window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Mengemudi Honda Accord dan Toyota Camry

Alex · 18 Jun, 2020 09:00

Perbandingan Mengemudi Honda Accord dan Toyota Camry 01

Mobil Honda Accord merupakan sebuah mid-size sedan yang secara desain sangat memukau. Mobil Honda Accord hanya tersedia dalam 1 varian. Harga mobil Honda Accord dibanderol dengan biaya sebesar Rp 729.600.000 on the road Jakarta. Ini merupakan harga mobil Honda Accord di tahun 2020. Mobil sedan Honda ini tentu menawarkan keasyikan mengemudi juga. Untuk pemabnding kompetitornya, Toyota Camry dijual dengan range Rp 600 jutaan dan tipe hybridnya Rp 800 jutaan.

Wajar saja, sebuah sedan dengan banderol lebih dari setengah milyar Rupiah tentu harusnya bukan saja memberikan pengalaman fun to drive tapi juga kenyamanan plus kecanggihan. 

Bukan cuma untuk memukau konsumennya, tapi mantapnya pengalaman berkendara yang diberi mobil sedan Honda New Accord juga untuk mengungguli rival abadinya, yakni Toyota Camry. Dua sedan yang berada dalam satu kelas yang sama ini punya perbedaan mendasar di kapasitas mesin.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Toyota Camry tersedia dalam 3 varian,yakni mobil Toyota Camry 2.5 V A/T, Toyota Camry 2.5 G A/T, dan Toyota Camry Hybrid A/T. Harga Toyota Camry berkisar dari Rp 642 juta, Rp 675 juta hingga Rp 842 jutaan. Ini merupakan harga Camry 2020. Kepopularitas mobil Toyota Camry sangat tinggi, saat ini masih banyak juga yang mengincar mobil Toyota Camry bekas. Harga Camry bekas bervarian dan tergantung dengan kondisi dari mobil tersebut.

Perbandingan Mesin Honda Accord dan Toyota Camry

Perbandingan Mengemudi Honda Accord dan Toyota Camry 01

Perbedaan itu jadi cukup krusial jika kita membahas perbandingan pengalaman berkendaranya. Mesin Accord hanya berkapasitas 1.500 cc, namun berkat perangkat turbocharger, New Accord bukan cuma bisa menyetarakan dengan mobil Toyota Camry. Namun malah bisa lebih unggul.

Pengalaman mengemudi dengan lecutan turbo yang impresif tentu bisa dihadirkan pada Accord. Dengan tenaga maksimal 187,4 HP di putaran mesin 5.500 Rpm, power bisa didapat sejak putaran rendah. Torsi maksimal Accord sendiri mencapai 260 Nm pada rentang putaran 1.600 Rpm sampai 5.000 Rpm. 

Namun jika Anda tak terlalu membutuhkan tenaga besar dan lebih mementingkan kenyamanan khas mobil VIP, maka mobil Toyota Camry dengan baik memberikan ekspektasi tersebut. Mesin 2.000 cc bisa menghasilkan 180 HP pada putaran 6.000 Rpm dengan torsi puncak 239 Nm pada putaran 4.100 Rpm. Kekedapan kabin terbilang sangat baik walau Camry melesat kencang.

Fitur Berkendara

Perbandingan Mengemudi Honda Accord dan Toyota Camry 02

Keasyikan mengemudi pada All New Accord lagi-lagi terasa lebih mantap berkat adanya paddle shift yang membuat pengemudi seolah membawa mobil balap. Sedangkan pada lingkar kemudi Camry hanya ditemukan tombol-tombol pengatur audio.

Dari segi fitur, Accord lebih memanjakan pengemudi dengan adanya pilihan mode berkendara, Sport Mode dan ECON. Sedangkan pada Camry tak bisa ditemukan. Semakin canggih dan peduli terhadap pengemudi, mobil sedan Accord punya fitur Driver Attention Monitor yang bisa memberi peringatan atau rekomendasi istirahat jika dianggapnya terlalu lama mengemudi.

Perbandingan Suspensi dan Rangka

Sangat mendukung gaya mengemudi presisi dan cenderung agresif, Honda berhasil membuat bantingan suspensi New Accord sangat oke. Bantingannya cukup nyaman namun tetap stiff. Pada bagian belakang Honda menggunakan suspensi MacPherson Strut untuk menghasilkan performa tersebut, sedangkan di bagian depan pakai tipe suspensi Multi-Link.

Pada Toyota Camry, bantingan suspensi yang sangat lembut dan mencirikan mobil premium juga tak kalah mantapnya. Penggunaan suspensi MacPherson Strut pada sedan satu ini justru untuk bagian depan, sedangkan di belakang mengandalkan tipe Double Wishbone.

Perbandingan Mengemudi Honda Accord dan Toyota Camry 03

Namun kuncian utama handling Camry yang cukup superior adalah di bagian struktur rangkanya. Sebab Camry generasi kedelapan ini sudah menganut platform terbaru kebanggaan Toyota yang bernama Toyota New Global Architecture atau disingkat TNGA.

Perbandingan Fitur Pendukung Lainnya

Dari sisi fitur, nampaknya mobil Honda Accord agak sulit disaingi oleh Toyota Camry. Pasalnya jika hanya bicara fitur keselamatan standar seperti airbags, ABS, EBD, Traction Control, Stability Control dan beberapa sensor parkir di depan, belakang dan samping, keduanya juga ada.

Namun yang paling mendasar adalah hadirnya Honda Sensing pada Accord. Fitur keselamatan tingkat tinggi dengan teknologi radar ini bukan cuma memberi janji keselamatan lebih baik tapi juga bisa membantu pengendalian.

Perbandingan Mengemudi Honda Accord dan Toyota Camry 04

Ada satu fitur menarik yang tak dimiliki New Accord, yakni head up display. Keseruan mengemudi tentu bisa didapat dengan fitur head up display, mulai dari informasi kecepatan, temperatur di luar, shift position, dan Hybrid Sistem Indicator bisa disajikan fitur tersebut. Namun, fitur ini hanya bisa Anda dapat jika memilih Camry varian hybrid.

Rangkuman

- Mesin New Accord walau lebih kecil namun asyik untuk penggemar kecepatan
- Peredaman suara yang baik dan kenyamanan kabin khas mobil VIP bisa didapat di mobil Toyota Camry
- Mobil sedan Honda Accord unggul dalam fitur untuk mendukung keselamatan berkendara 
- Mobil sedan Accord cocok bagi pengguna yang masih kerap mengemudi sendiri dan sesekali menikmati kenyamanan bangku belakang dengan jasa supir pribadi

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Honda Accord 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil