window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Spesifikasi Toyota Camry dan Honda Accord, Mana Yang Lebih Unggul?

Anissa · 27 Jul, 2020 20:00

Perbandingan Spesifikasi Toyota Camry dan Honda Accord, Mana Yang Lebih Unggul? 01

Mobil Toyota Camry adalah model mobil sedan high-end besutan Toyota. Telah ada di dunia otomotif sejak tahun 1982 silam, mobil ini memiliki pasar utama di Amerika dan Australia, juga sempat menjadi mobil terlaris di Amerika pada tahun 1997-2000, serta pada tahun 2002 hingga saat ini.

Mobil Toyota Camry tersedia dalam 3 varian,yakni mobil Toyota Camry 2.5 V A/T, Toyota Camry 2.5 G A/T, dan Toyota Camry Hybrid A/T. Harga Toyota Camry berkisar dari Rp 642 juta, Rp 675 juta hingga Rp 842 jutaan. Ini merupakan harga Camry 2020. Kepopularitas mobil Toyota Camry sangat tinggi, saat ini masih banyak juga yang mengincar mobil Toyota Camry bekas. Harga Camry bekas bervarian dan tergantung dengan kondisi dari mobil tersebut.

Di Indonesia sendiri, Toyota Camry pertama kali hadir pada tahun 1998 sebagai penerus dari mobil Toyota Corona Absolute yang berhenti produksi. Mengisi segmen sedan premium, Toyota Camry harus menghadapi banyak saingan, dan salah satunya ialah mobil Honda Accord.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Honda Accord hanya tersedia dalam 1 varian. Harga mobil Honda Accord dibanderol dengan biaya sebesar Rp 734 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Accord di tahun 2020.

Mobil sedan Honda Accord disebut-sebut sebagai saingan utama dari Toyota Camry karena memiliki dimensi bodi yang tidak jauh berbeda. Selain itu, performa yang dihasilkan oleh kedua model mobil sedan premium ini juga hanya memiliki selisih tipis. Untuk melihat mobil mana yang lebih baik, kali ini kita akan membandingkan spesifikasi dari Toyota Camry dan Honda Accord.

Dimensi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dimensi bodi mobil Toyota Camry dan Honda Accord tidak jauh berbeda. Tetapi untuk lebih jelasnya, mari kita lihat rincian dimensinya pada tabel berikut.

Model Toyota Camry Honda Accord
Panjang 4.885 mm 4.894 mm
Lebar 1.840 mm 1.862 mm
Tinggi 1.445 mm 1.450 mm
Wheelbase 2.825 mm 2.830 mm

Mesin dan Performa

Di Indonesia, mobil Toyota Camry dipasarkan dalam tiga varian berbeda, yaitu Toyota Camry 2.5 G A/T, Toyota Camry 2.5 V A/T, dan juga Toyota Camry Hybrid 2.5 A/T. Sedangkan mobil sedan Accord hanya memiliki satu varian saja, yakni Honda New Accord CVT.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Camry dan Honda Accord, Mana Yang Lebih Unggul? 01

Kedua model mobil ini memiliki kapasitas mesin yang cukup jauh berbeda. Mobil Toyota Camry menggendong mesin dengan kapasitas 2,5 liter, sementara mobil Honda Accord dibekali dengan mesin berkapasitas 1,5 liter. Kendati demikian, performa yang dihasilkan ternyata hanya berbeda tipis. Agar lebih jelas, mari kita lihat tabel berikut ini.

Model Toyota Camry Honda Accord
Mesin 2AR-FE, 4 silinder segaris 4 silinder segaris, 16 katup VTEC Turbo + DBW
Transmisi Transmisi Otomatis 6 Percepatan Sequential Transmisi Otomatis CVT with Earth Dream Technology
Kapasitas Mesin 2,5 liter (2.494 cc) 1,5 liter (1.498 cc)
Power Output 180 HP @ 6.000 rpm 187 HP @ 5.500 rpm
Torsi 234 Nm @ 4.100 rpm 260 Nm @ 1.600-5.000 rpm
Sistem Penggerak Front Wheel Drive Front Wheel Drive

Jika dilihat dari keluaran tenaganya dan torsinya, Honda Accord jelas mengungguli Toyota Camry, meskipun perbedaan performa dari kedua model mobil ini tidak terlalu jauh. Selain itu, penggunaan transmisi CVT with Earth Dream Technology juga merupakan keunggulan dari Honda Accord, karena transmisi ini disebut bisa memaksimalkan performa kendaraan.

Fitur

Sebagai sebuah mobil sedan premium, baik Toyota Camry maupun Honda New Accord, tentu saja memiliki berbagai fitur canggih yang mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara. Kedua model mobil ini memiliki beberapa fitur keselamatan aktif dan pasif, serta fitur pendukung hiburan.

Fitur keselamatan aktif Toyota Camry antara lain Anti lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, sensor parkir, Rearview Camera, dan Vehicle Stability Control System. Sementara untuk keselamatan pasifnya, Toyota Camry memiliki Dual Front SRS Airbags, Front Side Airbags, Curtain Airbags, dan Knee Airbags. Tidak hanya itu, pada mobil ini juga disematkan Child Safety Locks dan ISOFIX untuk menjamin keamanan penumpang anak-anak.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Camry dan Honda Accord, Mana Yang Lebih Unggul? 02

Sekarang kita beralih pada fitur keselamatan mobil sedan Honda Accord. Mobil sedan yang satu ini memiliki seluruh fitur keselamatan aktif yang dimiliki oleh Toyota Camry. Bedanya, pada Honda Accord terdapat fitur Hill Start Assist.

Untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil sedan Accord juga memiliki fitur yang hampir sama dengan Toyota Camry. Beberapa fitur tersebut antara lain Dual Front i-SRS Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbags, Child Safety Locks, serta ISOFIX.

Sebagai fitur hiburan dan konektivitas, Toyota Camry mengandalkan Integrated multimedia touch screen berukuran 9 inci. Sedangkan mobil sedan Honda Accord memiliki Advanced Capacitive Touchscreen Display berukuran 8 inci. Selain itu, disematkan pula sistem navigasi pada mobil ini.

Harga

Meskipun mengisi segmen yang sama, tetapi ternyata Toyota Camry memiliki banderol harga yang cukup jauh perbedaannya dengan mobil Honda Accord. Toyota Camry dibanderol dengan kisaran harga Rp641,85 juta hingga Rp675,15 juta. Sementara itu, mobil Honda Accord dibanderol dengan harga yang jauh lebih tinggi, yaitu Rp729,6 juta.

Kesimpulan

Mobil Honda Accord dan Toyota Camry tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal dimensi bodinya. Meskipun mesin yang digendong Toyota Camry berkubikasi lebih besar, tetapi Honda Accord jelas unggul dari sisi performanya. Selain itu, mobil sedan Honda New Accord juga memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan Toyota Camry.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Camry dan Honda Accord, Mana Yang Lebih Unggul? 03

Kendati demikian, jika kita melihat dari sisi harganya, harga mobil Honda Accord tentu saja terlampau mahal. Dengan dimensi, performa, serta fitur yang tidak terlalu jauh berbeda dengan mobil sedan Honda New Accord, harga jual Toyota Camry jauh lebih murah. Karena itulah, membeli mobil Toyota Camry tentu akan lebih menguntungkan.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Camry 2.5 G

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil