window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan Lengkap Toyota Kijang Innova 2021 Tipe G dan V Terbaru

Bent Aulia · 13 Des, 2020 20:00

Perbedaan Lengkap Toyota Kijang Innova 2021 Tipe G dan V Terbaru 01

Baru saja mendapatkan pembaharuan di akhir tahun 2020 silam, apa saja perbedaan dari Toyota Kijang Innova 2021 tipe G dan V?

Sekilas tas banyak perbedaan yang bisa terlihat. Tapi dengan perbedaan harga Toyota Kijang Innova, ada beberapa fitur dan aksen yang disematkan pada varian V, tapi tak ditemukan pada tipe G. Apa saja yang berbeda ya?

Toyota Kijang Innova 2021 Tipe G

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 lalu, Toyota memberikan entry level tipe G berbagai macam fitur yang hampir sama dengan model di atasnya. Namun tentu saja beberapa teknologi di dalam mobil dipangkas untuk menyesuaikan harga yang ditawarkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Kijang Innova terbaru

Dari dua varian yang dipasarkan saat ini, Innova tipe G masih menawarkan tampilan yang hampir sama tipe V, termasuk dalam hal teknologi yang diberikan. Apa saja yang berbeda? Berikut kami jabarkan detail varian entry level Innova ini.

Baca juga : Intip Ubahan Toyota Kijang Innova 2021 Berikut Ini!

Eksterior Toyota Kijang Innova 2021 Tipe G

Perubahan yang diberikan pada versi facelift tahun ini memberikan tampilan yang lebih segar untuk bersaing dengan model MPV lain yang lebih terjangkau. Desain luar Innova tipe G menawarkan tampilan yang elegan dan tertata rapi.

Toyota Kijang Innova

Ubahan yang baru memberikan kesan premium pada Innova. Terlihat pada grille bumper berwarna chrome yang membedakan tipe G pada tipe V. Disandingkan dengan lampu kabut dengan mendapatkan rumah baru yang lebih modern.

Perbedaan lainnya terdapat pada spion yang digunakan. Innova Tipe G hanya mendapatkan fitur electric mirror dengan rumah spion yang memiliki warna sesuai dengan bodi mobil. Fitur yang sudah cukup baik dan praktis untuk berkendara.

Dimensi Toyota Kijang Innova Tipe G
Panjang x lebar x tinggi 4.735 mm x 1.830 mm x 1.795 mm
Jarak poros roda 2.750 mm
Ground clearance 176 mm
Radius putar 5.4 m
Bobot mobil 1.690 kg
Kapasitas tangka 55 L

Interior Toyota Kijang Innova 2021 Tipe G

Masuk ke dalam kabin, perbedaan yang ditemukan tak terlalu banyak terasa. Desain dashboard yang hampir sama hanya dibedakan oleh head unit berukuran 8 inci yang ditawarkan pada tipe G.

dashboard Toyota Kijang Innova

Namun sistem infotainment di dalam mobil sudah bisa memutar radio dan musik melalui USB, Bluetooth hingga mirroring.

head unit Toyota Kijang Innova

Jika sebelumnya hanya tipe Q dan Venturer yang mendapatkan captain seat, PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan fitur ini pada tipe G. Tentu saja dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan model dengan jok biasa di baris kedua.

kursi Toyota Kijang Innova

Varian Luxury juga menawarkan Instrument Panel dengan aksen kayu untuk menambah kesan mewah di dalam kabin. Sedangkan dalam hal head unit dan komposisi tombol yang tersedia tak banyak berbeda dibandingkan tipe G biasa.

Mesin Toyota Kijang Innova 2021 Tipe G

Untuk pilihan mesin, Innova tipe G juga mendapatkan mesin bensin 1TR-FE 2.0L bertenaga 139 PS dan torsi puncak 183 Nm serta mesin diesel 2GD-FTV 2.4L DOHC yang mampu menyemburkan tenaga 149 PS dan 342 torsi puncak yang lebih besar.

mesin Toyota Kijang Innova

Tak berbeda banyak dengan model sebelum facelift, ada pilihan transmisi 5-percepatan manual dan 6-percepatan otomatis dengan Sport Sequential Switchmatic, menyalurkan tenaga ke roda belakang dengan mulus.

Mesin Toyota Kijang Innova Tipe G
Tipe Mesin 2GD-FTV 2.4L DOHC VNT Intercooler 1TR-FE 2.0L DOHC Dual VVT-i
Isi Silinder 2.393 cc 1.998 cc
Perbandingan kompresi 15.6:1
Daya maksimal 149 PS/ 3.400 rpm 139 PS/ 5.600 rpm
Torsi maksimal 342 Nm/ 1.200 – 2.800 rpm 183 Nm/ 4.000 rpm
Transmisi 5-speed manual dan 6-speed A/T with Sport Sequential Switchmatic
Diameter dan langkah 92.0 mm x 90.0 mm 86,0 mm X 86,0 mm

Baca juga : Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova 2021 Bensin Capai 11,6 Km/L, Bagaimana Dengan Varian Diesel?

Fitur Toyota Kijang Innova 2021 Tipe G

Sebagai varian entry level, Innova tipe G mendapatkan pengurangan fitur dibandingkan tipe V yang lebih lengkap.

fitur Toyota Kijang Innova

Mulai dari head unit berukuran lebih kecil serta beberapa pengaturan yang tak disertakan pada mobil ini.

Kelengkapan fitur Innova tipe G antara lain

  • 8" Head Unit Multi Connectivity, Screen Mirroring, Voice Command, and Air Gesture
  • Steering Wheel Audio Control Switch with MID Control
  • TFT MID
  • Digital AC Climate Control
  • Retractable Side Mirrors
  • Ambient Light
  • Keyless Entry
  • Tilt and Telescopic Steering
  • Integrated Air Purifier
  • Glovebox with Cooler
  • Eco and Power Mode
  • LED Projector Headlamps
  • LED DRLs
  • 2nd Row Captain Seats
  • 2nd Row Table

sistem pengereman Toyota Kijang Innova

Fitur keselamatan

  • 7 Airbags
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
  • Brake Assist
  • Vehicle Stability Control
  • Hill Assist Control
  • Emergency Brake Signal
  • Isofix with Tether Anchor
  • Immobilizer
  • Alarm System

Harga Toyota Kijang Innova 2021 Tipe G

Sebagai varian entry level dari Kijang Innova tipe G memiliki enam pilihan tipe dengan perbedaan versi Luxury dan pilihan transmisi manual dan otomatis serta mesin bensin dan diesel.

Harga Toyota Kijang Innova 2020 tipe G M/T bermesin bensin merupakan yang termurah dengan banderol mulai dari Rp337 jutaan. Sedangkan versi Luxury dihargai Rp343 jutaan. Innova tipe G bertransmisi otomatis dibanderol Rp357 jutaan dan versi Luxury Rp363 jutaan.

Toyota Kijang Innova 2016

Toyota juga memperkenalkan Innova tipe G bermesin diesel dengan tenaga yang lebih besar dibandingkan varian bermesin bensin. Harganya pun dibuat lebih tinggi, yaitu mencapai Rp368 jutaan untuk transmisi manual dan Rp389 jutaan untuk transmisi otomatis.

Dengan perubahan yang ditawarkan, Kijang Innova mendapatkan penambahan harga dibandingkan edisi sebelumnya. Dan tak menutup kemungkinan harga Toyota Kijang Innova 2021 untuk tipe G akan lebih tinggi tahun depan.

Baca juga : Apa Sih Keuntungan Mempunyai Mobil MPV Seperti Toyota Kijang Innova?

Toyota Kijang Innova 2021 Tipe V

Sejak facelift terbaru ini, praktis hanya tipe V yang menjadi varian tertinggi Kijang Innova di Indonesia. Pasalnya Toyota Astra mengistirahatkan Innova tipe Q dan membawa dua tipe yang dipasarkan pada Toyota Kijang Innova 2020.

Toyota Kijang Innova 2021

Sebagai ‘kakak tertua’, tentu saja Innova tipe V memiliki berbagai kelengkapan fitur maupun teknologi yang ditawarkan pada Kijang Innova edisi facelift ini. Walaupun beberapa fitur lainnya baru bisa didapatkan pada varian Toyota Kijang Innova Venturer yang lebih mewah.

Eksterior Toyota Kijang Innova 2021 Tipe V

Sekilas terlihat tak banyak perbedaan yang bisa didapatkan pada edisi tertinggi Innova ini. Toyota Kijang Innova 2020 tipe V masih tetap elegan dan gagah mengenakan tampilan baru sebagai MPV kebangaan Toyota di Indonesia.

lampu depan Toyota Kijang Innova 2021

Desain luar yang mulus memberikan tampilan mengesankan dan mewah bagi mobil ini. Tak banyak aksen chrome bisa ditemukan pada bagian luar mobil ini.

velg Toyota Kijang Innova 2021

Termasuk pada grille bumper depan yang membawa model berkelir hitam untuk kesan elegan mobil keluarga Toyota ini.

bagian belakang Toyota Kijang Innova 2021

Jika Innova Tipe G baru mendapatkan fitur electric mirror, varian yang lebih tinggi ini sudah mendapatkan dukungan fitur retractable, electric, serta welcome light guna memudahkan pengemudi dan penumpang masuk ke dalam kabin ketika berkendara di waktu malam.

Dimensi Toyota Kijang Innova tipe V
Panjang x lebar x tinggi 4.735 mm x 1.830 mm x 1.795 mm
Jarak poros roda 2.750 mm
Ground clearance 176 mm
Radius putar 5.4 m
Bobot mobil 1.690 kg
Kapasitas tangka 55 L

Interior Toyota Kijang Innova 2021 Tipe V

Ruang kabin yang lapang serta dashboard yang ergonomis menjadikan Innova sebagai salah satu MPV yang laris manis di pasaran. Kenyamanan di dalam kabin juga semakin menyenangkan dengan sistem suspensi yang empuk.

head unit Toyota Kijang Innova 2021

Tapi dari kedua tipe yang ditawarkan, tak banyak perubahan yang terasa. Pembeda tipe V dengan model lainnya yaitu head unit 9 inci yang lebih lebar dipasang pada bagian tengah dashboard. Memberikan rasa nyaman ketika mengakses berbagai fitur di dalam kabin.

kursi belakang Toyota Kijang Innova 2021

Innova tipe V juga mendapatkan pilihan model Luxury yang lebih mewah. Sama seperti tipe G, model ini juga dilengkapi dengan captain seat untuk menambah kenyamanan berkendara di MPV premium milik Toyota ini.

Baca juga : Beda Rp 100 Jutaan, Kenapa Toyota Kijang Innova 2021 Lebih Favorit dari Toyota Rush 2021?

Mesin Toyota Kijang Innova 2021 Tipe V

Toyota membagi kedua tipe Innova dengan sama baiknya. Sama-sama mendapatkan tipe Luxury serta pilihan mesin bensin dan diesel. Termasuk pilihan transmisi manual dan otomatis yang sama dengan Innova tipe G.

mesin Toyota Kijang Innova 2021

Mesin Toyota Kijang Innova tipe V
Tipe Mesin 2GD-FTV 2.4L DOHC VNT Intercooler 1TR-FE 2.0L DOHC Dual VVT-i
Isi Silinder 2.393 cc 1.998 cc
Perbandingan kompresi 15.6:1
Daya maksimal 149 PS/ 3.400 rpm 139 PS/ 5.600 rpm
Torsi maksimal 342 Nm/ 1.200 – 2.800 rpm 183 Nm/ 4.000 rpm
Transmisi 5-speed manual dan 6-speed A/T with Sport Sequential Switchmatic
Diameter dan langkah 92.0 mm x 90.0 mm 86,0 mm X 86,0 mm

Fitur Toyota Kijang Innova 2021 Tipe V

Bersaing di model MPV keluarga, kelengkapan fitur Innova tipe V lebih lengkap dengan teknologi untuk mempermudah berkendara bersama anak-anak. Dari segi teknologi, perbedaan dari fitur yang ditawarkan termasuk head unit 9 inci yang diberikan pada tipe V.

rear seat entertainment Toyota Kijang Innova 2021

Kelengkapan konektivitas mobil ini termasuk teknologi Miracast dan Smartphone Connection yang sudah disediakan. Selain itu, tak ada perbedaan lain yang ditemukan pada fitur Innova varian tertinggi ini.

MID Toyota Kijang Innova 2021

Kelengkapan fitur yang ditawarkan antara lain

  • Welcome Light
  • 9" Head Unit Multi Connectivity, Screen Mirroring, Voice Command, and Air Gesture
  • Steering Wheel Audio Control Switch with MID Control
  • TFT MID
  • Digital AC Climate Control
  • Miracast
  • Smart Phone Connection
  • Electric Retractable Side Mirrors
  • Ambient Light
  • Keyless Entry
  • Tilt and Telescopic Steering
  • Glovebox with Cooler
  • Eco and Power Mode
  • LED Projector Headlamps
  • LED DRLs
  • 2nd Row Captain Seats
  • 2nd Row Table

Fitur keselamatan

  • 7 Airbags
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Brakeforce Distribution (EBD)
  • Brake Assist
  • Vehicle Stability Control
  • Hill Assist Control
  • Emergency Brake Signal
  • Isofix with Tether Anchor
  • Immobilizer
  • Alarm System

Harga Toyota Kijang Innova 2021 Tipe V

Dengan kelengkapan fitur yang ditawarkan, tak heran Innova tipe V juga membutuhkan banderol yang lebih tinggi dibandingkan saudaranya. Harganya dimulai dari Rp386 jutaan untuk versi mesin bensin bertransmisi manual.

Toyota Kijang Innova 2021

Innova tipe V bertransmisi otomatis memiliki tambahan harga yang cukup besar, yaitu Rp405 jutaan. Sedangkan model bermesin diesel bisa didapatkan dengan banderol Rp421 jutaan (V M/T) dan Rp440 jutaan (V A/T).

Sama seperti model Toyota lainnya, kemungkinan besar harga Toyota Kijang Innova 2021 bertambah mahal di tahun depan. Tapi dengan perubahan yang ditawarkan tahun ini, kenaikan harga yang ditawarkan diprediksi tak terlalu besar.

Kesimpulan

Sebagai salah satu MPV premium yang terjangkau, Toyota Kijang Innova 2020 disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Tanah Air, dari segi kenyamanan maupun kelegaan di dalam kabin. Baik Kijang Innova tipe G maupun Kijang Innova tipe V yang dipasarkan juga tak memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya ada beberapa fitur pendukung kepraktisan dan harga yang membedakan kedua tipe ini.

Baca juga : Daftar Lengkap Model dan Varian Toyota Kijang Innova Mulai 2004 Hingga 2015, Mana yang Paling Layak Dipilih?

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil