Perbandingan SUV Full-sized, Hyundai Palisade Bisa Jadi Alternatif Toyota Land Cruiser 300

Yongki Sanjaya · 12 Jan, 2022 13:00

Perbandingan SUV Full-sized, Hyundai Palisade Bisa Jadi Alternatif Toyota Land Cruiser 300 01

Setelah debut global tahun lalu, Toyota Land Cruiser 300 akan meluncur secara resmi di Indonesia besok (13/1). Kehadirannya tentu sangat dinanti para penggemar Land Cruiser atau juga SUV full-sized. Bila kita melakukan perbandingan, apakah Hyundai Palisade sebagai pendatang baru bisa mengimbangi nama besar dan kualitas Toyota Land Cruiser 300?

Walau menjadi pendatang baru di segmen SUV premium Indonesia, tapi Hyundai Palisade dapat sambutan hangat dari kalangan kelas atas. Sosok Palisade cukup mudah dijumpai di jalanan ibukota, terlebih di kawasan protokol dan elite seperti Pondok Indah atau Senayan. Salah satu keunggulan dari Hyundai Palisade adalah memiliki tipe dengan penggerak AWD. 

Hyundai Palisade ditawarkan dengan tiga varian, yakni Prime, Signature dan Signature AWD. Sementara itu, Toyota Land Cruiser generasi terbaru ini menggunakan platform GA-F dari Toyota. Platform ini merupakan bagian dari Toyota New Global Architecture (TNGA).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Perbandingan SUV Full-sized, Hyundai Palisade Bisa Jadi Alternatif Toyota Land Cruiser 300 01

Secara dimensi, Palisade dengan konfigurasi 7-seater memiliki panjang 4.980 mm, lebar 1.975 mm, dan tinggi 1.750 mm. Adapun Toyota Land Cruiser 300 dimensinya memiliki panjang 5,130 mm, lebar 1,980 mm, dan tinggi 1,945 mm. Ukuran Land Cruiser 300 sedikit lebih jumbo. 

Lantas, apakah Hyundai Palisade bisa mengimbangi nama besar sang legenda, Land Cruiser? Mari kita bandingkan keduanya. 

Seperti Hyundai Palisade, Toyota Land Cruiser Nggak Cuma Ganas di Off Road

Perbandingan SUV Full-sized, Hyundai Palisade Bisa Jadi Alternatif Toyota Land Cruiser 300 02

Tuntutan menghadirkan mobil yang serba bisa, nyaman, dan tangguh mendorong Toyota Motor Corporations berinovasi melalui platform TNGA untuk Land Cruiser 300 ini. Terdapat beberapa penyempurnaan di generasi terbaru Land Cruiser ini. Menurut Toyota, tujuan penyempurnaan ini adalah untuk menciptakan pengalaman berkemudi yang lebih menyenangkan di semua jenis jalan. 

Mulai dari konstruksi body-on-frame yang didesain ulang, kemudian lebih ringan 200 kg dibanding pendahulunya. Selain itu, Toyota juga merancang agar Land Cruiser anyar ini memiliki distribusi bobot yang lebih baik, pusat gravitasi yang lebih rendah, serta struktur suspensi yang juga ditingkatkan kemampuannya. 

Perbandingan SUV Full-sized, Hyundai Palisade Bisa Jadi Alternatif Toyota Land Cruiser 300 03

Bagaimana dengan Hyundai Palisade? Sebagai perbandingan, Palisade memiliki opsi tipe penggerak depan (FWD) atau penggerak seluruh roda (AWD). Palisade AWD punya dial di konsol tengah berisi tiga mode tambahan yaitu Snow, Mud, dan Sand.

Sedangkan varian penggerak FWD cuma tersedia dalam empat mode standar, yaitu Comfort, Eco, Sport, dan Smart. Mode ini hanya bisa dipakai untuk area non offroad, berbeda seperti AWD yang bisa diajak sedikit ke jalan lumpur.

Bagaimana dengan perbandingan tenaga antara Toyota Land Cruiser 300 dan Hyundai Palisade?

Perbandingan SUV Full-sized, Hyundai Palisade Bisa Jadi Alternatif Toyota Land Cruiser 300 04

Mesin jadi salah satu pertimbangan seseorang saat membeli SUV premium. Body yang bongsor harus ditunjang dengan mesin bertenaga besar supaya tetap perkasa saat melewati medan off road. 

Untuk versi global, Toyota Land Cruiser 300 menggunakan tiga pilihan mesin. Pertama mesin bensin 3.5-liter V6 twin-turbocharged, lalu ada mesin diesel 3.3-liter V6 Twin-Turbo, dan mesin bensin V6 N/A.

Mesin yang pertama sanggup menghasilkan tenaga 415 PS dengan torsi puncak 650 Nm. Sedangkan mesin dieselnya bertenaga 309 PS dengan torsi 700 Nm. Sementara khusus varian mesin bensin V6 N/A (Naturally Aspirated) belum diumumkan besaran tenaganya, karena disiapkan untuk beberapa negara tertentu. 

Palisade menggendong mesin tangguh yang juga ada pada Santa Fe, yakni 2.2L CRD-i empat silinder VGT yang memuntahkan 200 PS pada 3.800 rpm dan torsi maksimum 440 Nm pada 1.750-2.750 rpm. Tenaga dan torsi kemudian disalurkan ke roda hanya melalui satu pilihan transmisi, otomatis 8 percepatan.

Melihat output keduanya, Hyundai Palisade belum bisa menandingi besaran tenaga ataupun torsi Land Cruiser 300 bermesin diesel. Memang secara kelas, Palisade ini sebenarnya berada satu tingkat di bawah Land Cruiser.

Fitur Keselamatan di Toyota Land Cruiser 300 Bisa Lebih Lengkap dari Hyundai Palisade

Perbandingan SUV Full-sized, Hyundai Palisade Bisa Jadi Alternatif Toyota Land Cruiser 300 05

Pabrikan asal Korea Selatan ini hanya setengah-setengah memberikan Hyundai SmartSense (HSS) untuk Palisade yang dijual di Indonesia. Palisade yang dipasarkan HMID hanya memiliki sebagian teknologi HSS, seperti Blind-Spot Collision Warning, Safe Exit Assist, dan Rear Cross Traffic Collision Warning.

Padahal untuk versi global, Hyundai Smart Sense turut membawa teknologi Forward Collision Avoidance Assistance (FCA), Driver Attention Warning (DAW), Forward Collision Avoidance Assist Junction Turning (FCA-JT).

Ada juga High Beam Assist(HBA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Parking Collision Avoidance Assist (PCA), dan Remote Smart Parking Assist System (RSPAS). Melihat hal tersebut, semestinya PT Toyota Astra Motor bisa lebih jor-joran menyediakan fitur TSS pada Land Cruiser 300 yang meluncur besok.

Perbandingan SUV Full-sized, Hyundai Palisade Bisa Jadi Alternatif Toyota Land Cruiser 300 06

TSS pada Toyota Land Cruiser 300 versi global memiliki sensor untuk menghindari tabrakan pejalan kaki saat siang atau malam hari, kemudian bisa mendeteksi jika ada kendaraan maupun pejalan kaki yang datang ketika melintas di persimpangan jalan.  

Tak kalah menarik, TSS pada Land Cruiser 300 juga memiliki fitur Emergency Steering. Fitur ini untuk membantu pengemudi menghindar dari tabrakan dengan mempertahankan lajur kendaraan. 

Kemudian ada lagi fitur Parking Support Brake. Fitur ini memiliki kemampuan mengerem otomatis jika kendaraan bergerak saat keluar dari parkiran dan mendeteksi ada kendaraan lain atau pejalan kaki yang melintas di belakang mobil. Kalau seluruh fitur dalam TSS ini hadir, bakal membuat Toyota Land Cruiser 300 makin tak tersentuh.

Kesimpulan

Walau sama-sama SUV premium 7-seater, tapi kasta Toyota Land Cruiser 300 masih tetap lebih tinggi daripada Hyundai Palisade. Sebagai informasi, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memasarkan Palisade dalam tiga varian, Mulai dari tipe Prime dijual Rp788 Juta on the road, Signature Rp899 Juta, dan varian termahal Signature AWD seharga Rp1.099 Miliar.

Harganya tak lebih dari separuh harga Toyota Land Cruiser 200 Series yang masih dijual Indonesia saat ini, yaitu Rp2,2 Miliar (OTR DKI Jakarta). Apabila kalian pertimbangannya memilih Palisade sebagai alternatif SUV premium 7-seater karena harganya lebih terjangkau daripada Land Cruiser 300, maka itu menjadi opsi yang tepat. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru