window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan Mobil LCGC: Toyota Agya Facelift dengan Honda Brio 2020

Eko Kamil · 31 Mar, 2020 13:00

Toyota Agya dan Honda Brio sama-sama merupakan mobil LCGC. Selain itu, tentu saja keduanya memiliki perbedaan. 

Perbedaan Mobil LCGC: Toyota Agya Facelift dengan Honda Brio 2020 01

Sekilas Info Toyota Agya dan Honda Brio

Toyota Agya Facelift 2020 merupakan mobil tipe LCGC (Low Cost Green Car) yang resmi meluncur di Indonesia pada 19 Maret 2020 ini. Hanya saja, event peluncuran mobil ini berbeda dengan mobil lainnya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil ini diluncurkan secara online dikarenakan adanya penyebaran virus Covid-19 alias corona. Mobil Toyota Agya ini mengalami perubahan di sisi eksteriornya yang tampil lebih sporty. 

Honda Brio merupakan salah satu mobil keluaran pabrikan Honda. Honda Brio Satya S selama ini menjadi pemimpin di segmen LCGC di Indonesia. Honda Brio menarik perhatian anak muda dengan tampilan yang fresh dan sporty. 

Perbedaan Mobil LCGC: Toyota Agya Facelift dengan Honda Brio 2020 01

Mobil Honda Brio ini juga diluncurkan di India pada tahun 2016 silam. Tetapi, sekarang India telah menghentikan produksi Honda Brio dikarenakan permintaan konsumen yang tidak terlalu tinggi pada Brio. Kedudukan Brio digantikan oleh Mobil Amaze yang memiliki penjualan yang lebih tinggi dibandingkan Brio.

Kali ini akan membahas perbandingan Toyota Agya dengan Honda Brio yang ditinjau dari beberapa aspek. Sebelumnya, coba lihat tabel perbandingan antara Toyota Agya dan Honda Brio.

Toyota Agya Facelift VS Honda Brio

Mobil Mesin dan Performa (Kapasitas, Tenaga, Torsi)

Dimensi 

(p x l x t)

Jumlah Varian Harga
Toyota Agya 1197 cc, 87 ps, 108 Nm 3660 mm x 1600 mm x 1520 mm  6 varian Rp 144 juta-Rp 164 Juta
Honda Brio 1199 cc, 89 ps, 110 Nm 3800 mm x 1680 mm  x 1485 mm   5 varian Rp 146 juta-Rp 200 Juta

1. Perbedaan Eksterior

Toyota Agya Facelift memiliki tampilan eksterior yang sporty dengan adanya bumper baru yang memiliki grill bawah lebih lebar. Ditambah dengan adanya aksen yang berwarna merah yang membuatnya semakin terkesan sporty. 

Agya memiliki velg berukuran 14 inci yang mirip dengan Calya. Pada bagian bawah pilar A dekat spion mobil terdapat stiker TRD. 

Pada bagian belakang mobil terdapat lampu belakang dengan desain terbaru yang terkesan seperti lampu aksesori. Selain itu, ada juga spoiler yang berwarna hitam di bagian belakang mobil. 

Honda Brio hadir dengan desain yang lebih fresh, stylish, sporty dan juga fungsionalis. Mobil ini memiliki desain bodi yang aerodinamis dengan konsep double triangle form. 

Pada bagian depan, Honda Brio memiliki grill dan bumper yang terkesan agresif. Selain itu, ada juga radiator dengan cover berbahan fiberglass yang dipadu dengan warna hitam yang menampilkan aura city car modern. 

Perbedaan Mobil LCGC: Toyota Agya Facelift dengan Honda Brio 2020 02

Pada bagian samping dibekali dengan retractable door mirror dengan teknologi LED turning signal. Hal ini memberikan kemudahan bagi pengemudi melipat kaca spion dengan sekali sentuhan otomatis. Mobil ini juga memiliki velg yang berukuran 15 inci. 

Pada bagian belakang mobil memiliki stop lamp di bagian buritan Brio. Hal ini membuat tampilan belakang Brio lebih sporty. Selain itu, ada juga spoiler dengan model tailgate yang membuat mobil ini terkesan semakin sporty.

2. Perbedaan Interior

Baik Toyota Agya maupun Honda Brio memiliki kabin yang cukup luas dan mampu membawa sebanyak 5 orang penumpang. 

Toyota Agya Facelift memiliki perubahan interior yang cukup banyak. Perubahan yang paling jelas adalah bagian fascia yang kini tampil berwarna hitam. Toyota juga membekali Agya dengan fitur AC Digital yang meningkatkan kenyamanan bagi penumpang di dalamnya.

Perbedaan Mobil LCGC: Toyota Agya Facelift dengan Honda Brio 2020 03

Salah satu ubahan yang paling menarik di Agya ini adalah adanya tombol Engine Start Stop.  Hal ini menandakan Agya Facelift 2020 kini muncul sebagai LCGC dengan model kunci keyless.

Honda Brio memiliki kursi yang dilapisi dengan material yang cukup baik, ketebalan busa dan juga terdapat AC digital yang memberikan kenyamanan bagi penumpang. 

Pada bagian dashboard Brio dengan sistem hiburan modern dan juga steering switch yang modernyang spesial. Steering switch memudahkan pengemudi mengatur audio tanpa harus melepaskan tangan.

3. Mesin dan Performa Mobil

Toyota Agya Facelift mesin berkapasitas 1.2 L DOHC Dual VVT-i 16 katup. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 87 ps per 6000 rpm dan torsi maksimal 11 Kgm per 4200 rpm. Mobil ini memiliki dua pilihan transmisi, yakni manual 5-speed dan automatic 4-speed. 

Honda Brio memiliki mesin berkapasitas 1.2 L SOHC 4 cylinders In-Line 16 Valve i-VTEC+DBW (Drive by Wire). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 89 ps per 6000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm per 4800 rpm. 

4. Perbedaan Harga Mobil

Untuk harga mobil Agya dan Brio hanya berbeda tipis. Harga Toyota Agya Facelift 2020 dibanderol dengan biaya sekitar Rp 144 juta hingga Rp 164 jutaan. Sedangkan Harga Honda Brio 2020 dibanderol dengan biaya sekitar Rp 146 juta hingga Rp 200 jutaan.

Untuk perbedaan seperti dimensi dan jumlah varian bisa dilihat dari tabel yang sudah tersedia di atas. Terakhir, coba kita lihat fitur keselamatan dan keamanan yang tersedia di kedua mobil tersebut.

Perbedaan Mobil LCGC: Toyota Agya Facelift dengan Honda Brio 2020 04

5. Fitur Keamanan dan Keselamatan 

Fitur Keselamatan dan keamanan merupakan hal yang paling sering dijadikan pertimbangan pada saat membeli mobil baru. Sehingga bisa dikatakan fitur ini tergolong sebagai hal yang paling penting. 

Kalau begitu, yuk kita lihat fitur keamanan dan keselamatan yang dibekali untuk Honda Brio dan Toyota Agya.

Fitur Keamanan dan Keselamatan Honda Brio

Berikut beberapa fitur keamanan dan keselamatan dari Honda Brio.

Airbag Penumpang Depan

Child Safety Locks

Kantong Udara Pengemudi

Anti Lock Braking System

EBD (Electronic Brake Distribution)

Sabuk Pengaman Belakang

Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman

Crash Sensor

Engine Check Warning

Pelindung Benturan Samping

Pengingat Pintu Terbuka

Anti Theft Device

Engine Immobilizer

Fitur Keamanan dan Keselamatan Toyota Agya

Berikut beberapa fitur keamanan dan keselamatan dari Toyota Agya.

Airbag Penumpang Depan

Child Safety Locks

Kantong Udara Pengemudi

Anti Lock Braking System

Brake Assist

Sabuk Pengaman Belakang

Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman

Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketingg

Crash Sensor

Pelindung Benturan Depan

Pelindung Benturan Samping

Pengingat Pintu Terbuka

Anti Theft Device

Alarm Mobil

Engine Immobilizer 

Inilah perbandingan antara Agya dengan Brio - Mobil LCGC yang memiliki perbedaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Agya G 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil