window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Mitsubishi Kuda vs Isuzu Panther, Mana Mobil Diesel Bekas yang Paling Murah?

Yongki Sanjaya · 6 Okt, 2022 16:30

Perbandingan Mitsubishi Kuda vs Isuzu Panther, Mana Mobil Diesel Bekas yang Paling Murah? 01

Isuzu Panther dan Mitsubishi Kuda saat itu menjadi segelintir MPV berbonnet yang menggunakan mesin diesel. Khusus Isuzu Panther, mobil ini hanya tersedia dengan opsi mesin diesel saja tak ada versi bensinnya. Kini setelah sekian tahun, harga Mitsubishi Kuda dan Isuzu Panther ini sudah relatif murah untuk ukuran mobil diesel.

Lantas, mana yang paling murah antara keduanya? Sebagai perbandingan, harga Isuzu Panther kapsul keluaran 2000 bekas dijual dengan rentang harga Rp90 juta dan untuk keluaran 2005 berkisar antara Rp110-123 juta. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berburu MPV Bensin Rp50 Jutaan, Mending Beli Chevrolet Tavera Daripada Mitsubishi Kuda?

Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana MPV Peminum Solar yang Masih Layak Dimiliki?

Harga Bekas Mirip, Apakah Mitsubishi Kuda Diesel Lebih Tangguh Ketimbang Isuzu Panther?

Sementara itu Mitsubishi Kuda Diesel keluaran 2000 dijual dengan harga Rp59-70 juta dan keluaran 2005 dijual seharga Rp89 juta. Dari sini sudah terlihat kalau selisih harga antara Panther dan Kuda cukup jauh, dan Kuda jadi yang termurah.

Setelah membandingkan harga, tentu kalian penasaran soal kelengkapan fitur dari kedua model tadi. Apakah dengan harga lebih mahal membuat Isuzu Panther lebih kaya fitur dibandingkan Mitsubishi Kuda? Mari kita bahas satu persatu.

Isuzu Panther Kapsul, Mahal Harganya Irit Solarnya

Perbandingan Mitsubishi Kuda vs Isuzu Panther, Mana Mobil Diesel Bekas yang Paling Murah? 01

Isuzu Panther berbekal turbo membuat tenaganya meningkat dari edisi sebelumnya. Turbo ini dibuat supaya konsumsi bahan bakarnya irit, berkisar 10-14 km/liter. Mesin diesel tersebut memiliki power 80 dk pada 3.500 rpm dengan torsi 191 Nm pada 1.800 rpm.

Tenaganya tak istimewa, namun torsinya paling hebat dibandingkan MPV sejenis seperti Kijang Kapsul dan Kuda. Itulah mengapa Panther jadi andalan di kota-kota kecil karena akselerasi awal yang responsif di jalur pegunungan. Selebihnya, jangan terlalu berharap soal speed dari Isuzu Panther karena tenaga yang bersahaja tadi. 

Aspek lainnya yang perlu jadi perhatian ialah kaki-kaki bagian depan. Dimana kerusakan biasanya muncul pada bearing, bushing strutbar, shockbreaker, ball joint, tierod dan long tierod.

Untuk bearing bagian depannya, mobil ini menggunakan jenis tapered roller bearing. Kejadian bearing mudah sekali longgar, karena tapered bearing adalah jenis bearing yang dapat disetel dan bukan termasuk bearing paten.

Demi memberikan keawetan bearing, kalian bisa melakukan pengecekan secara rutin terlebih pada tingkat kekencangan setelan bearing.

Isuzu Panther Kapsul, Kabinnya Kedap dengan Suspensi Nyaman

Perbandingan Mitsubishi Kuda vs Isuzu Panther, Mana Mobil Diesel Bekas yang Paling Murah? 02

Isuzu Panther dikenal mesin yang cukup bising dan getaran yang lumayan besar bila dibandingkan MPV diesel sejenis pada masanya. Bicara soal kenyamanan, Isuzu mengkompensasi dengan peredaman suspensi yang nyaman. Isuzu Panther versi kapsul ini juga terkenal kabinnya cukup hening, sehingga suara kasar khas mesin diesel tak terlalu terdengar di dalam interiornya. 

Soal kenyamanan suspensinya memang hampir berimbang antara Kuda dan Panther. Namun terbukti kabin Isuzu Panther lebih nyaman dari beberapa aspek. Membahas sistem pendingin udaranya, dalam kondisi normal Isuzu Panther terasa lebih dingin ketimbang Mitsubishi Kuda diesel. 

Hal tersebut dikarenakan Isuzu Panther memiliki kompresor lebih besar yang digerakan oleh dua v-belt. Dengan hembusan AC yang lebih dingin, tentunya kabin akan lebih cepat sejuk hingga baris paling belakang. 

Mitsubishi Kuda, Lebih Murah Dan Tak Kalah Nyaman

Perbandingan Mitsubishi Kuda vs Isuzu Panther, Mana Mobil Diesel Bekas yang Paling Murah? 03

Kuda awalnya hadir dalam tiga varian, yaitu Super Exceed, GLX dan GLS. Selang tiga tahun kemudian, Kuda mendapatkan update tampilan serta penambahan varian yang lebih mewah yaitu Deluxe, Diamond dan Grandia. Harga pasaran bekas untuk Mitsubishi Kuda Diesel ini lebih murah dari Isuzu Panther di segmen mobil diesel, namun bukan berarti kalah telak dari sisi kenyamanan maupun perawatannya. 

Walaupun merek Mitsubishi terkenal dengan sparepart yang mahal, tak membuat Kuda sepi peminat. Sebab, Kuda varian diesel punya kelebihan pada sisi performa yang lebih 'ngacir' dan kabin nyaman. Untuk perjalanan jarak jauh seperti mudik ke kampung halaman pun cocok. 

Untuk pilihan mesin diesel, Mitsubishi Kuda ini paling bertenaga. Mesinnya memakai basis yang sama seperti Mitsubishi L300 tapi dengan tenaga yang sudah di-upgrade. Sebagai perbandingan, Mitsubishi Kuda punya tenaga sebesar 86 ps @4.200 rpm sedangkan L300 75ps.

Desain Kursi Ergonomis, Tapi Kabinnya Bising

Perbandingan Mitsubishi Kuda vs Isuzu Panther, Mana Mobil Diesel Bekas yang Paling Murah? 04

Mitsubishi merancang suspensi Kuda lebih empuk memalai jenis Independent Double Wishbone di bagian depan dan rigid axle/per daun di roda belakang. Kombinasi tersebut membuat ayunan mobil ini terasa cukup nyaman ketika melewati medan yang berbatu.

Tak seperti Panther yang jagokan suspensi dan kabin kedap yang dingin, maka Kuda punya nilai lebih pada desain kursi dengan kualitas busa yang nyaman. MPV ini cocok untuk kondisi jalan perkotaan di dataran rendah karena karakter putaran atas yang bertenaga. Kelemahannya dari sisi peredaman kabin dimana suara mesin masih terdengar mendengung dari kabin.
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil