window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Spesifikasi: Toyota Fortuner 2.8 Cuma Menang Tenaga, Mitsubishi Pajero Sport Fiturnya Lebih Jumawa

Yongki Sanjaya · 4 Jan, 2022 18:00

Perbandingan Spesifikasi: Toyota Fortuner 2.8 Cuma Menang Tenaga, Mitsubishi Pajero Sport Fiturnya Lebih Jumawa 01

Kabar soal peluncuran Toyota Fortuner bermesin 2.800 cc kian santer berhembus. Bahkan, versi digital dari brosur SUV ladder frame tersebut sudah beredar luas di jagat maya. Bila kita melakukan perbandingan spesifikasi dengan kompetitornya, Toyota Fortuner 2.8 ini unggul dari segi tenaga.

Jelas saja, mesin 1GD dengan turbo ini 'nggak ada obatnya', dan sulit disaingi oleh produk sejenis dari merek lain. Artinya, tenaga Pajero Sport, atau Nissan Terra masih kalah perkasa. Untuk berkendara di jalanan aspal antar kota pun terasa nikmatnya.

Tapi, apakah dalam memilih mobil cuma cari tenaga besar doang? Bagaimana dengan fitur pendukung lainnya? Nah, dalam kesempatan ini kami coba beri perbandingan antara Toyota Fortuner 2.8 dengan Mitsubishi Pajero Sport.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Fitur Toyota Fortuner 2.8, Cuma Lengkap di Tipe 4X4

Perbandingan Spesifikasi: Toyota Fortuner 2.8 Cuma Menang Tenaga, Mitsubishi Pajero Sport Fiturnya Lebih Jumawa 01

Toyota Fortuner 2.8 bakal ditawarkan dalam tiga varian, yakni; VRZ 4x2, GR 4x2 dan GR 4x4, dimana seluruhnya bermesin diesel. Berdasarkan informasi yang kami terima, hanya GR 4X4 saja yang dapat fitur terlengkap.

Fitur standar di varian 2.8 berupa sistem infotainment berupa head unit 9 inci yang telah mengadopsi teknologi Miracast, Smart Phone Connection dan voice command. Oh iya, head unit yang dipakai juga mendukung fitur NFC E-Toll Card Checking.

Fitur lainnya yang hadir di varian ini berupa New 4.2 Inch Meter Cluster Design, dilengkapi beberapa improvement seperti New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display.

Perbandingan Spesifikasi: Toyota Fortuner 2.8 Cuma Menang Tenaga, Mitsubishi Pajero Sport Fiturnya Lebih Jumawa 02

Di sisi lain terdapat tilt & telescopic, Auto AC with dual zone MID, engine start/stop button, rear seat entertainment with illumination, dan surround monitor. Tak hanya itu, kalian juga dapat menemukan Variable Fluid Control (VFC) pada power steeringnya untuk memudahkan pengguna mengendalikan kendaraan ketika melaju di kecepatan tinggi.

PT Toyota Astra Motor juga menyematkan fitur berupa drive mode system (Eco, Normal, Power Mode). Terkesan mewah, pengaturan jok eletrik di semua Fortuner 2.8 khusus untuk pengemudi dan penumpang depan.

Fitur Keselamatan di Toyota Fortuner 2.8 Tak Istimewa

Perbandingan Spesifikasi: Toyota Fortuner 2.8 Cuma Menang Tenaga, Mitsubishi Pajero Sport Fiturnya Lebih Jumawa 03

Harapan untuk memiliki Fortuner dengan TSS dipastikan sirna, karena PT TAM tidak membawa versi canggih itu ke Indonesia. Toyota Fortuner 2.8 didukung ABS + EBD, dual airbags + knee airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), BA (Brake Assist) serta Automatic Traction Control (A-TRC). 

Adapun fitur pendukung lainnya berupa emergency stop signal, ELR shoulder adjust with pre-tensioner and load limiter, child proof rear door locks, side door impact beams, dan engine immobilizer juga telah tersedia.

Khusus tipe GR Sport 4x4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, 7 airbag (dual + knee + side + curtain shield airbag), dan terakhir Downhill Assist Control (DAC).

Mesin Toyota Fortuner Tenaganya Juara

Perbandingan Spesifikasi: Toyota Fortuner 2.8 Cuma Menang Tenaga, Mitsubishi Pajero Sport Fiturnya Lebih Jumawa 04

Sebagai varian termahal, Toyota Fortuner 2.8 dibekali mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc 4-silinder segaris, 16 valve DOHC dengan VN Turbo Intercooler. Secara data di atas kertas, mesin tersebut mampu memproduksi tenaga hingga 277 PS @3.400 rpm serta torsi puncak sebesar 500 Nm @1.600 hingga 2.800 rpm.

Untuk semua tipe Fortuner 2.8 dikawinkan dengan transmisi otomatis otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic, dimana perpindahan giginya bisa di atur menggunakan paddle shift. Sebagai informasi tambahan, tipe 2.8 GR Sport 4x4 dipadukan transfer case dengan mode pengaturan H2, H4 dan L4 model putar.

Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport, Kalah Tenaga Fiturnya Jumawa

Perbandingan Spesifikasi: Toyota Fortuner 2.8 Cuma Menang Tenaga, Mitsubishi Pajero Sport Fiturnya Lebih Jumawa 05

Rival sepadan yang siap 'jabanin' Toyota Fortuner 2.8 hadir dari kubu tiga berlian. Ya, Mitsubishi Pajero Sport tetap jadi SUV ladder frame yang fiturnya paling komplit. Mulai dari fitur kenyamanan seperti panoramic sunroof hingga fitur ADAS seperti Adaptive Cruise Control telah tersedia.

Meluncur di awal 2021 lalu, New Mitsubishi Pajero Sport hadir dengan beberapa upgrade dari sisi kelengkapan dan teknologi pada fiturnya. New Pajero Sport sudah memakai 8 inch color LCD untuk panel instrumen. Kita bisa mengubah tampilan indikator speedometer dan yang lainnya dengan memencet tombol pada setir. 

Perbandingan Spesifikasi: Toyota Fortuner 2.8 Cuma Menang Tenaga, Mitsubishi Pajero Sport Fiturnya Lebih Jumawa 06

Fitur hiburan didukung New Head Unit 8” dengan Smartphone-Link Display Audio (SDA). Fitur lainnya yang terdapat pada New Pajero Sport yaitu, Multi Around View Monitor, New Design Dual Zone Climate Control AC, New Auto Dimming Rear-view Mirror, New Hand Free Steering Switch, New Floor Console, dan New AC Power Outlet. 

Salah satu fitur menarik adalah pintu bagasi telah disematkan dengan teknologi power liftgate, dimana pengguna dapat membuka tutup pintu secara otomatis hanya dengan mengarahkan kaki ke kick sensor. 

Fitur Keselamatan Canggih dan Lengkap di SUV Ladder Frame

Perbandingan Spesifikasi: Toyota Fortuner 2.8 Cuma Menang Tenaga, Mitsubishi Pajero Sport Fiturnya Lebih Jumawa 07

New Pajero Sport juga dilengkapi dengan fitur Adaptive Cruise Control, terbaik dikelasnya. Remote Control Connected with smartphone, Super Select 4WD-II, mode off-road, dan Paddle Shifters. 

Fitur lain yang dibanggakan yaitu adanya RCTA atau Rear Cross Traffic Alert yang berupa sensor radar di bumper belakang akan menampilkan peringatan di multi-information display disertai dengan indikator berkedip di kedua spion dan bunyi buzzer, jika mendeteksi kendaraan lain saat gigi mundur aktif.

Kemudian ada Forward Collision Mitigation System (FCM) yang membantu mencegah benturan depan dan meminimalisir dampaknya jika benturan tak dapat dihindari. Fitur ini mendeteksi kendaraan lain dan pejalan kaki melalui kamera dan radar laser dan secara otomatis akan melakukan pengereman bila terdeteksi akan terjadi tabrakan. 

 Terakhir ada Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS) dimana sistem akan menyalakan suara serta menampilkan peringatan saat sensor depan atau belakang mendeteksi objek yang menghalangi jalur saat parkir dan mengontrol tenaga mesin untuk mencegah mobil melaju mendadak tanpa disengaja. 

Mesin New Pajero Sport Masih Sama

Perbandingan Spesifikasi: Toyota Fortuner 2.8 Cuma Menang Tenaga, Mitsubishi Pajero Sport Fiturnya Lebih Jumawa 08

New Pajero Sport dibekali mesin disel 4N15 2.4L VGT-Intercooler, yang menghasilkan output maksimum 181 PS pada 3.500 rpm, torsi 429,5 Nm pada 2.500 RPM. Ditunjang oleh transmisi otomatis 8 kecepatan dengan sport sequential.

Walau pakai mesin dengan turbo intercooler, tapi outputnya biasa saja. Inilah mungkin yang jadi salah satu dari sedikit kelemahan yang ada pada sosok Mitsubishi Pajero Sport, dimana tenaga dan torsinya bersahaja.

Kesimpulan 

Membandingkan kedua sosok SUV ladder frame ini memperlihatkan suatu hal kontras yang coba ditunjukkan masing-masing. Fortuner ingin terlihat sebagai SUV yang tenaganya begitu perkasa walau fiturnya biasa saja. 

Sebaliknya, Mitsubishi Pajero Sport ingin seperti sebuah paket lengkap SUV ladder frame. Tak melulu punya power besar tapi juga memiliki fitur yang memanjakan dan melindungi pengendara. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil