window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Pengalaman Berkendara Honda City dan Toyota Vios

Anissa · 20 Jun, 2020 08:00

Perbandingan Pengalaman Berkendara Honda City dan Toyota Vios 01

Pengalaman berkendara merupakan salah satu aspek yang paling penting dari sebuah mobil. Seluruh waktu pengemudi akan dihabiskan di dalam mobil ketika berkendara, sehingga pengendara harus dibuat senyaman mungkin.

Soal pengalaman berkendara, mobil Honda City 2020 disebut-sebut sebagai salah satu mobil sedan yang bisa memberikan pengalaman berkendara yang cukup baik. Tetapi kali ini kita akan membandingkan pengalaman berkendara mobil Honda City dengan salah satu pesaingnya, yakni Toyota Vios. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

Pengalaman Berkendara Honda City

Spesifikasi Mesin Honda City

Konfigurasi Mesin

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

4 silinder (L15Z1)

Kapasitas Mesin

1.497 cc

Konfigurasi Transmisi

Automatic CVT with Earth Dreams Technology

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Performa Mesin Honda City

Power Output

120 PS @ 6.600 rpm

Torsi

145 Nm @ 4.500 rpm

Pengendaraan yang baik tentu berawal dari mesin yang baik. Honda City 2020 generasi terbaru sendiri menggunakan mesin i-VTEC yang bertenaga dan memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 120 PS pada putaran 6.600 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Performa Honda City didukung oleh transmisi CVT yang diklaim efektif untuk mengurangi emisi sehingga mobil menjadi lebih ramah lingkungan. Selain itu, teknologi mesin i-VTEC ini juga membuat Honda City lebih hemat bahan bakar.

Perbandingan Pengalaman Berkendara Honda City dan Toyota Vios 01

Mobil Honda City 2020 memiliki kontrol akselerasi yang cukup baik berkat adanya sistem transmisi CVT yang dipadukan dengan teknologi Earth Dream Technology dan teknologi i-VTEC. Banyak orang yang tidak tahu kalau mobil Honda City ini memiliki kemampuan akselerasi yang cukup baik. Mobil ini mampu berlari hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 10,5 detik saja. Kecepatan maksimalnya sendiri mencapai 190 km/jam.

Selain memiliki ruang kabin yang nyaman dan fitur hiburan yang mumpuni, mobil Honda City 2020 juga dilengkapi dengan berbagai fitur demi menghadirkan pengalaman berkendara yang baik. Salah satunya adalah fitur Cruise Control. Fitur ini memudahkan pengemudi untuk mengatur dan menjaga kecepatan mobil tanpa harus menginjak pedal gas dan biasanya digunakan pada jalan bebas hambatan. Tombol Cruise Control ini juga mudah diakses karena terdapat di bagian kanan setir.

Honda City 2020 dibangun dengan rangka bodi G-CON + ACE TM yang kokoh dan mampu melindungi penumpang di dalamnya saat terjadi benturan. Karena itu, pengendara maupun penumpang bisa merasa aman berkendara dengan mobil ini. Selain itu, ada pula beberapa fitur keselamatan yang disematkan. Misalnya seperti Vehicle Stability Control (VSC) yang memungkinkan mobil tetap di jalurnya saat bermanuver dengan kecepatan tinggi.

Perbandingan Pengalaman Berkendara Honda City dan Toyota Vios 02

Ada pula beberapa fitur standar yang mendukung keamanan dan kelancaran berkendara, seperti fitur pengereman ABS, EBD, BA, serta Dual SRS Airbags di barisan depan. Untuk menjamin kenyamanan penumpang anak-anak, tersedia pula pengaturan kursi ISOFIX dan Tether.

Pengalaman Berkendara Toyota Vios

Spesifikasi Mesin Toyota Vios

Konfigurasi Mesin

2NR-FE,DOHC,Dual VVTi 4 silinder

Kapasitas Mesin

1.496 cc

Konfigurasi Transmisi

Manual 5 Percepatan/Otomatis 7 Percepatan

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Performa Mesin Toyta Vios

Power Output

108 PS @ 6.000 rpm

Torsi

141 Nm @ 4.200 rpm

Pada generasi barunya pun, Toyota All New Limo Vios masih menggunakan mesin yang sama. Mobil sedan yang satu ini menggunakan mesin 2NR-FE yang juga digunakan pada Toyota Sienta. Mesin 4-silinder 1.496 cc dengan teknologi Dual VVT-i yang dimilikinya ini bisa menghasilkan keluaran tenaga sebesar 108 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi mencapai 141 Nm pada putaran 4.200 rpm. Sedangkan untuk sistem transmisinya sendiri telah menggunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 7 percepatan.

Mobil Toyota sedan Vios tersedia dalam 3 varian. Harga Toyota All New Limo Vios terbaru berkisar dari Rp 322 juta hingga Rp 344 jutaan. Ini merupakan harga Vios di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga Toyota Vios 2019.

Perbandingan Pengalaman Berkendara Honda City dan Toyota Vios 03

Meskipun belum bisa mengungguli Honda City 2020 dalam hal performa, tetapi nyatanya kemampuan akselerasi dari Toyota sedan Vios bisa dibilang cukup baik. Mobil sedan ini bisa melaju dari keadaan statis hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 12 detik. Sedangkan untuk kecepatan maksimalnya sendiri, mobil ini bisa menyentuh angka 175 km/jam.

Demi memberikan pengalaman berkendara yang terasa lebih aman dan nyaman, Toyota Vios tidak hanya dilengkapi dengan fitur hiburan, tetapi juga fitur keselamatan yang semakin lengkap pada generasi terbarunya. Generasi terbaru Toyota sedan Vios dilengkapi dengan 7 buah Airbag, masing-masing SRS Driver Passenger, SRS Side Airbags, SRS Curtain Shield Airbags (CSA), dan SRS Knee Airbags. Selain itu, pada mobil Toyota Vios juga disematkan 3 point seatbelt di semua kursi penumpangnya untuk menjamin keamanannya.

Kehadiran beberapa fitur lainnya juga mendukung kelancaran dan keamanan berkendara. Beberapa fitur tersebut antara lain Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Brake Signal (EBS). Fitur pengereman ABS, EBD, dan BA juga telah disematkan pada mobil ini sebagai fitur standar.

Perbandingan Pengalaman Berkendara Honda City dan Toyota Vios 04

Tidak hanya itu, untuk menambah fleksibilitas pengendaraan, Toyota Vios juga menyediakan fitur Eco/Sport Drive Mode yang bisa dipilih oleh pengemudi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Tetapi sayang, fitur mode pengendaraan yang satu ini baru tersedia untuk varian G CVT saja.

Kesimpulan

Jika kita bandingkan pengalaman berkendara yang dimiliki oleh Toyota Vios dan Honda City 2020, sebenarnya dilihat dari aspek tenaga dan torsi yang dihasilkan, Honda City jelas lebih unggul. Namun jika kita lihat dari aspek kelengkapan fitur kenyamanan dan keselamatan yang bisa menunjang pengalaman berkendara menjadi lebih baik, mobil Toyota sedan Toyota Vios lebih unggul dibandingkan dengan Honda City 2020.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda City Sedan 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil