window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perlukah Anda Mempertimbangkan Nissan Leaf 2020 Saat Ia Diluncurkan di Indonesia?

Eko Kamil · 9 Jan, 2020 15:32

Perlukah Anda Mempertimbangkan Nissan Leaf 2020 Saat Ia Diluncurkan di Indonesia?  01

Sebelum Nissan Leaf diluncurkan di Indonesia tahun ini pada 2020, berikut adalah pro dan kontra, serta hal penting dari mobil listrik (EV) ini yang perlu Anda ketahui.

Nissan Leaf merupakan kendaraan yang memiliki daya jelajah panjang. Ia memiliki sistem infotainment yang dioperasikan dengan layar sentuh. Ia memiliki interior yang luas dan memberikan kenyamanan berkendara. Serta ia juga memiliki fitur over-the-air update (OTA update).  

Akan tetapi, sebagian besar fitur driver assist hanya tersedia pada Leaf kelas atas, dan ia memiliki daya jelajah yang lebih pendek daripara kompetitor utamanya dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Tapi pada intinya adalah Nissan Leaf merupakan mobil listrik yang hebat. Ia bisa menjadi mobil keluarga pertama maupun kedua. Jika saja Ia memiliki daya jelajah lebih panjang dan durasi pengisian daya lebih cepat, ia akan dengan mudah mendapat tempat di pasar mobil listrik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apakah Mobil Nissan Leaf 2020?

Nissan Leaf pertama kali hadir pada tahun 2010 dan sejak itu Leaf telah terjual hampir setengah juta unit. Yang lebih baru, generasi kedua Nissan Leaf diperkenalkan pada tahun 2018. Model ini memiliki kekuatan tenaga kuda dan torsi yang setara, masing-masing 147hp dan 236 lb-ft. Ini adalah sebuah peningkatan - HP meningkat 37 persen sementara tenaga torsi meningkat 26 persen dari Leaf keluaran sebelumnya.

Para insinyur Nissan telah melakukan pekerjaan hebat pada baterai. Mereka melakukan rekayasa ulang paket baterai lithium-ion sehingga ia memiliki kapasitas yang sama seperti baterai sebelumnya, tetapi kemampuan daya jelajah bisa mencapai 250 mil tergantung pada kelasnya (trim level). Nissan Leaf mampu berjalan sampai 225 mil dengan pengisian daya sampai 91 persen. Dengan kemampuan daya jelajah ini, "range anxiety” (kecemasan akan kehabisan daya) berkurang banyak jika Anda mengendarai model terbaru Leaf yang berkapasitas baterai rata-rata 3.7 kWh/m.

Tampilan Eksterior Nissan Leaf 2020

Nissan Leaf 2020 memiliki tampilan eksterior yang sangat cantik dan dinamis. Ia tampak jauh lebih menarik daripada generasi pertama Nissan Leaf. Khususnya, bagian belakang mobil tampak sangat bergaya.  Desain bodinya mendukung aerodinamis yang efektif, memberikan titik berat (center of gravity) yang rendah. Lampu utama LED dengan sistem “Direct Lens” memberikan pencahayaan yang baik dikombinasikan dengan desainnya yang bergaya.

Interior Nissan Leaf 2020

Perlukah Anda Mempertimbangkan Nissan Leaf 2020 Saat Ia Diluncurkan di Indonesia?  01

Interior Nissan Leaf sangat luas dan nyaman. Kursinya sangat nyaman dan kuat. Permukaan dasbor dan pintu terasa lembut, serta heated steering wheel-nya sangat berguna di musim dingin.

Sistem Infotainment

Berbicara tentang sistem infotainment dari Leaf 2020, pengulas tidak membahas banyak mengenai sistem audio, tetapi kualitas suara menurut saya luar biasa. Bluetooth sangat mudah diset. Model displai sistem infotainment meningkat ke ukuran 8 inci dari yang sebelumnya berukuran 7 inci. Antarmuka (interface) dari sistem infotainment memungkinkan kustomisasi yang baik sehingga Anda bisa mengatur fitur-fitur favorit agar lebih mudah diakses.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Nissan LEAF memungkinkan over-the-air updates (OTA updates), memiliki satu porta USB dan kontrol dengan suara, serta menyediakan Amazon Alexa dan Google Assistant.

Kecerdasan Mobil

Nissan Leaf 2020 memiliki fitur “Intelligent Driving” yang terdiri dari dua fungsi. Fungsi ini meliputi sistem ProPILOT Assist, yang membuat mobil berjalan secara otomatis mengikuti alur jalanan dan melakukan fungsi pengereman. Fungsi kedua adalah “e-pedal”, di mana si pengemudi dengan hanya menggunakan pedal akselerator, bisa mengontrol kecepatan kendaraan, termasuk melakukan deselerasi. Tersedia pedal rem juga. 

Nissan memperkirakan bahwa e-pedal mampu menangani lebih dari 90 persen kecepatan mengemudi harian. Penggunaan e-pedal perlu dipelajari tetapi ketika sudah terbiasa, Anda akan menyukainya dan menggunakannya.

Baterai-baterai Nissan Leaf didinginkan dengan udara. Kurangnya manajemen suhu baterai termal adalah alasan mengapa banyak pengulas dan penggemar otomotif meremehkan mobil ini dan mengesampingkannya sebagai mobil listrik yang layak. Akan tetapi, banyak juga yang memuji Nissan atas keunikannya dan usahanya dalam inovasi pendinginan dengan udara. Serta, Nissan Leaf memiliki garansi hingga 8 tahun atau 100.000 mil atas kapasitas baterai yang berkurang secara berlebihan. 

Menurut pemilik Nissan Leaf di luar negeri, Leaf terasa sangat stabil. Ia memberikan kenyamanan berkendara dengan interiornya yang tenang. Akselerasinya cukup bagus dan ia memiliki sistem infotainment layar sentuh yang hebat.

Pengisian Daya Nissan Leaf 2020

Perlukah Anda Mempertimbangkan Nissan Leaf 2020 Saat Ia Diluncurkan di Indonesia?  02

Pemilik Nissan Leaf mengisi daya beberapa hari sekali saat kembali dari bekerja dengan menggunakan outlet biasa di garasi. Proses pengisian daya pelan tetapi lebih dari cukup untuk perjalanan harian. Pemilik bisa menggunakan fitur pengisi daya cepat atau perencanaan perjalanan jika akan melakukan perjalanan jauh. 

Nissan Leaf di luar negeri hadir dengan tiga level (trim level), dan porta pengisi daya cepat yang baru bisa mengisi baterai lithium-ion mobil hingga 80 persen dalam 45 menit. Nissan Leaf juga bisa diisi dayanya dengan pengeraman regeneratif. 

Anda mungkin bertanya apa kelebihan Nissan Leaf sehingga harganya lebih mahal daripada harga beberapa kendaraan listrik kompetitornya. Jika Anda memperhatikan mobil apapun pada kemampuan daya jelajahnya, mobil-mobil tersebut, termasuk Nissan Leaf akan kalah dari beberapa kompetitornya. Demikian pun jika harga merupakan satu-satunya faktor ketika Anda menggambil keputusan. Namun, Anda perlu mempertimbangkan banyak faktor ketika membeli sebuah mobil listrik.

Kesimpulan

Diperkirakan Nissan Leaf akan dijual dengan kisaran mulai dari 700 juta rupiah hingga 800 jutaan rupiah. Nissan Leaf merupakan mobil listrik yang hebat. Meskipun belum mendapat nama sebesar Tesla, Nissan Leaf layak untuk direkomendasikan di pasar mobil listrik. Tergantung dari kebutuhan Anda berkendara, Nissan Leaf bisa menjadi mobil keluarga pertama atau kedua Anda yang hebat.

Ngomong-ngomong, jika Anda memiliki keluarga, Anda mungkin tertarik untuk meliriknya. Seorang pemilik Nissan Leaf berkendara dengan anggota keluarga, total sebanyak 5 orang, di dalam mobil ini, melakukan perjalanan harian, mengantar dan menjemput anak-anak sekolah, serta berkendara ke gereja pada hari Minggu. Istri dan 3 anaknya mengacungkan jempol untuk Nissan Leaf 2020 ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Nissan Leaf 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil