Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Toyota Agya 2020

Naomi · 5 Mei 2020 14:00

Toyota Agya terbaru datang memikat lewat tampilan yang lebih segar dan tambahan fitur baru. Apalagi harga mobil Agya yang cukup terjangkau, mulai Rp 143.800.000 sampai Rp 169.290.000. Toyota Agya memiliki 6 varian. Untuk vers maticnya, harga mobil Agya matic berkisar dari Rp 157 juta hingga Rp 169 jutaan. Ini merupakan harga mobil Agya di tahun 2020 ini. Namun pantaskah mobil ini dimiliki?

Toyota Agya memiliki kembaran yang berbeda induk, yakni Daihatsu Ayla. Mobil Ayla sering disamakan dengan Toyota Agya, sehingga terkadang dia disebut sebagai Toyota Ayla. Padahal hal tersebut salah karena mobil Ayla merupakan keluaran pabrikan Daihatsu. Selain itu, mobil Daihatsu Ayla baru memiliki 7 pilihan warna, salah satunya warna Dark Grey Metallic yang menjadi favorit.

Jika tipe mobil Toyota Agya tersedia dalam 6 varian. Harga Toyota Agya berkisar dari Rp 144 juta hingga Rp 169 jutaan. Maka, tipe mobil Daihatsu Ayla tersedia dalam 12 tipe. Harga mobil Daihatsu Ayla berkisar dari Rp 102 juta hingga Rp 160 jutaan. Ini merupakan harga mobil Daihatsu Ayla terbaru tahun 2020.

Kodratnya sebagai mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC), memang kita tak bisa berharap banyak pada mobil Toyota Agya. Entry-level Toyota di Indonesia ini hadir dengan fitur dan kelengkapan sederhana agar dapat menjangkau segmen konsumen menengah.

Tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan calon konsumen New Agya sebelum memilikinya. Apa saja itu?

1. Dimensi Ringkas

Mobil Toyota Agya memiliki dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm dan jarak sumbu roda 2.450. Ukurannya memang sangat ringkas. Tujuannya memberi kemudahan pengemudinya dalam berkendara di perkotaan. Tapi perlu jadi perhatian, ruang kabin mobil Agya sangat terbatas.

Memang tidak sampai membuat ruang kaki dan kepala penghuni kabinnya sempit. Tapi jelas kelapangan ruang kabin yang terbatas cukup mengurangi kenyamanan. Terutama saat berkendara jarak jauh. Makanya walau berkonfigurasi 5-penumpang, city car ini lebih nyaman digunakan dua sampai empat orang saja. Belum lagi pertimbangkan ruang bagasinya.

Bila Anda pemilik mobil pertama Agya baru, persiapkan diri menghadapi sulitnya membawa barang berukuran yang agak besar ke dalam bagasinya. Bagasi New Agya disiapkan untuk mengangkut perbekalan aktivitas harian pemiliknya di kota, ataupun sekedar belanja kebutuhan pokok. Tidak untuk memuat perlengkapan tualang seperti layaknya mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) atau muatan seluruh anggota keluarga saat dipakai mudik ke kampung halaman. 

2. Performa Mesin

Popularitas Toyota Agya sebagai mobil irit bahan bakar tak perlu diragukan lagi. Ini lantaran New Agya tersedia dalam pilihan mesin berkapasitas kecil, 1,0 liter dan 1,2 liter. Dimensinya yang ringkas dan bobotnya yang kecil turut berkontribusi menyumbang efisiensi bahan bakarnya.

Konsekuensinya, performa yang ditawarkan tidaklah istimewa. Mesin 1,0 liter milik mobil Toyota Agya menghasilkan tenaga 67 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 89,2 Nm pada 4.400 sampai 4.200 rpm. Mesin yang lebih bertenaganya sekalipun tak terlalu signifikan bedanya. Mesin 1,2 liter bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 107,8 Nm pada 4.200 rpm.

Hasilnya cukup untuk menjadi moda transportasi pribadi di dalam kota. Namun kalau terpaksa harus dipakai menanjak medan curam saat kendaraan penuh terisi 5-penumpang, butuh perjuangan ekstra bagi New Agya untuk sampai dapat ke puncaknya. Bukan artinya tidak mampu, hanya memang melintasi medan curam terasa tak semudah mobil lain yang bermesin lebih besar.

Untungnya, Toyota menawarkan dua pilihan transmisi untuk New Agya. Manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk pemakaian dalam kota yang santai, tipe bertransmisi otomatis 4-percepatan bisa jadi pilihan. Tapi bila Anda tinggal di daerah dengan kontur jalan bervariasi, transmisi manual 5-percepatan pilihan yang paling masuk akal.

3. Fitur dan Kelengkapan

Beruntung versi penyegaran kedua Toyota Agya mendapat sejumlah fitur baru. Dua versi awalnya, mobil ini sangat minim fitur bahkan cenderung lebih layak disebut sangat sederhana. Bayangkan saja, mobil termurah Toyota di Indonesia ini sekarang punya fitur Start-Stop Button untuk menghidupkan dan memadamkan mesin.

Selain itu adapula sistem multimedia layar sentuh berukuran 7-inci yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Pengoperasian audio pun bisa dikontrol dari lingkar kemudi. Kemudian mobil Toyota Agya juga sekarang punya kaca spion samping yang dapat dilipat secara elektronik.

Di bagian luar, lampu utama versi TRD Sportivo sudah pakai proyektor. Ada LED light guide pula yang berfungsi sebagai lampu senja sekaligus lampu berkendara siang hari. Lalu di bagian belakang tertanam sensor parkir dua titik.

Fitur keselamatan sudah cukup lengkap. Misalnya dual SRS airbag hingga rem ABS (Anti-lock Brake System) dan EBD (Electronic Brake Force Distribution). Kursi ISOFIX atau pengait untuk child seat sudah tersedia.

4. Kekurangan Agya Dibanding Kompetitor Sekelas

Terdengar sempurna untuk ukuran mobil mungil berharga terjangkau? Memang, tapi persaingan di segmen ini kian ketat. Kompetitor lain punya kelebihan masing-masing. Honda Brio  baru misalnya, sudah lebih dahulu diterapkan panel AC digital dan punya mesin yang paling bertenaga di kelasnya. Ia juga punya desain eksterior paling sporty dan mewah.

Lihat saja handle pintu mobil Agya baru yang masih model kuno. Malah lubang kunci pintu masih kurang memperhatikan estetika. Belum lagi pintu bagasi xmobil Toyota Agya hanya bisa dibuka menggunakan kunci atau lewat tuas di dekat kursi pengemudi. New Brio sudah punya tombol pembuka pintu bagasi dari luar.

Sistem multimedia layar sentuh pertama diperkenalkan oleh Datsun Go di kelas ini. Head Unit 2DIN layar sentuh Datsun Go juga sudah dapat terkoneksi dengan smartphone sehingga dapat menampilkan navigasi.

Tombol Start-Stop pun sekarang dimiliki oleh mobil Suzuki Ignis. City car andalan Suzuki yang baru berbenah itu tak mau kalah dengan menambah sejumlah fitur baru agar tetap mampu bersaing dengan para kompetitornya.

5. Kesimpulan dan Harga

Kesimpulannya, kalau membandingkan New Agya dengan para rival di segmennya memang sulit. Kembali ke selera masing-masing. Tapi Toyota punya senjata andalan yang tak dimiliki para kompetitornya itu. Jaringan purna jual yang terbanyak dan tersebar hingga ke pelosok pedesaan sekalipun. Begitupun dengan ketersediaan suku cadang yang mudah ditemui.

Begitupun soal fitur keselamatan. Memang sudah tersedia rem ABS+EBD dan dual SRS Airbag. Tapi kedua fitur keselamatan itu memang peranti keselamatan standar yang sejatinya wajib dimiliki semua mobil baru. Sayang fitur pengendali traksi atau kontrol stabilitas masih absen. Wajar saja sih, soalnya di kelasnya belum ada yang memiliki fitur ini.

Toh lagipula desain segar dan imbuhan fitur yang baru dijejalkan oleh Toyota pada mobil Agya cukup menjadi bukti komitmen Toyota memberikan produk yang tak murahan kepada konsumen Indonesia. Meski mobil ini dijual dengan harga yang cukup murah. Berikut adalah daftar harga mobil Toyota Agya 2020.

Daftar harga Toyota Agya 2020

1.0 G M/T                    Rp. 143.800.000

1.2 G M/T                    Rp. 148.100.000

1.2 G M/T TRD            Rp. 153.445.000

1.0 G A/T                     Rp. 156.810.000

1.2 G A/T                     Rp. 161.640.000

1.2 G A/T TRD             Rp. 169.290.000

Komentar

Mobil Terbaru