window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pernah Dengar Istilah Ban Mobil All Season dan Ban Musim Panas? Yuk Pahami Fungsinya Biar Gak Salah Pasang

Prasetyo · 15 Jul, 2021 10:07

Ban Mobil All Season

Tipe dan jenis ban mobil tentu berbeda-beda. Semuanya dibuat oleh para produsen ban demi memenuhi kebutuhan dari konsumen yang beragam pula.

Misalnya ada yang membutuhkan ban mobil all season, ada yang butuh ban musim panas, ada juga yang butuh ban untuk musim salju (winter). Masing-masing ban ini tentu punya karakteristik tersendiri.

Ban mobil all season -1

Beda jenis ban, beda pula karakternya

Bagi pemilik kendaraan, Apriyanto Yuwono, National Sales Manager PCR Radial Tire PT. Hankook Tire Sales Indonesia menekankan penting untuk mengetahui jenis ban mobil sesuai peruntukannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Sering Disepelekan, Ternyata Ini Penyebab Lain Ban Tubeless Sering Kempes

Pilih Ban Mobil Sesuai Kondisi Medan yang Ditempuh

Pilihlah ban yang cocok dengan kondisi cuaca keberadaan Anda dan medan yang akan ditempuh tentunya akan memberikan pengendalian terbaik bagi Anda. Apriyanto menyebutkan, produsen ban di Indonesia umumnya menyediakan dua jenis ban. Yakni ban musim panas (summer tire) dan ban semua musim (all-season tire).

Ban mobil all season -2

Performanya terbaik saat temperatur jalan tinggi

Ban musim panas menjanjikan level cengkraman yang handal di jalanan baik basah maupun kering selama musim panas. Sementara ban mobil all season memiliki kapabilitas seimbang baik secara durabilitas dan performa dalam menghadapi musim panas maupun musim hujan.

Beda Karakter Ban Summer dan Ban All Season

Apriyanto lebih lanjut menjelaskan, ada perbedaan struktur ban dan juga performa yang spesifik dari kedua jenis ban mobil ini. Ban musim panas didesain untuk memberikan stabilitas dalam berkendara. Dibuat dari senyawa kompon campuran karet sehingga bentuk ban tidak mudah berubah saat digunakan di jalanan bertemperatur tinggi.

Ban mobil all season -3

Punya kemampuan terbaik di jalan basah dan kering

Sementara itu, ban mobil all season didesain untuk menghasilkan traksi optimal dengan menyeimbangkan kapasitas seperti cengkraman ban, pengereman, dan tikungan demi memberikan kenyamanan berkendara khususnya saat musim hujan. Ban ini biasanya punya alur yang lebih dalam dan desain tapak yang simetris, sehingga pengendara punya banyak opsi memaksimalkan keausan berbagai sisi ban saat rotasi.

Baca juga : Bukan Cuma Menambah Kegantengan, Ternyata Ini Fungsi Utama Strutbar yang Belum Banyak Orang Tahu

Sebaiknya jangan Pakai Ban All Season untuk Mobil Ini

Ban mobil tipe summer tire cocok bagi kendaraan berperforma tinggi (high-performance). Tapi jika Anda menginginkan ban yang dapat digunakan jangka panjang dan mampu beradaptasi dengan baik saat musim panas dan hujan maka ban segala musim adalah pilihan terbaik.

Disatu sisi, apabila Anda memiliki kendaraan high-performance dan ingin merasakan pengalaman berkendara yang ekstrim pada musim kemarau sebaiknya jangan menggunakan ban all-season tapi pilihlah ban summer.

Ban mobil all season -4

Hankook juga punya ban summer dan all season

Untuk ban musm panas, Hankook punya tipe Ventus Prime3 yang memiliki struktur lapisan ban yang sangat ideal untuk pengendalian handling di jalanan kering dan basah dari kawat baja hingga senyawa silika dengan daya cengkramnya yang tinggi.

Sedangkan untuk ban segala musim ada Hankook Ventus V2 concept2 yang didesain dengan teknologi noise control untuk mengemudi dengan minim kebisingan. Struktur ban dilengkapi dengan senyawa karbon yang meningkatkan cengkraman pada kondisi basah dan mengurangi resistansi gulir. Ban ini juga memiliki sistem pola tapak ban yang bisa melindungi ban dari keausan tidak merata dan juga keamanan saat berkendara pada kondisi jalan basah.

Baca juga : Biang Keladi dari 6 Permasalahan Ban Mobil yang Wajib Diketahui

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil