window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perhatikan Angka-Angka Ukuran Pelek Mobil, Biar Gak Salah Beli!

Karim · 17 Jan, 2022 09:00

Ibarat sepatu, pelek berperan besar bagi penampilan mobil. Bagian ini dapat memancarkan keunikan atau memperkuat karakter mobil kalian. Bantu merealisasikan arahan modifikasi yang sedang dikonsep. Bebas saja mau pasang model reli, balap touring, standaran versi market luar, atau desain lainnya.

Perhatikan Angka-Angka Ukuran Pelek Mobil, Biar Gak Salah Beli! 01

Meski begitu, mengganti pelek tidak bisa asal beli dan pasang. Pasalnya, fungsi mendasar berkaitan erat dengan keselamatan dan performa. Ialah perantara utama mobil dengan pemukaan jalan selain ban. Salah-salah bisa berbahaya dan bukan tidak mungkin meningkatkan risiko celaka.

Salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah dimensi. Perlu diketahui, ukuran pelek sangat bervariasi dan bukan sebatas seberapa besar lingkar diameter. Masih banyak komponen lain. Nah, untuk lebih lengkapnya, coba cek dulu rangkuman berikut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Tips Modifikasi Toyota Yaris Lele, Pilih yang Ringan atau Ekstrem?

Lebar dan Diameter

Perhatikan Angka-Angka Ukuran Pelek Mobil, Biar Gak Salah Beli! 01

Contoh kode dimensi lebar dan diameter

Informasi ukuran mendasar yang biasa ditemukan saat sedang hunting pelek adalah lebar dan diameter. Kode ini pun biasanya tercetak di bagian belakang meski beberapa bisa juga ditemukan pada area muka. Coba perhatikan kode dengan format seperti 6Jx14H2.

Tanda ukuran ini sendiri pada dasarnya menggambarkan lebar dan diameter pelek. Angka pertama mengindikasikan lebar bagian dalam bibir pelek yang bersinggungan dengan ban. Sementara itu, angka kedua merupakan diameter pelek secara keseluruhan. Semua ini dihitung dalam satuan inci.

Sedang kode di samping angka merupakan profil-profil pada barel pelek. Huruf pertama menunjukkan kontur bibir pelek sementara alfanumerik terakhir adalah profil dari kontur permukaan barel. Bagian barel lazim dibuat berlekuk sebagai penguat struktur.

PCD

Perhatikan Angka-Angka Ukuran Pelek Mobil, Biar Gak Salah Beli! 02

PCD dan center bore

Selain lebar dan diameter, perlu diperhatikan juga kesamaan jumlah berikut posisi lubang baut dengan hub roda. Hal ini diinformasikan oleh PCD (Pitch Circle Diameter) yang biasa kita baca atau dengar hitungan seperti 4x100; 4x114,3; 5x120; 5x112; dan sebagainya. 

Diterjemahkan, kode tadi merupakan kombinasi antara jumlah baut dan diameter lingkar pada pola lubang dalam satuan milimeter. Jangan sampai salah pilih karena bila spesifikasi berbeda dengan bawaan mobil tentu tidak akan bisa terpakai. 

Di samping PCD, perlu juga perhatikan center bore alias lingkar tengah pelek. Andai sambungan dengan hub roda menyisakan jarak, baiknya dipasang adaptor center ring demi mencegah getaran.

ET/Offset

Perhatikan Angka-Angka Ukuran Pelek Mobil, Biar Gak Salah Beli! 03

Semakin kecil angka, posisi pelek semakin nongol keluar

Figur lain pada pelek adalah offset atau sering disebut ET. Menentukan seberapa jauh pelek secara keseluruhan berjarak dari sumbu roda. Pada dasarnya, besaran ET merupakan jarak permukaan dudukan baut terhadap titik tengah dari lebar pelek. 

Semakin besar angka berarti letak ciuman dudukan baut dengan hub menjauh ke sisi luar. Dampaknya, pelek jadi semakin menjorok ke dalam bila dipasang. Begitu pun sebaliknya. Semakin kecil figur atau sampai negatif, posisi dudukan baut tertanam semakin ke dalam lalu berimbas pada kuda-kuda yang lebih lebar.

Dengan perhitungan matang, mengganti pelek jadi bukan sekadar mendongkrak penampilan. Keselamatan dapat terjaga bahkan bisa jadi meningkatkan handling atau performa mobil. Tidak masalah merubah dimensi asal tidak sampai mengganggu atau merusak komponen lain.

Baca juga: Yuk Perhatikan Cara Merawat Ban Serep Mobil, Biar Gak Rusak Saat Dibutuhkan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil