golongan MPV yang cukup irit bahan bakar. Mobil ini bisa menempuh jarak sekitar 14 km hingga 20,2 km dengan satu liter bensin, tergantung pada kecepatan yang digunakan ketika berkendara.

Konsumsi Bahan Bakar Wuling Cortez

Dengan banderol harga yang sangat terjangkau, Wuling Cortez sukses mendapatkan respons positif dari berbagai kalangan. Karena menggendong mesin dengan kapasitas yang hampir sama, Wuling Cortez menjadi pesaing ketat dari Toyota Sienta. Aspek harga seringkali menjadi patokan utama banyak pembeli ketika membandingkan kedua model mobil ini.

Harga Wuling Cortez yang lebih murah dibandingkan Toyota Sienta seringkali membuat mobil ini lebih dipilih. Harga Wuling Cortez berkisar dari Rp 209 juta hingga Rp 290  juta. Mobil Wuling Cortez memiliki saudara, mobil Wuling Almaz dan Wuling Confero. Harga Wuling Almaz berkisar dari Rp 267 juta hingga Rp 342 jutaan.

Ada juga Wuling Confero memiliki total 4 tipe. Harga Wuling Confero terbaru berkisar dari Rp 151 juta hingga Rp 198 jutaan. Harga Wuling Confero 2020 ini tidak beda jauh dengan harga Wuling Confero 2019.

Di Jepang sendiri, Toyota Sienta sudah mengalami pembaruan dan telah memiliki banyak fitur baru yang membuatnya menjadi MPV yang sangat digemari. Tetapi sayangnya pembaruan tersebut belum sampai ke Indonesia. Hal ini kemudian membuat angka penjualan Wuling Cortez terus meningkat.

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Sienta dan Wuling Cortez 03

Bicara soal Wuling Cortez, mobil ini tidak hanya terjangkau, tetapi juga disebut-sebut memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Wuling Cortez ini diketahui menggendong mesin 4 silinder segaris, DOHC, DVVT dengan kapasitas mesin 1.485 cc, hanya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan mesin yang digunakan oleh Toyota Sienta.

Mesin yang dimiliki oleh Wuling Cortez sebagai salah satu mobil Wuling Indonesia ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 106 Hp pada putaran 5.800 rpm dan torsi 142 Nm pada putaran 3.800 - 4.400 rpm. Transmisinya sendiri menggunakan transmisi manual enam percepatan. Tetapi ada pula pilihan transmisi CVT.

Untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri, Wuling Cortez eluaran Wuling SGMW ini bisa menempuh jarak 10,8 km hingga 13,7 km dengan satu liter bensin. Angka ini tentu menandakan bahwa mobil yang satu ini memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Tetapi nyatanya angka ini masih belum bisa menandingi efisiensi bahan bakar yang dimiliki Toyota Sienta.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Sienta 1.5 V MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil