window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Percepat Ekspor, Daihatsu Manfaatkan Fasilitas Pelabuhan Patimban Untuk Kirim Toyota Avanza dan Rush

Yongki Sanjaya · 9 Mar, 2022 19:00

Percepat Ekspor, Daihatsu Manfaatkan Fasilitas Pelabuhan Patimban Untuk Kirim Toyota Avanza dan Rush 01

Proses ekspor kendaraan dari Indonesia kini semakin efisien sejak beroperasinya Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai produsen kendaraan turut berpartisipasi mendukung pemerintah dalam meningkatkan devisa negara melalui kegiatan ekspor otomotif melalui pelabuhan baru tersebut. 

Dalam aktivitas ekspornya, Daihatsu tak lagi mengapalkan unitnya via Tanjung Priok dan kini memaksimalkan utilisasi Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban. Sebagaimana diketahui, produk ADM diekspor hingga ke 75 negara di dunia, mulai dari ASEAN, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin. 

"Sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor dari sini kurang lebih 160 ribu. Melihat progress tiga bulan ini kelihatannya bisa naik menjadi 180 ribu mobil untuk ekspor ke Filipina, Brunei Darussalam, Jepang dan juga Vietnam," ujar Presiden RI Joko Widodo lewat siaran YouTube Sekretariat Presiden.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berdasarkan data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pada Januari 2022, ekspor kendaraan roda empat CBU (Completely Built Up), produksi ADM berkontribusi sebesar sekitar 49% dari total ekspor nasional kendaraan roda empat CBU yang mencapai sekitar 24 ribu unit. Artinya, Daihatsu mengekspor kendaraan hampir sejumlah 12 ribu unit. 

Percepat Ekspor, Daihatsu Manfaatkan Fasilitas Pelabuhan Patimban Untuk Kirim Toyota Avanza dan Rush 01

"ini saya kira awal. Nanti akan dikembangkan ke negara-negara yang lain sehingga 1 bulan kurang lebih dari sini akan bisa diekspor 15 ribu mobil (per-bulan) dan ini akan sangat bagus," sambung Presiden Jokowi. 

Dalam aktivitas ekspornya, Daihatsu bertugas menjadi bagian dari Toyota Group. Daihatsu tidak cuma mengekspor kendaraan selain untuk brand sendiri, ADM juga juga memproduksi dan mengekspor untuk beberapa brand lain. 

Adapun ekspor tersebut mencakup model brand Toyota seperti Rush, Avanza, Wigo, Raize, dan Town/Lite Ace; serta brand Mazda dengan model Bongo. Ini membuktikan produksi ADM memiliki standar kualitas global, sehingga telah dipercaya pelanggan di pasar mancanegara. 

“Kami turut berpartisipasi dalam usaha kegiatan ekspor kendaraan melalui Pelabuhan Patimban. Tujuannya untuk mendukung peningkatan industri otomotif nasional, sekaligus pendapatan devisa negara,” ujar Johan, Export Import Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil