Perlengkapan atas Sketsa mobil: Battle on paper, Mitsubishi Xpander Cross dan Nissan Livina yang merupakan raja terkuat

Adji · 25 Des 2020 13:00

Salam dari penulis

Halo pembaca Autofun. Salam.

Jumpa kembali pada laman review singkat dan sketsa otomotif.

Sepintas Teknis Obyek Kendaraan yang akan dibuat dengan Sketsa

Ulasan kali ini agak berbeda, pertama karena kita tidak bahas spesifikasi kendaraan dan kedua sketsa menampilkan 2 kendaraan sekaligus dari merk yang berbeda namun mempunya platform yang sama.

Kendaraan tersebut saat ini sedang populer dan bersaing ketat merebut hati masyarakat otomotif di Indonesia, yaitu jenis LMPV 7 seater, AWD tersebut Mitsubishi Xpander dan Nissan All New Grand Livina.

Sketsa dengan genre modifikasi yang berbeda

Kita akan membuat sketsa tampilan kedua jenis kendaraan tersebut dengan 2 cara genre modifikasi yang berbeda juga.

Sedikit pemilihan modifikasinya mengacu pada sifat brand tersebut pada habitatnya.

Untuk Mitsubishi Xpander kita pilih ke modifikasi bergenre Rally Style, pemilihan tersebut didasarkan pada merk Mitsubishi yang memang terkenal dan sangat suka mengikuti dan menggeluti bahkan beberapa kali menjuarai ajang rally tingkat local sampai dengan internasional.

Lain halnya dengan Nissan, merk ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Nissan terkenal dengan pabrikan yang sangat mumpuni membuat mesin performa ganas. Salah satu produknya bahkan mendapat julukan GODZILLA pada Nissan GTR yang meskipun dengan harga jauh di bawah supercar-supercar buatan Eropa namun untuk kebuasan mesinnya setara bahkan pada beberapa kasus bisa dianggap lebih. Dasar tersebut kita akan membuat sebuah Livina menjadi City Sleeper, sebuah sebutan mobil biasa yang mempunyai performa tersembunyi.

Langkah 1

Seperti biasa memulai dengan membuat corat-coret siluet mobil dengan tipis dan tekanan pensil mengambang sampai proporsi bentuk dasar dan sudut pandangnya kita dapatkan sesuai dengan keinginan kita.

Sketsa awal mencari proporsi dan ide untuk Xpander

Awal pencarian proporsi dan ide pada Livina

Langkah 2

Tahapan selanjutnya adalah membayangkan modifikasi dan aksesori apa yang sesuai pada masing-masing kendaraan.

Pada Xpander kita akan beri warna Sunrise Orange Metallic milik Mitsubishi Triton, selanjutnya pasang Headlight Guard dari bahan serat fiber custom mengingat aksesori tersebut tidak tersedia di pasaran, serta penambahan Front Garnish dengan Foglamp kotak, Lower tail gate dan rear Garnish, Side Skirt, Spoiler belakang dan dan tambahan cat eyes  pada roofrack dan tambahan LED Fog lamp nyala kuning 7 inci yang dibenamkan dibalik Headlight Guard.

Grill depan tengah diganti Honeycomb Polos sampai garnish bawah.

Untuk sektor kaki menggunakan  ring 16 X 7 besutan VTX  RALLY 5 SPOKE DECAL. Ban profile 55 disesuaikan.

VTX  RALLY 5 SPOKE DECAL

Sketsa Tampilan awal Xpander

Langkah 3

Buat goresan dari tipis sedikit demi sedikit menuju ke warna kuat.

Selanjutnya pada Livina dipilih warna Deepblack dari Blinken, untuk memberikan kesan sebuah city sleeper, ubahan yang kita buat juga cenderung tidak mencolok, elegan namun eye catching. Pertama adalah membongkar atap dan dirubah menjadi Ragtop dengan bahan terpal bestop dan mekanik rel dari WEBASTO, Lowering kit untuk sector kaki dan penggantian kaki dengan Alloy wheel tampilan klasik model Bug Retro  diameter 15 x 70 keluaran HSR MOON MIRROR. Ban profile 50 disesuaikan. Karena city sleeper tentu ubahannya tidak banyak secara eksterior, namun terlihat lebih berkelas.

HSR MOON MIRROR

Sketsa Pose awal Livina

Langkah 4

Buat gelap terang warna dengan goresan dari tipis ke tebal sesuai kontur badan kendaraan dan arah cahaya yang diinginkan.

Memperkuat detil

Langkah 5

Beri penekanan warna dengan mempertebal dan bantuan warna yang lebih kuat atau lebih gelap untuk mendapatkan efek dramatis dan lekuk badan yang tegas.

Dalam membuat doodle kita tidak perlu memperhatikan kerapihan dan detil, yang terpenting pesan dari bentuk dan maksud si pembuat sketsa gambar tersebut tersampaikan.

Hasil Akhir

Nah demikian sketsa pada tayangan kali ini, bisa menjadi referensi atau alternatif dalam memodifikasi.

Bagi pembaca, silakan apabila ada saran dan masukan tentang sketsa apa yang akan saya buat dalam konten saya yang berikutnya pada kolom komentar di bawah ini.

Follow Instagram ig@sketcarsm.

Terimakasih dan jangan lupa selalu bahagia.

Komentar

Mobil Terbaru