Perbedaan Fiturnya Banyak, Mending Pilih Daihatsu Xenia 1.5 R ADS atau 1.5 R ASA?

Yongki Sanjaya · 22 Nov, 2021 16:00

Perbedaan Fiturnya Banyak, Mending Pilih Daihatsu Xenia 1.5 R ADS atau 1.5 R ASA? 01

Sosok Daihatsu Xenia generasi ketiga telah resmi meluncur yang dibangun memakai platform Daihatsu New Global Architecture. Pada tipe tertinggi, fiturnya makin melimpah dan telah mendapat fitur Advance Safety Assist. Kali ini kita akan melakukan perbandingan antara Daihatsu Xenia 1.5 R ADS dan 1.5 R ASA. 

Perbedaan keduanya terletak pada kehadiran fitur keselamatan aktif A.S.A. Gampangnya begini, Daihatsu Xenia 1.5 R ASA memiliki semua fitur yang ada pada tipe ADS dan masih ditambah fitur ASA. Sementara ADS ini tak menyediakan fitur keselamatan aktif. 

Lebih lanjut, ADS hadir dalam varian 1.3 R dan 1.5 R bertransmisi manual ataupun CVT. Sementara itu untuk varian ASA hadir pada varian 1.5 R transmisi CVT saja. Lantas seberapa jauh perbedaan harga kedua varian tersebut? 

Perbedaan Fiturnya Banyak, Mending Pilih Daihatsu Xenia 1.5 R ADS atau 1.5 R ASA? 01

Xenia, 1.5 R CVT ADS dibanderol mulai dari Rp 242,7 juta, sementara varian 1.5 R CVT ASA itu dijual mulai dari Rp 242,4 juta. Artinya, varian Xenia ASA yang paling mahal harganya hanya selisih Rp 300 ribu saja dengan Xenia ADS.

Lantas, apakah fitur keselamatan aktif ASA di Xenia ini nilainya jadi 'murah' dibandingkan aksesoris body kit? Mari kita bandingkan keduanya. 

Daihatsu Xenia 1.5 R ADS, Full Body Kit Biar Sporty

Perbedaan Fiturnya Banyak, Mending Pilih Daihatsu Xenia 1.5 R ADS atau 1.5 R ASA? 02

ADS atau Astra Daihatsu Styling ini ialah aksesoris body kit yang disiapkan langsung oleh tim desainer dan engineering Astra Daihatsu Motor. Untuk Daihatsu Xenia 1.5 R ADS ini mendapatkan eksterior yang lebih sporty yang sayangnya tidak didapatkan oleh varian ASA.

Pada bumper depan dan belakang Xenia 1.5 R ADS mendapat tambahan skirt yang menyerupai splitter aerodinamis. Kemudian, side skirt yang membawa desain hitam-garis merah mengikuti skirt bumper depan dan belakang. 

Perbedaan Fiturnya Banyak, Mending Pilih Daihatsu Xenia 1.5 R ADS atau 1.5 R ASA? 03

Varian Xenia 1.5 R ADS juga mendapatkan kaca film hitam, garnish pintu bagasi, ambient lighting, aksen karbon pada dashboard dan karpet 3D di interior sebagai kelengkapan standarnya. Tak kalah menarik, PT ADM juga menyediakan air purifier di kabin Xenia 1.5 R ADS. Sebagai catatan, tipe 1.5 R ADS memiliki fitur 360 camera yang memudahkan kita saat parkir. 

Daihatsu Xenia 1.5 R ASA, Tampil Bersahaja dengan Fitur Keselamatan Istimewa

Perbedaan Fiturnya Banyak, Mending Pilih Daihatsu Xenia 1.5 R ADS atau 1.5 R ASA? 04

Tidak seperti tipe ADS yang tampil glamor dan sporty, varian tercanggih Daihatsu Xenia 1.5 R ASA ini penampilannya lebih bersahaja. 

Meskipun tak ada embel-embel ADS, tapi sebenarnya tipe ini telah memiliki fitur audio dan ornamen racikan Astra Daihatsu Styling. Aksen merah tetap hadir di sisi eksterior, pada bagian front grille. Namun demikian, Xenia 1.5 ASA tidak mendapat side skirt seperti tipe ADS. 

Supaya lebih elegan, maka terdapat garnish krom di pintu depan dan tengah. Selain itu, pintunya mendapat sentuhan aksen silver pada door handle. Pada tipe ASA ini, fitur standarnya memakai keyless dan seat height adjuster pada sisi pengemudi. 

Perbedaan Fiturnya Banyak, Mending Pilih Daihatsu Xenia 1.5 R ADS atau 1.5 R ASA? 05

Fitur keselamatan menjadi selling point utama dari Xenia 1.5 R ASA. Sebab, Xenia menjadi model low MPV satu-satunya di bawah Rp250 juta yang sudah mendapat fitur keselamatan aktif. Advanced Safety Assist pada Daihatsu Xenia terdiri dari fitur Collision Warning Function, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, dan Leading Vehicle Departure Warning.

Perbedaan Fiturnya Banyak, Mending Pilih Daihatsu Xenia 1.5 R ADS atau 1.5 R ASA? 06

Fitur ASA bekerja menggunakan sensor kamera yang terpasang di area kaca depan tepat di belakang spion tengah. kamera tersebut berfungsi mendeteksi objek atau kendaraan di depan mobil dan garis lajur. 

Terdapat juga fitur 360 camera dengan panorama view.  Jadi, kita bisa melihat kondisi sekeliling mobil pada layar monitor head unit. Adanya fitur ini memudahkan kita saat akan parkir di ruang yang cukup sempit sehingga tidak bersenggolan dengan objek di sekitarnya.

Mesin Daihatsu Xenia 1.5 R ADS dan ASA Sama Persis

Perbedaan Fiturnya Banyak, Mending Pilih Daihatsu Xenia 1.5 R ADS atau 1.5 R ASA? 07

Daihatsu Xenia pada tipe ADS untuk 1.5 R dan 1.5 ASA hanya berbeda kelengkapannya saja. Secara spesifikasi, mesin yang digunakan sama.

Kini Daihatsu memakai opsi 1.5 L untuk dapur pacu tipe teratas di Xenia. Mesin 2NR-VE, 4-Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i jadi andalan keduanya. 

Tenaga yang dihasilkan 102,5 HP (104 Ps) @ 6.000 rpm dengan torsi maksimum 136,4 Nm (13,9 Kgm) @ 4.200 rpm. Keduanya juga memakai transmisi CVT sehingga karakter berkendara Xenia semakin halus dan responsif.

Kesimpulan

Dengan selisih harga sangat sedikit, kami rasa Xenia tipe ASA jauh lebih value for money karena teknologi canggih yang dimiliki. Kita akan jauh lebih terbantu teknologi keselamatan aktif selama berkendara. 

Untuk tipe ADS yang mengedepankan sisi kosmetik sebenarnya tak terlalu diperlukan saat berkendara. Aksen body kit hanya membuat penampilan lebih keren. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Xenia 1.3 X MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru