Perbedaan Daihatsu GranMax dan Luxio, MPV Boxy yang Beda Kasta

Yongki Sanjaya · 21 Apr, 2022 16:30

Perbedaan Daihatsu GranMax dan Luxio, MPV Boxy yang Beda Kasta 01

Saat kalian melihat sosok Daihatsu GranMax atau Luxio, pasti berpikiran kalau keduanya ini mirip seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Tak salah juga memang, karena GranMax dan Luxio sama-sama berwujud MPV boxy atau minibus. Namun, kamu perlu tahu kalau Daihatsu GranMax dan Luxio punya perbedaan yang cukup nyata.

Baik GranMax atau Luxio berwujud boxy, punya pintu geser, dan memiliki panjang dimensi lebih dari 4 meter. Secara tampilan, GranMax punya eksterior sederhana, sementara Luxio dipoles lebih mewah. Alasannya, Daihatsu mempersiapkan GranMax sebagai kendaraan niaga sedangkan Luxio menjadi mobil penumpang. 

Uniknya, Luxio oleh para pemiliknya juga kerap dijadikan kendaraan multiguna sebagaimana GranMax. Berdasarkan pengalaman kami, Luxio cukup banyak digunakan sebagai kendaraan fleet baik itu untuk travel atau mobil operasional kantor. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Secara garis besar, Luxio memang mengusung platform yang sama dengan Gran Max. Namun, Luxio didesain secara eksklusif hanya tersedia di pasar Indonesia. Sebaliknya, GranMax ini merupakan minibus komersial dengan spesifikasi ekspor. 

Jadi, Luxio dan GranMax ini secara filosofis mirip seperti Toyota Alphard dan Vellfire. Lantas apa lagi sih bedanya Luxio dan GranMax ini? 

Perbandingan Spesifikasi Antara Daihatsu GranMax dan Luxio

Perbedaan Daihatsu GranMax dan Luxio, MPV Boxy yang Beda Kasta 01

Bicara soal spesifikasi, kedua model ini memiliki kelebihannya masing-masing. Dari data mesin yang disajikan, keduanya tak ada perbedaan karakteristik tenaga. Bedanya hanya di varian mesin, GranMax punya mesin 1.300 cc sedangkan Luxio tidak.

Kedua mobil ini menganut mesin dengan kubikasi 1.495 cc. Dapur pacu berkode 3SZ-VE itu mampu merilis tenaga 97 ps pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal di angka 134 Nm di putaran 4.400 Rpm. Opsi transmisi manual 5-percepatan jadi standar pada keduanya, dan khusus Luxio kebagian transmisi otomatis 4-percepatan. 

Transmisi otomatis milik Luxio bisa dibilang bukan yang paling nyaman pada kelas MPV 1.500 cc seharga Rp 200 juta. Kelebihannya, pada putaran bawah Anda akan merasakan tarikan cukup galak karena torsinnya cukup besar. Jika mobil tak mengangkut penumpang penuh, gas sedikit saja Luxio akan memberi hentakan tenaga besar.

Perbedaan Daihatsu GranMax dan Luxio, MPV Boxy yang Beda Kasta 02

Bicara Daihatsu GranMax, mesinnya juga tersedia dalam varian 1.300 cc DOHC (1.298 cc K3) yang memproduksi tenaga 86 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 114 Nm pada 4.400 rpm. Baik 1.300 cc maupun 1.500 cc di GranMax hanya tersedia dalam transmisi manual 5-percepatan.

Suspensi depan Daihatsu Luxio dan Gran Max sama-sama pakai tipe Mac Pherson Struts dengan per keong. Namun pada Luxio, Daihatsu menambahkan stabilizer, maka saat menikung jadi lebih baik ketimbang Gran Max. Untuk di bagian belakang, keduanya juga sama-sama 5 link dengan per keong.

Perbedaan Fitur di Kabin Daihatsu Luxio dan GranMax, Menegaskan Kasta

Perbedaan Daihatsu GranMax dan Luxio, MPV Boxy yang Beda Kasta 03

Perbedaan kelas dari kedua model ini bisa kita nikmati saat masuk ke kabin. Dimulai dari Luxio, mobil ini memiliki kursi 3 baris yang kapasitasnya bisa mengangkut 8 penumpang dewasa.  Karena menjadi mobil penumpang, maka varian termurahnya sudah dilengkapi AC double blower dan armrest di baris kedua dan ketiga guna meningkatkan kenyamanan.

Bandingkan dengan GranMax, mobil ini terdiri beberapa pilihan konfigurasi jok. Ada yang kapasitasnya 9 dengan jok baris belakang saling berhadapan model angkot, ada pula varian 8 penumpang dengan jok menghadap depan.

Perbedaan Daihatsu GranMax dan Luxio, MPV Boxy yang Beda Kasta 04

Kabin GranMax pun minus fitur modern seperti mobil kebanyakan atau Luxio. Untim pembuka kaca masih berupa engkol model putar. AC double blower dan headrest pada jok paling belakang juga tidak tersedia di GranMax. Untungnya, masih ada handrest di kursi baris kedua dan ketiga.

Kesimpulan

Melihat perbandingan di atas, dapat kita simpulkan kalau GranMax yang harganya lebih murah harus banyak mengalah dari sisi kelengkapan fitur. Peranti yang tersedia di GranMax sifatnya standar dari sebuah mobil. Jadi, jangan berharap GranMax punya fitur kemewahan, kalau untuk power windows pun dia tak punya.

Kalau memang butuh mobil yang cuma muat banyak, GranMax ini murah meriah tapi lupakan soal kenyamanan. Sedangkan Luxio, lebih manusiawi untuk kenyamanan kalian yang ingin berkendara jarak jauh. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Gran Max MB 1.3 D FH

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru