Perbandingan Spesifikasi Toyota Voxy vs Nissan Serena, Duel MPV Mewah

Yongki Sanjaya · 15 Jul, 2020 11:00

Perbandingan Spesifikasi Toyota Voxy vs Nissan Serena, Duel MPV Mewah 01

Toyota Voxy pertama kali dihadirkan secara resmi di Indonesia di ajang GIIAS 2017. Voxy diluncurkan sebagai kendaraan di segmen High MPV untuk mobil keluarga. Desainnya yang boxy tentu membuat kabin Voxy cukup lega untuk tujuh penumpang.

Toyota Voxy hanya tersedia dalam 1 varian aja dengan nama Toyota Voxy CVT. Toyota Voxy harganya berkisar Rp 501,8 jutaan. Ini merupakan harga Toyota Voxy 2020 yang tidak beda jauh dengan harga Toyota Voxy 2019.

Untuk segmen MPV boxy, Toyota Voxy harus menghadapi sosok Nissan Serena yang sempat menjadi model terlaris. Generasi pendahulu Voxy yaitu Nav1 harus bertekuk lutut kalah laris dengan Serena yang jauh lebih diminati. Sekarang, apakah Voxy bisa membalikkan keadaan?

Untuk itu, kita harus mengulas spesifikasi dari tiap model dan fitur apa yang menjadi selling point utama. Pertama, kita bahas terlebih dahulu Toyota Voxy yang merupakan wajah baru.

Spesifikasi Toyota Voxy, Tonjolkan Desain Mewah Ala Alphard

Perbandingan Spesifikasi Toyota Voxy vs Nissan Serena, Duel MPV Mewah 02

Tidak berlebihan bila kita menyebut Voxy sebagai baby Alphard, karena ada beberapa kesamaan desain pada Voxy. Desain Majestic Square pada lampu depan, membuat tampilan All New Voxy terlihat mempesona dan harmoni.

Minibus ini juga dilengkapi LED Clearance Lamp yang terpisah dengan lampu utama, serta Foglamp yang juga menggunakan teknologi LED dengan desain yang juga mirip seperti pada Alphard dan Vellfire. Konsep Cutting Edge pada bagian depan, menonjolkan karakter All New Voxy yang modern dan canggih.

Interior Premium ala Toyota Voxy

Perbandingan Spesifikasi Toyota Voxy vs Nissan Serena, Duel MPV Mewah 03

Kemudian pada interiornya, bangku penumpang di baris kedua didesain dengan model captain seat berbahan kulit. Ini membuat kabin Voxy kian premium dan mewah seperti Alphard. Sementara itu desain multiple layer pada dashboard rancangannya ergonomis, membuat tampilannya memberi aura modern dan user friendly.

Voxy juga dilengkapi Twin Moon Roof, Cruise Control, Sun Shade serta Front and Rear Auto AC dan Eco Mode. Ruang kabin yang luas juga membuat mobil ini mempunyai tempat penyimpanan yang banyak sehingga kabinnya menjadi fungsional.

Mesin Irit Bertenaga ala Toyota Voxy

Perbandingan Spesifikasi Toyota Voxy vs Nissan Serena, Duel MPV Mewah 04

Bicara soal performa, Voxy mungkin cenderung mengejar sisi kenyamanan daripada kecepatan. Itulah mengapa, kapasitas mesin yang diusungnya cuma 2.0 liter.

Oleh Toyota, Voxy hanya didukung engine 3ZR-FAE naturally aspirated alias non turbo dengan kapasitas 2.000 cc. Mesin yang disandang All New Voxy mampu menghasilkan power maksimum 152 hp/6.100 rpm.

Nissan Serena, Rival Tangguh Toyota Voxy dengan Fitur Canggih

Perbandingan Spesifikasi Toyota Voxy vs Nissan Serena, Duel MPV Mewah 05

Untuk segmen MPV menengah, nama Nissan Serena sulit disingkirkan. Karena Serena memang termasuk pemain lama yang tetap bertahan sampai sekarang. Demi menyuguhkan suatu kenyamanan untuk keluarga, Nissan pun membuat kabin Serena kaya fitur hiburan layaknya berada di rumah sendiri.

Kabin Premium khas Nissan Serena

Perbandingan Spesifikasi Toyota Voxy vs Nissan Serena, Duel MPV Mewah 06

Kabin yang lega dan suspensi yang nyaman, menjadi andalan Nissan Serena untuk memikat calon konsumen. Interiornya luas dan premium dengan captain seat berbalut jok kulit menjadi nilai lebih di Serena.

Kapasitas bagasi yang besar memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membawa barang-barang besar mulai dari koper hingga tas golf. Dua fitur baru hadir pada All New Serena yaitu intelligent sliding door dan pintu bagasi ganda, sehingga memanjakan dan membuat hidup semakin mudah.

Serena juga dilengkapi beragam fitur dan teknologi pertama di segmennya, layar ganda 7 inci dengan koneksi telepon pintar dan terintegrasi dengan Intelligent Around View Monitor berikut Moving Object Detection, pintu geser otomatis, roof monitor 11 inci, 7 colokan USB, dan pintu belakang ganda.

Mesin Nissan Serena, Kalah Bertenaga dari Voxy

Perbandingan Spesifikasi Toyota Voxy vs Nissan Serena, Duel MPV Mewah 07

Untuk urusan performa, Nissan tampaknya harus mengakui keunggulan Voxy. Sebab, meskipun sama-sama 2.0 liter namun Tenaga Voxy lebih gede daripada Serena.

Mesin MR20 pada Serena menghasilkan tenaga sebesar 150 hp/6.000 rpm. Nissan Serena hanya memiliki pilihan transmisi otomatis CVT demi menghasilkan akselerasi yang halus.

Kesimpulan

Perbandingan Spesifikasi Toyota Voxy vs Nissan Serena, Duel MPV Mewah 08

Voxy merupakan kelanjutan model Nav1 yang dahulu sempat hadir di Indonesia. Baik Nav1 atau Voxy punya karakter serupa sebagai MPV boxy untuk segmen menengah atas. Sisi kemewahannnya bisa dibilang hanya sedikit berada di bawah Alphard, maka dari itu Voxy Tak jarang disebut sebagai ‘Baby Alphard' karena desainnya juga mirip.

Voxy merupakan mobil yang memiliki fitur relative lebih baik dan lengkap. Semua kelemahan dari Nav1 telah diatasi Toyota saat meluncurkan Voxy. Berbekal desain dan fitur berkelas, Voxy bisa jadi lawan tangguh Nissan Serena.

Perbandingan Spesifikasi Toyota Voxy vs Nissan Serena, Duel MPV Mewah 09

Sebaliknya, Nissan Serena terletak pada performa mesin yang tidak berubah. Tarikannya terasa sangat halus tapi lambat saat akselerasi. Penerapan teknologi CVT berusaha tetap menjaga putaran mesin tetap rendah demi menghasilkan respon yang halus.

Serena juga masih mempertahankan mesin dari generasi sebelumnya untuk pasar Indonesia. Artinya, inovasi pada Serena hanya sebatas desain eksterior dan penambahan fitur penunjang kenyamanan.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Voxy CVT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru