window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Permintaan Mobil Bekas Jenis LCGC Melonjak, Honda Brio Paling Banyak Dicari

Prasetyo · 14 Apr, 2023 14:01

Permintaan Mobil Bekas Jenis LCGC Melonjak, Honda Brio Paling Banyak Dicari 01

Harga BBM (Bahan Bakar Minyak) yang terus naik, ternyata berdampak pada pemilihan masyarakat saat membeli mobil. Mobil-mobil yang terkenal hemat BBM, kini semakin diburu, satu diantaranya mobil kategori LCGC (Low Cost Green Car).

Bahkan kecenderungan peralihan minat jenis mobil ini bukan cuma berlaku untuk penjualan mobil baru, tapi juga mobil bekas. Andrew Mawikere, CEO CARSOME Indonesia menjelaskan, saat ini tren pembelian mobil bekas jenis LCGC alami peningkatan cukup pesat sejak tahun lalu.

Permintaan Mobil Bekas Jenis LCGC Melonjak, Honda Brio Paling Banyak Dicari 02

Honda Brio Satya masuk kategori LCGC

Baca juga: CARSOME Academy Kolaborasi dengan UNJ Cetak Mahasiswa Terampil yang Siap Terjun di Industri Otomotif

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Kira-kira setelah September 2022 LCGC ini naik terus," kata dia ketika ditemui di acara CARSOME Insight 2022 di Jakarta, Kamis (13/04/2023).

Dirinya menambahkan, saat ini penjualan mobil bekas di CARSOME memang masih didominasi tipe LMPV. Namun tren penjualan LCGC bekas trus naik. "Saya pikin nantinya bisa mendekati penjualan LMPV," kata Andrew.

Masyarakat Cari Mobil Bekas Irit BBM

Permintaan Mobil Bekas Jenis LCGC Melonjak, Honda Brio Paling Banyak Dicari 01

Mitsubishi Xpander bekas jadi LMPV yang paling banyak diminati

Satu alasan yang menurut Andrew menjadi sebab LCGC semakin banyak permintaannya adalah efisiensi bahan bakar dari mobil tersebut. "Kalau sebelumnya mungkin dia punya SUV atau sedan, kemudian dia jual atau beli unit tambahan yang LCGC seperti Brio, Ayla, Agya, dan sebagainya," jelas Andrew.

Dalam catatan CARSOME, model mobil bekas terlaris selama tahun lalu datang dari Honda Brio. Sementara Mitsubishi Xpander berhasil menjadi merek terlaris kategori LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) yang diikuti oleh Toyota Avanza setelah pada 2021 jadi nomor satu untuk kategori LMPV. Sedangkan Honda HR-V berhasil masuk di peringkat keempat teratas dan terlaris di kategori SUV.

Baca juga: Bawa Pilihan Beragam CARSOME Beri Jaminan Kepuasan Pelanggan di Carsentro Auto Week Bogor

Penjualan CARSOME Melonjak 5X Lipat

Permintaan Mobil Bekas Jenis LCGC Melonjak, Honda Brio Paling Banyak Dicari 02

Toyota Avanza sempat jadi mobil terlaris di CARSOME pada 2021

Secara total, Andrew menjelaskan CARSOME pada periode 2022 bisa berhasil menjual sekitar 5.000 unit mobil bekas ke tangan konsumen. Ini belum ditambah wholesales yaitu pendistribusian ke rekanan diler yang ada di seluruh Indonesia.

Total pencapaian ini naik lebih dari lima kali lipat dibanding periode sebelumnya. Sedangkan untuk tahun ini, diprediksi angka yang bakal dicapai bisa lebih baik lagi. Mengingat kebutuhan pasar akan mobil seken juga terus berkembang.

Permintaan Mobil Bekas Jenis LCGC Melonjak, Honda Brio Paling Banyak Dicari 03

Pilihan mobil bekas berkualitas di CARSOME

"Kebutuhan konsumen selalu berkembang secara dinamis, terlebih dengan semakin beragamnya kebutuhan mobilitas dan ketersediaan ragam pilihan yang menarik di pasar industri mobil bekas. CARSOME selalu berusaha memberikan layanan terbaik dan terintegrasi bagi konsumen kami, memahami pentingnya mengenal kebutuhan konsumen secara mendasar hingga tren yang berkembang di antara konsumen," tutup Andrew.

Baca juga: Bikin Tenang Selama Perjalanan Mudik, CARSOME Hadirkan Emergency Roadside Assistance

@autofun.indonesia Nyari LMPV Bekas Buat Mudik? Coba Pertimbangkan yang Satu Ini! #reviewmobil #mobilmudik #tipsmobilbekas #mobilbekas ♬ 80s city pop style fusion(830596) - Red Cat Blue

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil