Perodua Ativa Raih Poin Tertinggi Uji Keselamatan ASEAN NCAP, Jaminan Kualitas Fitur Ala Daihatsu Rocky 2021

Yongki Sanjaya · 5 Mar, 2021 18:00

Perodua Ativa Raih Poin Tertinggi Uji Keselamatan ASEAN NCAP, Jaminan Kualitas Fitur Ala Daihatsu Rocky 2021 01

Sosok Daihatsu Rocky ini cukup fenomenal, dan berhasil menarik perhatian khalayak luas. Debut perdana kawasan Asia Tenggara dilakukan di Malaysia dalam versi rebranding Perodua Ativa. Mobil yang merupakan rebranding dari Daihatsu Rocky tersebut meraih poin tertinggi dalam pengujian oleh ASEAN NCAP di penghujung tahun lalu. 

Kok bisa unit yang dijual sekarang sudah melakukan pengujian di tahun sebelumnya? Sebenarnya, Perodua ingin meluncurkan Ativa sejak tahun lalu namun karena adanya wabah Covid-19 membuat peluncurannya mundur. Saat sedang mempersiapkan peluncuran, Perodua juga telah mengikutsertakan Ativa dalam uji keselamatan regional tersebut. 

Baca juga:

Harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Bakal Setara Toyota Avanza 2021 dan Daihatsu Xenia 2021

Spesifikasi Perodua Ativa yang Kini Meluncur di Malaysia Mirip Daihatsu Rocky di Jepang, Indonesia Kapan?

Adu Teknologi Keselamatan Aktif Daihatsu Rocky vs Toyota Raize 2021, Walau Kembar Tapi Beda Canggih

Tak tanggung-tanggung, Ativa menyabet skor lima bintang dalam uji keselamatan oleh ASEAN New Car Assessment Program dengan parameter baru. Kini ASEAN NCAP memakai protokol terbaru (2021-2025) yang memasukkan keselamatan pengendara sepeda motor sebagai pilar keempat. 

Perodua Ativa Raih Poin Tertinggi Uji Keselamatan ASEAN NCAP, Jaminan Kualitas Fitur Ala Daihatsu Rocky 2021 02

Sebagai ringkasan, pilar penilaian untuk ASEAN NCAP saat ini adalah:

  • Perlindungan Penumpang Dewasa/Adult Occupant Protection (AOP)
  • Perlindungan Penumpang Anak/Child Occupant Protection (COP)
  • Safety Assist 
  • Keselamatan Pengendara Sepeda Motor

Perodua Ativa menghasilkan skor sempurna dalam uji tabrak dinamis untuk COP.  Kemudian skor AOP mendapat nilai rata-rata, namun diperbaiki oleh adanya sistem keselamatan aktif pada Ativa yang membantu meningkatkan skornya.

Untuk versi Malaysia, Perodua Ativa atau Daihatsu Rocky dibekali 6 airbag, ABS, ESC, dan SBR. Fitur keselamatan aktif untuk Ativa  diantaranya Lane Departure Warning (LDW) Forward Collision Warning (FCW), dan Lane Keep Assist (LKA).

Pihak Perodua sebagai perusahaan pemegang lisensi Daihatsu juga menyediakan fitur Perodua Smart Drive Assist, seperti:

  • Advanced Safety Assist (ASA)
  • Driving Assist (ACC, LKC, BSM, LDW)
  • Parking Assist
  • Headlamp Assist

Skor final ASEAN NCAP dari Perodua Ativa adalah 83,4%, yang menjadikannya mobil dengan peringkat bintang 5. Mobil ini termasuk kategori kendaraan dengan fitur keselamatan dengan sangat baik. 

Semoga saja untuk versi Daihatsu Rocky yang masuk ke Indonesia tidak mengalami downgrade terutama pada sisi fitur keselamatan yang jadi nilai jual utamanya.

Spesifikasi Perodua Ativa, Serupa Daihatsu Rocky di Jepang

Perodua Ativa Raih Poin Tertinggi Uji Keselamatan ASEAN NCAP, Jaminan Kualitas Fitur Ala Daihatsu Rocky 2021 03

Perodua Ativa dibekali mesin yang sama persis dengan Daihatsu Rocky, yaitu tiga liter 1.0 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 98 PS dan 140 Nm. Opsi transmisi yang tersedia yaitu transmisi otomatis tipe CVT. Perlu juga dicatat bahwa D-CVT Ativa berbeda dari CVT biasa yang ada di mobil lain.

Sementara untuk Daihatsu Rocky yang akan masuk ke Indonesia bakal tersedia dalam dua opsi mesin. Selain mesin 1.0 turbo dari Rocky Jepang, terdapat pilihan mesin 1.2 liter biasa yang diadopsi dari mesin milik LCGC Daihatsu-Toyota. 

Perodua Ativa Raih Poin Tertinggi Uji Keselamatan ASEAN NCAP, Jaminan Kualitas Fitur Ala Daihatsu Rocky 2021 04

Kita patut menantikan seperti apa Daihatsu Rocky yang akan meluncur ke Indonesia ini nantinya. Dengan kisaran harga antara Rp200 sampai Rp250 juta diharapkan tidak ada pengurangan fitur esensial. Semoga saja, Daihatsu Rocky versi Indonesia kelengkapan fiturnya bisa menyerupai Perodua Ativa di Malaysia. 
 

Komentar