Perkenalkan IONIQ 5, Hyundai Semakin Fokus ke Masa Depan Industri Mobil Listrik

Dhoni · 25 Feb, 2021 14:00

Perkenalkan IONIQ 5, Hyundai Semakin Fokus ke Masa Depan Industri Mobil Listrik 01

Hyundai Ioniq 5 hadir dengan platform E-GMP

Hyundai Ioniq 5 baru saja meluncur secara global sebagai penanda era elektrifikasi pabrikan asal Korea. Kehadiran Ioniq 5 ini adalah bentuk Hyundai untuk turut serta dalam kepedulian pada lingkungan.

Menurut kabar, IONIQ akan menjadi nama sub brand dari Hyundai yang khusus menggarap mobil listrik di masa depan. Artinya, Hyundai dan IONIQ akan memiliki fokus yang berbeda dalam industri otomotif. 

Hyundai Ioniq 5 hadir dengan menggunakan platform khusus dari Hyundai Motor Group, yakni Electric-Global Modular Platform (E-GMP).  Namun secara disain, Hyundai Ioniq 5 terinspirasi dari model Hyundai Pony, mobil produksi pertama dari Hyundai. 

Pihak Hyundai memang sengaja mengunakan disain dari Hyundai Pony pada Ioniq 5 karena dianggap tidak lekang dimakan zaman. Wheelbase Hyundai Ioniq 5 pun cukup panjang mencapai 3 meter atau lebih panjang 300 mm dari model sebelumnya.

 

Perkenalkan IONIQ 5, Hyundai Semakin Fokus ke Masa Depan Industri Mobil Listrik 02

Hyundai Ioniq 5 mengusung disain Hyundai 45 concept

Walau mengklaim Ioniq 5 berasal dari desain Hyundai Pony, namun dapat dilihat garis yang tegas begitu terlihat pada Hyundai Ioniq 5 ini ada kemiripan pada disain Hyundai 45 concept.

Baca juga:

Mobil Listrik KIA CV Semakin Siap Meluncur di Maret 2021

Nissan Leaf Siap Meluncur di Indonesia, Pasar Mobil Listrik Makin Sengit

Dari tampilan bagian depan, bumper Hyundai Ioniq 5 seperti berbentuk huruf V yang seperti terbagi dua. Dua buah daytime running lights (DRL) berbentu kotak berada di setiap sisi Hyundai Ioniq 5.

Pada bagian samping Ioniq 5, guratan garis tegas berbentuk diagonal memberi kesan mobil listrik buatan Hyundai terlihat garang. Kian lengkap dengan kesan sporty dan futuristik dirasakan pada bagian belakang Hyundai Ioniq 5 melalui desain lampu belakang yang sipit berbentuk kotak.

Perkenalkan IONIQ 5, Hyundai Semakin Fokus ke Masa Depan Industri Mobil Listrik 03

Tampilan Hyundai Ioniq 5 terlihat tegas

Hal menarik pada tampilan Hyundai Ioniq 5 di bagian roda yang berukuran 20 inci. Pihak Hyundai mengatakan bahwa pengunaan ukuran roda tersebut memberikan efek aerodinamis yang sangat baik.

Interior IONIQ 5 Pakai Bahan Ramah Lingkungan

Hyundai melalui IONIQ 5 berusaha konsisten dalam menjaga lingkungan. Untuk itu, Hyundai mengaplikasikan bahan ramah lingkungan pada jok, sandaran kepala, lantai, door trim dan sandaran tangan.

Perkenalkan IONIQ 5, Hyundai Semakin Fokus ke Masa Depan Industri Mobil Listrik 04

Interior Hyundai Ioniq 5

Untuk bagian kabin, Hyundai Ioniq 5 mengusung tema living space. Sedangkan konsep ‘Universal Island’, terlihat pada konsol tengah yang dapat digeser mundur sejauh 140mm. Kemampuan tersebut membuat kabin terasa lapang, terlebih dengan tersedianya sunroof.

Untuk pengaturan jok, Ioniq 5 telah memakai sistem elektrik. Kemampuan lain yang membuat kabin Hyundai Ioniq 5 makin terasa luas adalah jok yang dapat direbahkan hingga sudut maksimal.

Perkenalkan IONIQ 5, Hyundai Semakin Fokus ke Masa Depan Industri Mobil Listrik 05

Urusan infotaiment, Hyundai berusaha memanjakan penggunanya. Pada bagian tengah dashboard, terpampang layar sentuh layar berukuran 12 inci dan hoodless digital gauge cluster 12 inci dengan gaya cukup futuristik. Untuk bagian kaca depan Ioniq 5 juga dapat difungsikan menjadi layar berkat teknologi Augmented Reality Head-Up Display (AR HUD).

Di dalam kabin Hyundai Ioniq 5, juga telah tersedia fitur V2L yang inovatif. Fitur V2L dapat membuat pengguna melakukan pengisian daya listrik pada perabotan seperti laptop maupun sepeda listrik. Kemampuan pengisian V2L mencapai 3,6 kW yang tersedia di dalam kabin dan di luar mobil.

Hyundai Ioniq 5 Didukung Dua Pilihan Baterai dengan Pengisian Cepat

Untuk kapasitas baterai pada Hyundai Ioniq 5 tersedia dalam 58 kWh dan baterai 72,6 kWh. Pihak Hyundai mengklaim kemampuan pengisian dari 10 persen hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 18 menit saja pada daya 350 kW. Bahkan dalam keadaan darurat, Hyundai Ioniq 5 hanya membutuhkan waktu pengisian 5 menit untuk menempuh jarak sejauh 100 km.

Perkenalkan IONIQ 5, Hyundai Semakin Fokus ke Masa Depan Industri Mobil Listrik 06

Hyundai Ioniq 5 hanya butuh waktu 5 menit pengisian daya untuk menempuh 100 km

Selain dengan dua pilihan baterai, Hyundai Ioniq 5 juga memberikan dua pilihan posisi motor listrik. Tersedia dalam posisi motor belakang saja atau dengan motor penggerak bagian depan dan belakang.

Fitur keselamatan Hyundai Ioniq 5, Standar Masa Depan

Hyundai Ioniq 5 telah dibekali dengan Hyundai SmartSense model terbaru hingga teknologi semi-otonom. Fitur lainnya yang juga memberikan perlindungan saat berkendara meliputi Highway Driving Assist 2 (HDA 2), Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Driver Attention Warning (DAW), High Beam Assist (HBA) dan lainnya.

Untuk harga, pihak Hyundai memang belum memberikan informasi. Namun dipastikan akan segera diumumkan menjelang penjualanHyundai Ioniq 5. Tetapi untuk di Indonesia masih tidak dapat dipastikan kehadiran mobil listrik buatan Hyundai ini.

 

Komentar