window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, Dua Mobil Masa Depan

Franky · 13 Sep, 2020 19:00

Perbandingan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, Dua Mobil Masa Depan 01

Perbandingan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, Dua Mobil Masa Depan 02

Yang sedang tren belum lama ini adalah kehadiran dua mobil punggawa yakni Toyota Corolla Cross Hybrid dan Nissan Kicks e-Power. Keduanya memang sudah lama ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Di kesempatan kali ini, akan dibahas lebih lanjut tentang perbandingan spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power.

Toyota Corolla Cross Hybrid tampil dengan memboyong teknologi Advance dalam balutan bodi Sport Utility Vehicle (SUV). Sosoknya secara resmi, meluncur pada tanggal 6 Agustus 2020. Menawarkan dua tipe unggulan yakni Toyota Corolla Cross versi bensin serta Hybrid.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Di kubu yang berbeda, Nissan juga seakan tak mau kalah dengan menghadirkan model terbarunya yakni Nissan Kicks e-Power. Peluncuran resminya dilakukan pada tanggal 2 September 2020. Performa mesinnya pun tak main-main, didukung sistem elektrifikasi, mobil listrik tanpa Charges.

Sebelum membahas tentang kelebihan keduanya, akan dilampirkan perbandingan harga Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power.

PERBANDINGAN HARGA TOYOTA COROLLA CROSS HYBRID VS NISSAN KICKS E-POWER
MODEL HARGA
Toyota Corolla Cross Hybrid Rp. 497,8 jutaan
Nissan Kicks e-Power Rp. 449 jutaan

Perbandingan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power

Karena keduanya bergerak dalam aspek elektrik, tak heran, banyak orang pula juga membandingkan segala hal detail tentangnya. Berikut kita simak bersama tentang perbandingan spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power.

PERBANDINGAN SPESIFIKASI TOYOTA COROLLA CROSS VS NISSAN KICKS E-POWER
KATEGORI TOYOTA COROLLA CROSS HYBRID NISSAN KICKS E-POWER
DIMENSI BODI
Panjang x Lebar x Tinggi 4.460 mm x 1.825 mm x 1.620 mm 4.305 mm x 1.760 mm x 1.615 mm
Wheelbase 2.640 mm 2.620 mm
MESIN
Tipe Mesin 1.8 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC Chain Drive dengan VVT-i 1.2 Liter HR12 3 Silinder Segaris
Kapasitas Silinder 1.798 cc 1.198 cc
Daya Maksimum 98 PS / 5.200 Rpm 129 PS / 4.000 - 8.992 Rpm
Torsi Maksimum 14.5 Kg.m / 3.600 Rpm 260 Nm / 500 - 3.008 Rpm
Sistem Transmisi CVT e-Transmission
KAKI-KAKI
Suspensi Depan McPherson Strut McPherson Strut, Coil Springs
Suspensi Belakang Torsion Beam Torsion Beam, Coil Springs
Rem Depan 16” Ventilated Disc Brake Ventilated Disc
Rem Belakang 16” Disc Disc
Ukuran Ban 225/50 R18 Alloy 205/55 R17

Perbandingan Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power: Desain Eksterior

SUV 5-Seater seperti Toyota Corolla Cross punya tampilan mengesankan, memadukan kesan futuristik dan ketangguhan ala SUV. Pada sisi lampu depan juga sudah dibenamkan Bold Front Grille Design dipadu Sharp Headlamp lengkap dengan Beaming LED Foglamp. Sekilas melihat keseluruhan bodinya, Toyota Corolla Cross menonjolkan kesan elegan, Premium dan cocok jadi kendaraan ala perkotaan.

Beda ceritanya jika melihat tampilan dari Nissan Kicks e-Power, sosoknya lebih memprioritaskan tema futuristik. Tak heran, hal ini memang sengaja dirancang untuk menyampaikan performa mesin elektrifikasinya. Di sisi lain, eksteriornya sudah dilengkapi dengan LED Headlamp, LED Signature Light, lampu DRL, Fog Lamp, Roof Rail dan Rear Combination LED.

Perbandingan Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power: Kelegaan Interior

Dari dimensi bodinya, Toyota Corolla Cross punya perawakan yang lebih besar dibanding kompetitornya. Seperti halnya dalam aspek Wheelbase, memiliki dimensi 2.640 mm. Hal ini tentu saja berdampak kepada suasana interior Toyota Corolla Cross Hybrid, yang tampil cukup lega.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, Dua Mobil Masa Depan 01

Interior Toyota Corolla Cross Hybrid punya banyak fitur mumpuni

Sedangkan pada kubu Nissan Kicks e-Power, dimensi Wheelbase berada di angka 2.620 mm, selisih lebih kecil 20 mm dibanding Toyota Corolla Cross. Meski kalah soal kelegaan, tapi mobil besutan Nissan satu ini masih tampil nyaman untuk membawa 5 orang sekaligus. Hampir tidak ada keluhan yang berarti soal kelegaan.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, Dua Mobil Masa Depan 02

Tampilan mewah dari interior Nissan Kicks e-Power

Perbandingan Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power: Performa Mesin

Bagaimana cara kerja mesin Hybrid pada Toyota Corolla Cross? Perlu diketahui, mobil Toyota paling anyar ini menggabungkan dua kinerja mesin yakni Internal Combustion dan motor listrik. Motor listriknya mendapat suplai tenaga listrik dari baterai berkapasitas [Amr(hr)] 6.5 (3). Selama prosesnya, sistem bernama Toyota Hybrid Synergy Drive ini mampu beroperasi secara paralel maupun individual.

Toyota Corolla Cross menyediakan tiga mode berkendara yakni Electric Vehicle (EV), NORMAL dan POWER. Pada mode EV, Toyota Corolla Cross akan melaju menggunakan tenaga listrik dengan posisi mesin Internal Combustion tidak aktif. Namun, jika baterai habis maka sistem akan mengaktifkan secara otomatis tenaga dari mesin mobil dan masuk ke mode NORMAL. Sementara pada mode POWER, mesin Internal Combustion serta motor listrik akan sepenuhnya bekerja secara bersamaan.

Di halaman resminya, Toyota Corolla Cross Hybrid 1.8 L mampu mencapai daya maksimum 98 PS setara 5.200 Rpm. Dipadukan dengan transmisi CVT, performa mesinnya pun mampu memberikan torsi sebesar 14.5 Kg.m pada putaran 3.600 Rpm. Catatan tenaga tersebut tergolong lumayan untuk sebuah SUV Hybrid seperti Toyota Corolla Cross.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, Dua Mobil Masa Depan 03

Toyota Corolla Cross Hybrid menggunakan rangka bodi TNGA

Beda ceritanya dengan Nissan Kicks e-Power, menggabungkan mesin konvensional 3 silinder 1.200 cc dan motor listrik EM57 bertipe AC3 Synchronous Motor. Mesin utama tersebut akan menjadi generator, mengisi daya listrik ke baterai Lithium-Ion 1,57 kWh dan selebihnya roda akan digerakkan oleh motor listrik.

Mesin utama hanya menjadi Genset dan sepenuhnya mengandalkan performa motor listrik. Meski begitu, performanya mampu mencapai 125 PS di kisaran 4.000 Rpm hingga 8.992 Rpm. Tak kalah menarik, torsi mesinnya pun mampu mencapai 260 Nm pada putaran 500 Rpm hingga 3.008 Rpm.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, Dua Mobil Masa Depan 04

Nissan E-Kicks Power menggunakan mesin utama yang menjadi Genset, menyuplai daya ke motor listriknya

Perbandingan Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power: Kelebihan Fitur

Untuk kelengkapan fitur Toyota Corolla Cross, disematkan berbagai hal menarik untuk menunjang kenyamanan selama berkendara. Salah satunya adalah Multi-Purpose Head Unit berukuran 9 inci, Dual Zone Auto Function, Electric Power Seat, Power Moonroof dan Detailed MID Combi Meter. Sedangkan untuk urusan keselamatan, Toyota Corolla Cross menawarkan tiga hal utama yakni Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC) dan Emergency Brake Signal (EBS).

Perbandingan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, Dua Mobil Masa Depan 05

Toyota Corolla Cross menghadirkan Power Moonroof

Perlu diakui, Nissan Kicks e-Power punya kelebihan soal fitur ketimbang Toyota Corolla Cross. Bayangkan saja, teknologi sekelas Nissan Intelligent Mobility (NIM) sudah disematkan pada mobil canggih ini. Terdapat beberapa rangkaian fitur keselamatan seperti Intelligent Emergency Braking, Intelligent Forward Collision Warning, Intelligent Cruise Control, Blind Spot Warning, Rear Cross Traffic Alert dan Around View Monitor. Hadirnya fitur-fitur tersebut dirasa sudah sangat mampu menjamin keselamatan Anda dan seluruh penumpang.

Sedangkan untuk fitur hiburan Nissan Kicks e-Power, tersedia beberapa kelengkapan menarik seperti Auto Cooler AC, TFT Multi Information Display (MID) dan Touchscreen Multimedia Display berukuran 8 inci dan hal lainnya. Meski banyak kelebihannya, tapi ada hal yang masih terbilang kalah dari Toyota Corolla Cross, seperti absennya Power Moonroof dan Power Seat.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, Dua Mobil Masa Depan 06

Fitur NIM menjadi senjata andalan dari Nissan Kicks e-Power

Kesimpulan

Perbandingan Toyota Corolla Cross Hybrid Vs Nissan Kicks e-Power, nyatanya bersaing cukup sengit. Keduanya menawarkan esensi futuristik dari performa mesinnya. Toyota Corolla Cross Hybrid menggabungkan performa mesin utama dan motor listrik, sedangkan Nissan Kicks e-Power menjadikan mesin utama sebagai genset penyedia daya untuk motor listriknya. Ya, laju pergerakan Nissan digerakkan langsung oleh motor listrik.

Jika ditanya soal mana yang terbaik, keduanya punya ciri khas masing-masing. Tapi perlu diketahui bahwa daya yang dihasilkan oleh Nissan Kicks jauh lebih tinggi ketimbang Toyota Corolla Cross Hybrid. Tak hanya itu, soal fitur keselamatan, Nissan Kicks e-Power masih unggul berkat teknologi NIM terbaru. Belum lagi, soal harganya yang dibanderol lebih terjangkau.

Di sisi lain, Toyota Corolla Cross Hybrid masih unggul soal fitur kenyamanan, menawarkan dua hal utama seperti Power Seat serta Power Moonroof pada sisi atapnya. Hal ini, tentu akan memberikan kesan lebih elegan serta Premium bagi seluruh penumpang. Lantas, manakah yang terbaik menurut Anda?

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil