
Mitsubishi Outlander Sport
Perbedaan Mitsubishi Delica Royal dengan Standard, Harga Bekasnya Mulai dari Rp150 Jutaan

Perbedaan Mitsubishi Delica Royal dan Standard bukan cuma terlihat dari penampilannya. Delica pertama kali hadir di Indonesia pada 2014.
Ketika pertama kali diluncurkan di Tanah Air, Delica hanya membawa satu varian saja, yakni Standard. Selang setahun setelahnya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan varian Royal dengan beberapa tambahan fitur serta aksesoris yang membuatnya terkesan lebih glamour.
Delica secara resmi berhenti dipasarkan di Indonesia sejak Juli 2018. Untuk harga bekasnya sendiri sekarang ini ditawarkan mulai dari Rp150 jutaan. Oh iya, kehadirannya di Tanah Air saat itu lantaran untuk mengembangkan seacara lebih masif pasar kendaraan penumpang yang cocok untuk keluarga.
Menempati segmen Medium MPV beratapkan tinggi, Delica merupakan pesaing dari Toyota Voxy, Nissan Serena dan Mazda Biante. Disebut sebagai Sport Utility MPV, mobil ini hadir dengan membawa DNA Rally yang begitu kental.
Tak heran apabila dari segi tampilan mobil ini terkesan macho dan tangguh. Delica juga sebagai satu-satunya MPV yang mengikuti ajang Rally Dakar sebagai supporting car tim relly dari Mitsubishi. Mengetahui lebih detail perbedaan Mitsubishi Delica Royal dan Standard, simak ulasan berikut ini.
Baca juga: Mitsubishi Delica Versi Mini Segera Muncul, Pakai Mesin Turbo
Perbedaan Mitsubishi Delica Royal dan Standard
Eksterior

Untuk tampilan wajah Delica varian Royal dengan Standard terlihat sama. Grillnya dilabur dengan aksen krom serta bumper bagian tengah berwarna silver. Mengenai sistem pencahayaan, keduanya dibekali dengan bohlamp HID projector.
Lampu yang digunakan memiliki jangkauan luas berkat dilengkapinya fitur Active Cornering Light (ACL) yang dapat menyala secara otomatis saat berbelok atau sedang melakukan pindah jalur. Tak ketinggalan keduanya turut dilengkapi foglamp di kedua sisi bumper yang dapat meningkatkan visibilitas berkendara.
Menilik ke sisi samping, keduanya sama-sama diaplikasikan velg alloy model palang. Jika tipe Standard menggunakan palang lima dengan diameter 16 inci, pada tipe Royal memakai palang tujuh dengan ring 18 inci. Perbedaan lain keduanya juga terlihat pada spion serta handle pintu. Untuk tipe Royal sudah diselimuti dengan aksen krom guna mempersentasikan kesan yang lebih prestisus.

Meski begitu, spion keduanya sama-sama dilengkapi pengaturan elektrik serta pelipatan otomatis. Mengenai pintu tengah, keduanya juga sama-sama dibekali power sliding door serta Keyless Operating System (KOS) yang memudahkan penggunanya ketika ingin membuka/menutup pintu hanya dengan menekan tombol baik itu di pintu, dalam dan remot.
Tampilan belakang Delica Royal dengan Standard terlihat sama. Yang mana terdapat wiper belakang, defogger, high mount stoplamp dan di bumpernya mendapatkan difusser. Hanya saja di tipe Royale ini ketambahan sensor parkir serta kamera guna memudahkan pengguna ketika sedang melakukan parkir mundur.
Baca juga: 5 Fakta Menarik Mitsubishi Delica Bekas, Cucu L300 yang Malah Pakai FWD
Interior

Interior Delica Royale dan Standard sama-sama dibalur dengan warna beige untuk jok dan door trim. Sedangkan dashboardnya memakai warna hitam. Kedua varian ini mengusung konfigurasi 2+2+2. Dimana jok tengahnya bermodelkan captain seat lengkap dengan arm rest untuk memberikan kenyamanan selama perjalanan.
Bicara akan perbedaan antara keduanya, jok yang diaplikasikan pada tipe Royale sudah dibungkus dengan material kulit premium. Sedangkan di Standard, kursinya masih menggunakan material fabric.

Melihat ke lingkar kemudi, keduanya dilengkapi paddle shift, pengaturan tilt, tombol pengaturan yang terhubung langsung ke pusat informasi berkendara, termasuk cruise control. Akan tetapi di tipe Royale, pabrikan memberikan tambahan tombol pengaturan audio yang langsung terknoneksi dengan sistem hiburannya.
Menyoal sistem hiburan, keduanya berhasil tersematkan head unit layar sentuh lengkap dengan fitur navigasi, finger gesture recognition, dan mendukung aplikasi miracast yang dioperasikan melalui gadget. Di bawah sistem hiburannya terdapat tombol pengaturan AC dengan model knob putar. Menariknya untuk AC dapat mengatur besarnya hembusan udara dan waktu pendingan secara cepat dan, otomatis cukup dengan sekali menekannya.
Fitur

Fitur keselamatan Delica Royale dengan Standard dibuat sama. Seperti yang terlihat keduanya dibekali 3 buah airbags (driver, passanger, driver knee SRS dual stgae), ABS, EBD, dan Brake Assist (BA).
Beberapa fitur keselamatan Mitsubishi Delica
- Active Stability Control (ASC): ASC menjaga kenyamanan berkendara agar mobil tetap stabil saat sedang melakukan manuver atau melewati jalan licin.
- Approach & Depture Angle (ADA): Sudut kemiringan yang besar pada desain bumper depan dan belakang menghindarkan mobil dari benturan saat menaiki serta menuruni jalanan terjal.
- Long Stroke Suspension (LSS): Suspensi tinggi yang bekerja independen untuk mencegah benturan antara ban dengan mobil pada saat melintasi medan berbatu dan berlubang.
- Rib Bone Frame (RBF): Desain rangka mobil yang tangguh dan kokoh menjadikannya aman untuk digunakan di segala medan.
- High Ground Clearance (HGC): Jarak yang tinggi dari permukaan tanah ke bagian terbawah dari mobil membuat penggunanya merasa aman dari benturan saat melewati jalan berbatu.
- Auto Stop & GO: Teknologi yang menonaktifkan mesin secara otomatis pasa saat pedal rem diinjak dan mobil berhenti. Efektif menghemat bahan bakar dan menjadikan mobil lebih ramah lingkungan.
- Hill Start Assist (HSA): Fitur pintar yang menahan mobil selama beberapa detik saat pedal rem dilepas di jalan menanjak. Teknologi ini membantu pengemudi dengan lebih aman da nyaman.
- Cruise Control: Fitru ini memungkinkan pengemudi mengendalikan mobil tanpa harus secara terus-menerus menginjak pedal gas. Dengan hadirnya fitur ini menambah tingkat kenyamanan serta mengurangi penggunaan konsumsi bahan bakar.
Mesin dan Transmisi

Mitsubishi Delica dipersenjatai mesin 2.0L NA (Naturally Aspirated). Jantung pacunya memiliki kode 4J11 S4 MPI S-MIVEC AS&G berkapasitas 1.998 cc 4-silinder segaris. Mesin yang tersematkan sanggup memeras tenaga hingga 150 PS di 6.000 rpm serta torsi puncak mencapai 191 Nm pada 4.200 rpm, dengan dipadukan transmisi matic 6-percepatan INVECS-III CVT.
Di Jepang, Delica hadir dalam pilihan penggerak 4X4 dan 4X2 FWD. Untuk pasar Indonesia, mobil ini hanya memiliki opsi penggerak roda depan saja.
Recall Mitsubishi Delica

PT MMKSI mengumumkan program recall untuk model kendaraan Mitsubishi Delica produksi 2015-2016. Kampanye perbaikan dilakukan dengan penggantian Electrical Power Control Relay. Perbaikan ini dikarenakan ditemukan potensi kurang kuatnya titik pengelasan antar komponen internal Engine Electrical Power Control Relay/Engine Electronic Control Unit (ECU) Relay, menyebabkan bagian pengelasan tersebut berpotensi lepas. Pada kondisi tersebut, dapat menyebabkan mesin mati secara mendadak saat kendaraan berjalan.
Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi Delica, Pelopor MPV Rasa SUV Sebelum Xpander
FAQ
Apakah semua Mitsubishi Delica D5 CVT?
Semua Mitsubishi Delica D5 dilengkapi transmisi variabel kontinu (CVT) 6 percepatan dengan paddle shift yang dipasang di roda kemudi.
Berapa jumlah kursi yang dimiliki Delica?
Secara konfigurasi tempat duduk Delica menggunakan 2+2+2. Dengan begitu idealnya mobil ini cukup diisi oleh 6 orang agar perjalanan terasa nyaman.
Mesin apa yang dimiliki Delica?
Pasar Tanah Air Mitsubishi Delica menggunakan mesin 2.000 cc dengan kode 4J11 S4 MPI S-MIVEC AS&G.
Apa itu Delica?
Nama “Delica” sebenarnya digunakan untuk kendaraan niaga di Jepang. Mobil dengan bentuk yang serupa di Indonesia dinamai L300. Dan generasi pertama merupakan kendaraan komersial yang mengambil peran penting dalam mengangkut barang.

Enda Senior Writer
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.
Merek Mobil Terkenal di Indonesia
Berita Terkini
Ada Fitur Ini Nyetir Mitsubishi XForce Ultimate with Diamond Sense Tak Cepat Pegal
Ban Mobil Pecah di Jalan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Honda Luncurkan Tiga Mobil Hybrid Baru di 2025, Termasuk yang Diproduksi Lokal
2.000 Unit Chery J6 Resmi Sudah Diserahkan ke Konsumen, Kini Ada Warna Baru!
Mudik Nyaman, Astra Siapkan Layanan 24 Jam dan SPKLU
Mobil Rekomendasi
- Populer
- Terbaru
-
Toyota Kijang...
Rp 339,60 Juta - Rp 467,00 Juta
-
Toyota Avanza
Rp 189,80 Juta - Rp 295,80 Juta
-
Honda Brio
Rp 167,90 Juta - Rp 253,10 Juta
-
Daihatsu Sigra
Rp 120,65 Juta - Rp 182,60 Juta
-
Toyota Calya
Rp 170,20 Juta - Rp 190,00 Juta
-
Subaru Crosstrek
Rp 549,50 Juta
-
Chery Omoda...
Rp 334,80 Juta - Rp 493,80 Juta
-
Suzuki Grand...
Rp 359,40 Juta - Rp 384,40 Juta
-
Wuling Alvez
Rp 209,00 Juta - Rp 295,00 Juta
-
Subaru WRX...
Rp 975,50 Juta - Rp 1,03 Miliar