Perbandingan Toyota Rush Bekas dan Baru, Perkara Kapasitas Jadi Pertimbangan

Samuel Tito · 14 Agu, 2020 09:00

Perbandingan Toyota Rush Bekas dan Baru, Perkara Kapasitas Jadi Pertimbangan 01

Toyota Rush adalah salah satu jenis kendaraan SUV andalan Toyota Indonesia. Seiring dengan tren SUV yang sedang naik daun, SUV yang jadi pertimbangan adalah Toyota Rush. Selain harga bekas Toyota Rush yang harganya sekarang relatif murah, kulaitas masih oke.

Sebagai SUV kecil / SUV perkotaan, Toyota Rush adalah pesaing Daihatsu Terios, Honda BRV dan Ford Ecosport. Sebagai merek sejuta orang, hampir dapat dipastikan bahwa Toyota Rush dan Daihatsu Terios akan mendominasi pasar di segmen ini.

Tipe mobil Toyota Rush Indonesia memiliki total 4 varian. Harga Toyota Rush Indonesia terbaru berkisar dari Rp 255 juta hingga Rp 275 jutaan. Ini merupakan harga Rush terbaru Indonesia 2020. Sedangkan mobil Daihatsu Terios ini memiliki total 7 varian. Harga Daihatsu New Terios terbaru ini dibanderol dengan biaya berkisar dari Rp 212 juta hingga Rp 265 jutaan. Ini merupakan harga mobil Terios terbaru di tahun 2020. Daihatsu Terios ini dikatakan sebagai kembaran Toyota Rush Indonesia yang beda induk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Menilik sejarah Toyota Rush Indonesia dari generasi pertama ini memiliki siklus hidup yang cukup panjang, sampai sekitar sembilan tahun. Toyota Rush patut dipertimbangkan karena menggunakan basis Toyota Avanza. Dengan demikian, urusan perawatan mesin tentu sangat mudah dan murah. Banyak bengkel mobil dapat melakukannya dan relatif terjangkau dalam harga suku cadang.

Tipe mobil Toyota Avanza berjumlah 5 tipe. Harga Toyota Avanza berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 230 jutaan. Ini merupakan harga new Avanza di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga mobil Avanza 2019. Saudara Toyota Avanza, Toyota Veloz memiliki 4 tipe. Harga Toyota Veloz 2020 berkisar dari Rp 225 juta hingga Rp 249 jutaan.

Perbandingan Toyota Rush Bekas dan Baru, Perkara Kapasitas Jadi Pertimbangan 01

Perjalanan Toyota Rush di Indonesia

Sejak pertama kali diproduksi pada 2006, Toyota Rush Indonesia mengusung desain sporty dan dinamis, plus dimensi mobil tinggi dan besar membuat SUV Rush generasi pertama ini tampak gagah. Mesin Toyota Rush pertama dengan kapasitas 1.500cc 4 silinder dengan transmisi manual 5 kecepatan dan otomatis 4 kecepatan.

Hanya di tahun 2009, Toyota memberikan sedikit perubahan pada eksterior, ornamen baru pada grille dengan bilah melintang di tengah dan housing fog lamp chrome. Selain itu, ada penjaga bumper depan dan belakang.

Tahun berikutnya, Toyota merilis Rush G otomatis, untuk melengkapi pilihan yang ada. Masih di tahun 2010, tepatnya di bulan Oktober, Toyota Rush Indonesia kembali menerima penyegaran. Perubahan meliputi kisi-kisi plastik dengan ornamen bulat dan slip di seberang dari tengah ke atas kisi-kisi sebagai penanda utama. Untuk bagian belakang Toyota New Rush, penyegaran terlihat di lampu belakang yang jelas dan bemper motif baru.

Facelift Pertama Toyota Rush

Perbandingan Toyota Rush Bekas dan Baru, Perkara Kapasitas Jadi Pertimbangan 02

Tiga tahun kemudian pada 2013, Toyota Rush Indonesia menghadirkan varian baru yaitu TRD Sportivo menggantikan varian tipe S. Perubahan yang jelas pada TRD Sportivo termasuk spoiler bumper depan, spoiler bumper belakang, emblem TRD Sportivo, dan stiker TRD Sportivo.

Selain itu, Toyota meningkatkan standar kualitas dan keselamatan melalui airbag dual SRS, indikator pretensioner dan sabuk pengaman. Pada 2015 tampilan depan Toyota Rush menjadi lebih modern dan sporty dengan lampu depan LED dan perumahan hitam. Tak ketinggalan perubahan ada pada gril dan bumper bawah.

Desain belakang juga telah berubah, dengan lampu LED dan bumper bawah dan spoiler TRD Sportivo. Varian TRD Sportivo dilengkapi dengan velg berwarna terbaru.

Baru pada tahun 2016, Toyota Rush Indonesia hadir dengan kapasitas 7 penumpang. Nilai TRD Sportivo telah meningkat menjadi TRD Sportivo Ultimo. Toyota New Rush TRD Sportivo Ultimo telah mengubah suspensi depan-belakang (Shock Absorber dan Coill Spring Dual Rate TRD terbaru).

Spesifikasi Teknis Toyota Rush Gen 1
Dimensi Panjang: 4420 mm, Lebar: 1745 mm dan Tinggi: 1740 mm
Mesin 3SZ-VE DOHC 1.5 Liter, 4 Silinder dengan 16 katup WTi
Tenaga 110 PS @5.500 RPM
Torsi 145 Nm @4.000 RPM
Transmisi manual 5 speed dan untuk tipe matic 4 speed
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum
Velg 185/60 R15
Suspensi depan McPherson strut dengan coil spring dan stabilizer
Suspensi belakang 4-Link dengan coil spring
Harga Pasaran Toyota Rush Bekas Jakarta Rp93 Juta – Rp120 jutaan

Toyota Rush Terbaru

Perbandingan Toyota Rush Bekas dan Baru, Perkara Kapasitas Jadi Pertimbangan 03

Pada akhir 2017, Toyota meluncurkan All New Rush Indonesia dengan konsep "Modern & Dynamic". Interior Toyota New Rush terbaru dirancang dengan konsep "True 7 Seater SUV" yang dilengkapi dengan 7 sabuk pengaman tiga titik dan 7 sandaran kepala. Jarak bangku baris kedua ke bangku baris ketiga adalah 700 mm, penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman daripada model sebelumnya.

Toyota Rush Indonesia hadir dalam dua jenis, yaitu G dan TRD Sportivo. Keduanya menghadirkan desain interior baru. Khusus untuk tipe TRD Sportivo, panel depan dilapisi dengan bahan lunak agar terlihat lebih eksklusif.

Selain itu, Toyota New Rush dilengkapi dengan teknologi Start Stop Engine terbaru yang memudahkan pengemudi untuk menghidupkan atau mematikan kendaraan. Rush juga hadir dengan tampilan baru tanpa sanggul (ban cadangan). Ban cadangan, yang awalnya di luar pintu bagasi, dipindahkan ke bawah mengikuti perkembangan SUV saat ini.

Perbandingan Toyota Rush Bekas dan Baru, Perkara Kapasitas Jadi Pertimbangan 04

Sekarang semua nilai terbaru Toyota Rush Indonesia tersedia dalam 7 kursi untuk akomodasi penumpang. Konfigurasi bangku dan ruang di bagasi, baris kedua dapat dilipat dengan mudah menggunakan jatuh satu sentuhan, sedangkan baris ketiga dapat dilipat dengan konfigurasi 50-50.

Mesin Toyota Rush Terbaru

Toyota Rush terbaru ini mengusung mesin Dual VVT-i 1,5 liter dengan kode 2NR-VE yang mampu menghasilkan tenaga hingga 104 ps dan 136 Nm. Karakter mesin Toyota terbaru lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar dengan daya yang memadai.

Setelah sepuluh tahun dijual dengan model yang tidak berubah, Toyota Rush Indonesia terbaru kini telah diluncurkan untuk menggantikan model lama. Sebagai salah satu SUV 7-kursi murah yang populer, kemunculan Toyota Rush terbaru cukup banyak dibahas oleh para penggemar otomotif.

Harga Toyota Rush juga masih cukup terjangkau, yaitu Rp255,2 juta untuk varian termurah, dan Rp276,6 juta untuk varian paling mahal. Yang pasti, Toyota Rush Indonesia terbaru benar-benar telah berubah meninggalkan desain lama yang dijual selama sepuluh tahun.

Spesifikasi Teknis Toyota Rush 2020
Dimensi Panjang: 4435 mm, Lebar: 1695 mm dan Tinggi: 1705 mm
Mesin 2NR-VE,DOHC, Dual VVT-i
Tenaga 104 PS @6.000 RPM
Torsi 13,9 Nm @4.200 RPM
Transmisi manual 5 speed dan untuk tipe matic 4 speed
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum
Velg 185/60 R15
Suspensi depan McPherson strut dengan coil spring dan stabilizer
Suspensi belakang 5-link Lateral Rod with coil spring and stabilizer
Harga Pasaran Toyota Rush 2020 Jakarta Rp255,2 juta – Rp276,6 juta

Kesimpulan Tentang Toyota Rush

Meskipun keluarga Toyota New Rush terbaru dan Daihatsu All New Terios dikenal memiliki handling yang buruk dan kenyamanan yang kurang, desain bodi baru yang lebih dinamis ini diharapkan memberikan pengendalian dalam berkendara yang lebih baik.

Namun, tidak perlu berharap banyak mengingat mobil ini merupakan SUV terjangkau dengan ground clearance tingginya mencapai 220 mm. Selain itu, faktor kenyamanan tentu akan lebih baik dari generasi sebelumnya, terutama keluaran awal dengan suspense yang terlalu empuk.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru