Perbedaan Toyota Agya dengan Daihatsu Ayla

Naomi · 5 Mei, 2020 15:00

Perbedaan Toyota Agya dengan Daihatsu Ayla 01

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla telah mengalami dua kali penyegaran. Meskipun kembar tapi keduanya tak identik. Keduanya pun dijual di rentang harga berbeda. Toyota Agya dijual mulai Rp 143.800.000 sampai Rp 169.290.000. Sedang Daihatsu Ayla dijual mulai Rp 101.650.000 sampai Rp 159.400.000. Apa perbedaan keduanya?

Sekilas info, mobil Toyota Agya memiliki 6 varian. Sedangkan Mobil Daihatsu Ayla yang memiliki 12 varian. Mobil Ayla sering disamakan dengan Toyota Agya, sehingga terkadang dia disebut sebagai Toyota Ayla. Padahal hal tersebut salah karena mobil Ayla merupakan keluaran pabrikan Daihatsu. Selain itu, mobil Daihatsu Ayla baru memiliki 7 pilihan warna, salah satunya warna Dark Grey Metallic yang menjadi favorit.

Mobil Ayla sering disamakan dengan Toyota Agya, sehingga terkadang dia disebut sebagai Toyota Ayla. Padahal hal tersebut salah karena mobil Ayla merupakan keluaran pabrikan Daihatsu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Sama halnya dengan Toyota Avanza dan Toyota Rush, mobil Toyota Agya juga diproduksi di pabrik Daihatsu Indonesia. Meski begitu, baik Toyota dan Daihatsu ingin masing-masing produknya punya keunikan tersendiri. Identitas paling utama ditampilkan lewat perbedaan di bagian eksteriornya.

Eksterior

Perbedaan Toyota Agya dengan Daihatsu Ayla 01

Berdiri di atas basis mobil yang sama, memang tak sulit membedakan mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Tapi kalau dilihat lagi, ternyata perbedaanya cukup jelas di bagian muka. Pertama bagian grill depan Toyota dengan palang tipis berwarna hitam. Sedang mobil Ayla punya grille dengan sentuhan ornamen krom yang elegan.

Desain bumper keduanya pun dibedakan. New Agya punya ventilasi udara berbentuk heksagonal yang berukuran sangat besar Sementara lubang udara di bemper depan mobil Daihatsu Ayla berdesain V. Desain rumah kabut pun dibedakan. Punya mobil Ayla baru dipermanis lagi dengan hadirnya list krom di tepi rumah lampu kabut.

Perbedaan Toyota Agya dengan Daihatsu Ayla 02

Ya, hanya itu saja yang membedakan mobil Agya dengan Ayla terbaru. Di bagian samping hingga belakang tak ada perbedaan selain emblem yang menjadi identitas pembeda keduanya. Bahkan desain velg berdiameter 14-inci milik keduanya tak berbeda. Ada satu lagi sebetulnya, bagian belakang Toyota Agya TRD Sportivo dilengkapi spoiler berwarna hitam. Sementara spoiler Daihatsu Ayla termahal dicat sewarna bodi.

Uniknya, meskipun memiliki desain wajah dan ornamen berbeda di bagian wajah, dimensi mobil Agya dan mobil Ayla  baru tak berbeda. Keduanya memiliki dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm dan jarak sumbu roda 2.450 mm. Keduanya juga memiliki ground clearance atau tinggi dari tanah 180 mm.

Performa

Perbedaan Toyota Agya dengan Daihatsu Ayla 03

Mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla keduanya ditawarkan dengan pilihan tenaga penggerak identik. Tak ada perbedaan sama sekali. Tersedia mesin 1,0 liter 3-silinder yang menghasilkan daya 67 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 89,2 Nm pada 4.400 rpm.

Selain itu ditawarkan pula mesin 4-silinder yang lebih minim getaran. Mesin 1,2 liter 3NR-FE dual VVT-I menawarkan tenaga yang lebih besar, 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 107 Nm pada 4.200 rpm. Kedua pilihan mesin dengan sistem injeksi ini menyalurkan tenaga ke kedua roda depan melalui pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis konvensional 4-speed.

Perbedaan Toyota Agya dengan Daihatsu Ayla 04

Pengendaraan dan stabilitas berkendara keduanya pasti tak berbeda pula. Masing-masing dilengkapi dengan suspensi depan MacPherson Strut di depan dan suspensi belakang semi independent Torsion Beam dengan Coil Spring. Pengereman cakram berdiameter 13-inci berventilasi di depan dan drum di belakang.

Interior dan Fitur

Perbedaan Toyota Agya dengan Daihatsu Ayla 05

Mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla versi 2020 baru diperkenalkan Maret secara online berbarengan. Versi facelift kedua ini mendapat perubahan juga di bagian dalam. Secara umum tak banyak ubahannya. Desain dashboard, jok dan lainnya kurang lebih sama dengan sebelumnya. Tapi baik mobil Agya maupun Ayla, kini memiliki center console baru.

Di konsol tengahnya itu terdapat panel AC digital menggantikan jenis kenop putar konvensional. Di atas panel AC digital tertanam head unit layar sentuh berukuran 7-inci. Head unit Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memang berbeda. Namun keduanya memiliki fungsi dan fitur yang sama. Misalnya, dapat terkoneksi dengan smartphone.

Perbedaan Toyota Agya dengan Daihatsu Ayla 06

Meski memiliki banyak kesamaan di bagian dalam, tapi mobil Toyota Agya baru punya keunggulan. Low Cost Green Car (LCGC) pertama Toyota ini untuk pertama kalinya hadir dengan fitur Start-Stop Button. Agak mengejutkan memang. Pasalnya fitur ini tak dipunyai Toyota Calya, LCGC 7-seater berharga lebih mahal dari New Agya yang belum lama ini mengalami peremajaan juga.

Fitur Start-Stop Button ini memang hanya terdapat di New Agya TRD atau varian termahalnya. Menariknya, fitur ini tak dimiliki oleh Daihatsu Ayla tipe termahal sekalipun. Sebagai gantinya, Daihatsu membekali mobil Ayla dengan kamera parkir. Fitur ini justru absen pada Toyota Agya.

Lalu bagaimana dengan fitur keselamatan keduanya? Untungnya, Daihatsu tak mengurangi fitur keselamatan mobil Toyota Agya untuk Daihatsu Ayla. Dual SRS Airbag tersedia hingga varian termurah. Sementara itu fitur keselamatan rem ABS + EBD hadir untuk melindungi penghuni kabin mobil Agya dan Ayla baru tipe tertinggi.

Kesimpulan dan harga

Jadi pilih yang mana? Singkatnya, mobil Toyota Agya tampil agresif dengan desain berkarakter sporty. Sedangkan mobil Daihatsu Ayla memperkuat aura elegan lewat desain wajah yang lebih sederhana namun diimbuhi sejumlah ornamen krom sebagai kosmetik.

Interior sama persis. Membedakan hanya di fitur saja. New Agya punya tombol Start-Stop, mobil Ayla tidak. Tapi mobil Ayla baru punya kamera parkir yang mobil Agya tak punya. Selebihnya sama, panel AC digital terdapat di keduanya. Fitur keselamatan pun sama persis.

Begitupun dengan tenaga penggerak. Sama-sama menyediakan dua pilihan mesin, 1,0 liter dan 1,2 liter. Mobil Agya dan Ayla juga ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, manual 5-speed dan otomatis konvensional 4-speed.

Praktis yang membedakan keduanya hanya desain bagian depan serta fitur tombol Start-Stop dan kamera parkir. Tapi perbedaan harga keduanya cukup signifikan. Mobil Ayla termahal dengan mobil Agya termahal saja terpaut hampir Rp 10 juta.

Jadi kesimpulannya, kalau Anda merasa fitur Start-Stop Button penting, silahkan rogoh kocek Rp 10 juta lebih mahal. Tapi kalau Anda tidak butuh dan Anda lebih suka mobil dengan desain yang lebih kalem plus bonus kamera parkir dengan harga yang lebih terjangkau, Daihatsu Ayla jawabannya.

Daftar harga Toyota Agya 2020

Daftar harga Toyota Agya 2020
Tipe Harga
1.0 G M/T Rp. 143.800.000
1.2 G M/T Rp. 148.100.000
1.2 G M/T TRD Rp. 153.445.000
1.0 G A/T Rp. 156.810.000
1.2 G A/T Rp. 161.640.000
1.2 G A/T TRD Rp. 169.290.000

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru