window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan New Nissan Terra 2022 dengan Terra Pre-facelift di Indonesia, Model Baru Fiturnya Banyak?

Yongki Sanjaya · 26 Agu, 2021 16:00

Perbandingan New Nissan Terra 2022 dengan Terra Pre-facelift di Indonesia, Model Baru Fiturnya Banyak? 01

Nissan Terra jadi salah satu model SUV yang cukup sukses di pasar otomotif global dan regional. Hal ini mendasari Nissan untuk merilis facelift Terra di Thailand, yang juga jadi basis produksi di kawasan Asia Tenggara. New Nissan Terra 2022 konon hadir dengan banyak perubahan dibanding pre-facelift, apa saja itu?

Nissan Terra merupakan versi SUV dari Nissan Navara yang merupakan pickup double cabin andalan Nissan. Keduanya dibangun dengan platform sasis ladder frame yang desainnya yang tangguh dan praktis. Ini membuat Nissan Terra dapat diandalkan sebagai penggunaan sehari-hari dan juga buat yang ingin berpetualang.

Pada versi pre-facelift, Nissan merancang Terra dengan platform dari Navara, bahkan hingga ke aspek desain. Nissan Terra hadir mengusung desain dengan lekuk bagian muka dan kap depan gagah, yang secara tersirat mengadopsi gaya macho ala Navara.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun demikian, belum jelas apakah Nissan Terra facelift akan hadir ke Indonesia atau tidak. Ini karena fokus Nissan Motor Distributor Indonesia selaku agen pemegang merek yang kini lebih banyak menjual lini mobil listrik dan mobil compact. 

Namun, kita boleh berharap New Nissan Terra 2022 akan hadir di Indonesia mengingat model ini bisa jadi alternatif menarik di segmen medium SUV. Untuk itu, mari kita bandingkan seperti apa perubahan yang hadir pada New Nissan Terra 2022 ini. 

Perbandingan Desain New Nissan Terra 2022 dengan Terra Pre-facelift, Apa yang Berubah?

Perbandingan New Nissan Terra 2022 dengan Terra Pre-facelift di Indonesia, Model Baru Fiturnya Banyak? 01

Hadir sebagai SUV menengah atas, penampilan Terra pre-facelift cukup mewah dan maskulin melalui flared fender dengan lekukan lembut dan garis bodi yang dibuat cukup tegas melalui bagian handle door chrome yang elegan.

Melihat sosok Nissan Terra, tersuguh SUV macho dengan DNA tangguh khas Nissan dengan styling bongsor mirip Nissan Patrol. Desain depan Terra pre-facelift dapat kita kenali sebagai bahasa desain Nissan, melalui grill V-Motion dan lampu Adjustable Headlights berteknologi DRL beserta fog lamp yang berukuran kompak untuk menunjang kebutuhan cahaya di malam hari. Kemudian di bagian belakang, dilengkapi stoplamp modern LED yang desainnya mengikuti alur garis body dari sisi sampingnya. 

Perbandingan New Nissan Terra 2022 dengan Terra Pre-facelift di Indonesia, Model Baru Fiturnya Banyak? 02

Sementara itu ubahan yang dilakukan Nissan terhadap Terra 2022 dari generasi sebelumnya terbilang lumayan banyak. Nissan Terra 2022 memiliki bentuk yang lebih atraktif dan macho.

Pada wajahnya, Nissan Terra 2022 ini tetap menampilkan grill berkonsep V-Motion ikonik Nissan. Namun kini memiliki dimensi lebih besar dibanding versi pra-facelift. Sisi sampingnya juga terdapat lekuk garis-garis body tegas yang kian berotot. 

Pada lampu utamanya, New Terra memiliki bentuk yang dibuat lebih pipih dan menyudut. Sistem pencahayaan memakai teknologi Quad LED headlamp yang dikombinasikan LED daytime running light bermodelkan plasma.

Perbandingan New Nissan Terra 2022 dengan Terra Pre-facelift di Indonesia, Model Baru Fiturnya Banyak? 03

Pada bagian bumper bawahnya di depan dan belakang, telah mendapatkan under guard berkelir silver sebagai pelindung bumper. Sisi belakang Terra 20222 ini desainnya tak kalah tangguh, dengan desain rear lamp baru. 

Bagaimana dengan interior dan fitur didalamnya, apakah makin menarik? 

Interior New Nissan Terra 2022, Lebih Mature dan Elegan

Perbandingan New Nissan Terra 2022 dengan Terra Pre-facelift di Indonesia, Model Baru Fiturnya Banyak? 04

Pada edisi pre-facelift, Nissan berusaha menjadikan Terra sebagai SUV tangguh yang kastanya di bawah Nissan Patrol. Garis-garis tegas pada desain dashboard memberi kesan tangguh dan maskulin. Kini desainnya lebih elegan karena ingin menyasar segmen pengguna yang lebih luas. 

Nissan Terra 2022 hadir dengan tampilan dalam yang lebih segar dengan banyaknya tarikan garis horizontal. Desainnya tidak lagi rame seperti pre-facelift, dengan banyaknya tombol di panel instrumen sisi tengah sebagaimana versi awal. 

Fitur layar yang tersedia pada Terra pre-facelift cukup lengkap, seperti DVD Player, HDMI, Radio AM/FM, MP3, remote control dan sistem navigasi dengan adanya fitur konektivitas. AC-nya telah dilengkapi dengan Dual Zone Automatic Temperature yang membuat kesejukan yang baik bagi penumpangnya. 

Perbandingan New Nissan Terra 2022 dengan Terra Pre-facelift di Indonesia, Model Baru Fiturnya Banyak? 05

Desain dashboard New Nissan Terra 2022 lebih kalem dengan louver AC yang ramping, dan aksen merah maroon untuk mempercantik penampilan. Pada bagian lingkar kemudinya, Terra berhasil mengaplikasikan desain flat-bottom. 

Pada bagian center cluster, terdapat head unit layar sentuh 9 inci dengan Nissan Connect, Android Auto, dan Apple Carplay, Intelligent Rear View Mirror dan dukungan speaker BOSE yang memanjakan telinga. Sementara dari segi perangkat hiburan, mendapat tambahan roof monitor 11 inci dan wireless charger yang memudahkan pengisian daya ponsel masa kini.

Akses informasi kendaraan bisa dilihat melalui MID yang memiliki dimensi lebih besar, dengan ukuran 7 inci. Konsol tengah dengan tampilan terbaru kini terdapat beragam tombol pengaturan yang dibuat ergonomis dan rapi. 

Agak disayangkan kalau Terra belum memiliki sunroof seperti pada Pajero Sport. Apabila memiliki fitur tersebut, bukan tidak mungkin kalau Terra 2022 jadi SUV dengan fitur terlengkap. 

Fitur Keselamatan Dapat Beberapa Update, Terbukti Unggul Dikelasnya

Perbandingan New Nissan Terra 2022 dengan Terra Pre-facelift di Indonesia, Model Baru Fiturnya Banyak? 06

Nissan Terra 2022 dirancang sebagai mobil untuk dikendarai pada trek beraspal maupun medan off-road. Untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara, mobil ini diketahui telah mendapatkan fitur keselamatan terbaru. 

Fitur tersebut diantaranya; Around Intelligent View Monitor, Blind Spot Warning dan Lane Departure Warning, juga tersedia Intelligent Emergency Braking, Intelligent Foward Collision Warning, Intelligent Stability Control, Rear Cross Traffic Alert, Vehicle Dynamic Control, dan tak ketinggalan Intelligent Driver Alertness.

Untuk perangkat yang berguna saat dipakai di medan off road antara lain Hill Start Assist, Hill Descent Control, Traction Control, serta 6 buah airbags yang sudah ada sejak Terra pre-facelift. 

Mesin New Nissan Terra 2022, Seberapa Perkasa

Perbandingan New Nissan Terra 2022 dengan Terra Pre-facelift di Indonesia, Model Baru Fiturnya Banyak? 07

Thailand, Nissan Terra 2022 berhasil dibenamkan mesin diesel twin turbo dengan kode YS23DDTT 2.298 cc yang mampu memeras tenaga 192 PS @3.750 rpm serta torsi maksimum 450 Nm @1.500-2.500 rpm.

Kemudian untuk Filipina, Terra memperoleh mesin diesel YD25DDTi I4 2.5L yang dapat menghasilkan tenaga 190 PS @3.600 rpm dan torsi maksimal 450 Nm @2.000 rpm.

Sementara itu untuk Nissan Terra pre-facelift yang ada di Indonesia dibekali mesin diesel YD25 yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal 190 hp dan torsi puncak 450 Nm. Jadi, spesifikasinya banyak berubah bila mengikuti unit terbaru yang meluncur di Thailand dan tenaganya juga lebih baik.

Kesimpulan

Dengan berbagai ubahan tadi, kehadiran Nissan Terra 2022 di Indonesia sebenarnya layak kita nantikan. Spesifikasi dan fitur maupun desainnya dapat memberi alternatif menarik dari Toyota Fortuner yang sama-sama jadi SUV non sunroof.

Hanya saja, Nissan Motor Distributor Indonesia mungkin masih melihat seberapa besar permintaan SUV medium ini di Indonesia. Apabila atensinya tinggi, maka kita berkesempatan memiliki SUV Nissan yang terkenal tangguh dan canggih. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Nissan Terra Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil