window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan AC Single Blower dan Double Blower, Gak Cuma Bikin Lebih Dingin

Yongki Sanjaya · 1 Nov, 2022 15:30

Perbedaan AC Single Blower dan Double Blower, Gak Cuma Bikin Lebih Dingin 01

Air Conditioner (AC) saat ini adalah fitur standar yang dapat ditemui pada setiap mobil baru. AC yang terdapat di mobil ini terbagi dalam single blower maupun double blower. Nah, kalian jangan keliru perbedaan AC single dan double blower yang tersedia di mobil.

Kekeliruan ini muncul karena ada sebagian mobil yang memiliki blower di sisi belakang, padahal pengaturan suhunya masih menyatu dengan blower depan seperti di Nissan Grand Livina. Sesuai dengan namanya, AC double blower adalah AC dengan kipas ganda. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

AC Mobil Harus Tetap Menyala Saat Turun Hujan Lebat, Apa Alasannya?

Biasanya, penggunaan double blower ini hadir di mobil MPV atau SUV. Adanya AC double blower bertujuan untuk menghasilkan udara yang lebih cepat dingin di baris kedua dan ketiga, sehingga memberikan rasa nyaman saat berkendara. Nah, AC double blower ini disebut dapat menyalurkan udara yang lebih dingin, ketimbang AC single blower, apa iya?

Nah supaya tidak keliru mari kita bandingkan kedua jenis AC tersebut serta keunggulannya masing-masing.

Perbedaan AC Single Blower dan Double Blower

Perbedaan AC Single Blower dan Double Blower, Gak Cuma Bikin Lebih Dingin 01

AC single dan double blower memiliki beberapa perbedaan yang cukup mendasar. AC single blower terletak pada bagian depan mobil tepatnya pada konsol tengah dashboard. Kemudian untuk  AC double blower pengaturannya tidak hanya pada dashboard, namun terletak juga pada saming kisi-kisi AC mobil bagian tengah.

Melihat rancangannya, AC single blower kipasnya terletak pada bagian dashboard. Maka distribusi hawa dingin hanya di bagian depan dan hanya terasa hingga ke baris tengah saja. Dampaknya temperatur di dalam kabin menjadi kurang nyaman karena masih terasa panas terutama saat melakukan perjalanan jauh dengan banyak penumpang. 

Sedangkan pada AC double blower, distribusi hawa dingin dari AC dapat menyebar lebih merata dan dapat menjangkau bangku penumpang di bagian belakang. Ini karena pada bagian tengah kabin juga terdapat kipas untuk blower, sehingga hawa dingin bisa berhembus sampai baris ketiga.

AC Double Blower Lebih Repot Soal Perawatan?

Perbedaan AC Single Blower dan Double Blower, Gak Cuma Bikin Lebih Dingin 02

Cara kerja maupun komponen AC double blower sebenarnya hampir sama dengan AC single blower. Hanya saja, dalam AC yang satu ini terdapat dua buah blower fan, dua buah evaporator dan dua buah expansion valve. Cara kerjanya, freon dari dryer terlebih dahulu melewati saluran bypass yang membuat cabang. Satu ke blower depan mengarah ke sopir, dan satunya ke blower belakang mengarah ke penumpang.

Kompresor akan bekerja pada beberapa titik, menyebabkan permintaan supply udara selalu dibutuhkan pada dua buah blower. Hal ini membuat kipas juga akan terbagi dan kerjanya kurang maksimal.

Ada pemikiran yang banyak dipercaya masyarakat umum kalau AC double blower cenderung lebih repot dalam perawatannya. Ini karena ada dua blower AC dalam satu mobil, yang kadang harus bekerja bersamaan saat mobil digunakan. 

Namun pada kenyataannya, AC double blower terbilang cukup jarang bermasalah. Ini dikarenakan intensitas pemakaian AC bagian belakang tidak sesering blower pada bagian depan.

Kelemahan di AC Double Blower Dibandingkan Single Blower

Perbedaan AC Single Blower dan Double Blower, Gak Cuma Bikin Lebih Dingin 03

Penambahan blower pada AC tentu menjadi beban bagi mesin mobil. Tarikan mesin yang berat tentu saja akan berpengaruh pada performa mobil. Ini membuat mobil akan menjadi lebih sulit untuk melalui jalan menanjak dan rpm mobil akan menurun.

Dampaknya, kebutuhan bahan bakar yang semakin meningkat karena kita harus menambah gas saat berkendara agar tenaga tidak tekor. Jika kamu melakukan perjalanan panjang dan jalanan perbukitan dengan mobilmu. Bisa-bisa kamu harus merogoh kocek lebih besar untuk beli BBM. 

Kesimpulan

Mobil MPV pada umumnya telah dilengkapi oleh AC double blower, kecuali hatchback atau city car yang masih single blower. Kini pengendara mobil di kota-kota besar dengan udara panas sudah mulai melirik mobil dengan AC double blower. Itulah mengapa Astra menyediakan fitur air circulator untuk mensiasati agar baris kedua dan ketiga tidak kegerahan. 

Perbedaan AC single blower AC double blower adalah AC double blower menggunakan kipas atau putaran ganda. Karena dilengkapi dengan kipas ganda, AC mobil double blower biasanya mampu menghasilkan angin yang lebih sejuk sehingga kabin pun terasa lebih nyaman dalam cuaca yang panas.
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil