window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Atap Mobil, Jangan Keliru!

Yongki Sanjaya · 28 Mar, 2021 20:00

Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Atap Mobil, Jangan Keliru! 01

Mobil dengan kasta menengah atas biasanya menyediakan suatu fitur berupa atap kaca yang bisa terbuka. Banyak orang yang masih keliru soal perbedaan mana sunroof, mana moonroof, atau panoramic roof. Secara penampilan mungkin terlihat sama, namun ketiga jenis atap ini ada perbedaan yang mencolok.

Memasang jendela pada atap mobil sebenarnya sudah lama dilakukan oleh produsen-produsen mobil. Bahkan, Nash Motor Company telah membuat jendela pada atap mobil sejak tahun 1937.

Tak sedikit masyarakat menginginkan mobil yang ada 'jendela' atapnya tersebut. Hal ini mendorong teknologi ventilasi atap berkembang pesat hingga muncul wujud yang lebih inovatif dari jendela di atap mobil ini. Bahkan kini ada atap mobil yang didominasi kaca, bukan plat body seperti dahulu. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ada beberapa jenis kaca atap yang terpasang pada mobil. Saat ini ada tiga jenis atap yang umum terpasang pada mobil yaitu sunroof, moonroof, dan panoramic roof. 

Sunroof bahkan sering disebut-sebut sebagai moonroof, padahal itu berbeda dari cara mengoperasikannya saat terbuka. Memang, masih banyak masyarakat yang sulit membedakan ketiga jenis atap mobil itu. Supaya tidak keliru, yuk kita simak ulasan berikut ini. 

Atap Mobil Sunroof, Fitur Keren di Mobil Lawas

Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Atap Mobil, Jangan Keliru! 01

Sunroof adalah istilah kaca atap mobil yang paling umum dipakai oleh para produsen mobil. Istilah ini cukup sederhana untuk menamakan fitur panel kaca yang tersemat pada atap mobil. 

Perlu kalian ketahui, atap mobil sunroof adalah sebuah panel atap yang bisa dibuka biar udara dan sinar matahari bisa masuk ke dalam mobil. Panel tersebut ada yang memakai kaca atau menggunakan bahan plat yang sama dengan bodi mobil. 

Atap jenis sunroof ini jamak kita temui di motuba keluaran 1990 ke bawah. Saat itu banyak mobil mewah yang memakai jenis atap ini. Jenis atap ini biasanya akan terangkat ke sisi luar atap, sehingga mengganggu aliran udara bila kebetulan mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi. 

Atap Moonroof, Populer di Mobil Modern 

Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Atap Mobil, Jangan Keliru! 02

Jenis atap mobil yang kedua adalah moonroof. Sebenarnya moonroof tidak jauh beda dengan sunroof. Perbedaannya yaitu pada posisi panel atap saat terbuka. 

Kaca atap mobil moonroof adalah istilah yang dibuat oleh John Atkinson pada tahun 1970 selaku manager marketing dari Ford. Ia menamakan panel kaca atap mobil Lincoln Mark IV sebagai moonroof untuk membedakan dengan sunroof yang sudah pernah ditemukan sebelumnya.

Bila sunroof mengangkat panel ke atap mobil, sedangkan moonroof justru memasukkan kaca atap mobil ke dalam atap di sisi belakang, sehingga tidak mengganggu aliran udara. Prinsipnya persis seperti jendela di pintu, namun posisinya ada di atap. 

Biasanya, kaca atap mobil ini biasa digerakkan secara otomatis dengan tombol tertentu dan bergeser dalam rel. Pada mobil lawas, atap ini ada yang digerakkan manual dengan cara diengkol seperti kaca jendela di pintu mobil. 

Panoramic Roof, Atap Kaca yang Tidak Bisa Terbuka 

Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Atap Mobil, Jangan Keliru! 03

Jenis kaca atap mobil terakhir adalah panoramic roof. Model ini menggunakan panel kaca di atap mobil yang ukurannya cukup lebar, bahkan hampir sebesar atap mobil itu sendiri. 

Tidak seperti moonroof, kaca atap panoramic tidak bisa bergerak dibuka. Bagian yang bisa terbuka justru tirai plafon kaca panoramic, alias penutupnya. Artinya, panoramic ini bukanlah ventilasi seperti sunroof atau moonroof. 

Atap mobil panoramic roof dibuat dengan tujuan utama untuk memberi pengalaman menarik bagi pengguna mobil untuk berkendara sambil menikmati pemandangan luar. Jika sedang tidak ingin melihat pemandangan luar atau matahari sedang sangat terik, panoramic roof bisa ditutup dengan lapisan tirai plafon mobil sehingga kembali seperti atap mobil pada umumnya. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil