window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perodua Pamer Mobil Listrik EM-O, Calon Daihatsu Sirion EV?

Prasetyo · 8 Mei, 2023 13:04

Perodua EM-O Concept

Daihatsu Sirion di Malaysia pakai nama Perodua Myvi. Dan kedua mobil ini sama-sama diproduksi di Negri Jiran tersebut. Namun belum lama ini secara mengejutkan Perodua memperkenalkan satu konsep kendaraan listrik terbaru yang dinamakan Electric Motion-Online (EM-O).

Uniknya lagi, konsep yang diperkenalkan dalam pameran Malaysia Autoshow 2023 itu bukan berwujud mobil konsep seutuhnya. Namun hanya berupa mockeup alias miniaturnya saja. Tetapi dipercaya inilah calon hatchback Segmen-B bertenaga listrik dari Perodua. Apakah cikal bakal Daihatsu Sirion EV?

Baca juga: Daihatsu Sirion Generasi Terbaru Bakal Meluncur 2025, Berbagi Platform dengan Vios

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Spesifikasi Perodua EM-O Concept

Perodua Pamer Mobil Listrik EM-O, Calon Daihatsu Sirion EV? 01

Panjang dan lebar tubuhnya sama persis dengan Sirion

Selain dipajang, pihak Perodua juga menjelaskan secara rinci mengenai spesifikasi EM-O Concept. Secara dimensi, mobil ini punya panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.515 mm, dan jarak sumbu roda 2.500 mm.

Perodua EM-O Concept

Daihatsu Sirion versi Indonesia

Dimensi ini ternyata sangat mirip dengan Daihatsu Sirion yang saat ini juga dipasarkan di Indonesia. Bedanya Sirion lebih tinggi 10 mm, sedangkan panjang, lebar, serta wheelbase keduanya serupa.

Daihatsu Sirion EV

Desainnya lebih agresif

Tapi tentunya perbedaan paling signifikan ada di sumber tenaga. Kalau Sirion versi Indonesia pakai mesin 1NR-VE 1.3-liter 4 silinder DOHC Dual VVT-i, maka EM-O menggunakan motor tunggal dan baterai Lithium-Ion berkapasitas 50 kWh.

Daihatsu Sirion EV

Tampilan belakang Daihatsu Sirion

Yang menarik, tenaga puncak dari motor listirk tersebut sama persis dengan mesin bensin pada Sirion 1.3L, yakni 95 PS dengan torsi 121 Nm. Walau tenaga serupa, tapi Perodua EM-O Concdept diklaim bisa sprint 0-100 km/jam hanya dalam 10 detik, dan kecepatan tertingginya 160 km/jam.

Perodua EM-O Concept

Spesifikasi teknis Perodua EM-O Concept

Yang perlu jadi perhatian juga adalah baterai pada EM-O diklaim sanggup membuat mobil melesat hingga 350 km. Ketika baterai kehabisan daya listrik maka bisa menggunakan fasilitas Ultra-Fast Charging. Sehingga pada kondisi baterai 20% menjadi 80%, cukup membutuhkan waktu 20 menit saja. Sementara ketika pakai mode AC charging, maka butuh 7 jam 30 menit sampai kondisi baterai 100%.

Baca juga: 3 Hal Menarik Daihatsu Sirion X 2023, Opsi Hatchback Murah Meriah Dari Brio RS Hingga Agya GR Sport

Calon Daihatsu Sirion EV yang Pakai Platform Baru

Daihatsu Sirion EV

Bagian depan tanpa grill

Dikutip dari rekan kami Wapcar Malaysia, sumber internal Perodua menyatakan kalau EM-O Concept nantinya bakal dibangun dari platform yang sama sekali baru. Jadi bukan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) seperti beberapa model Perodua dan juga diaplikasikan ke Diahatsu Sirion atau Daihatsu Rocky di Indonesia.

Daihatsu Sirion EV

Tampilan belakangnya

Platform ini dikatakan oleh sumber tersebut juga didesain khusus untuk model elektrifikasi Perodua. Ini lantaran ada niat dari pihak pabrikan Malaysia itu untuk bergerak ke arah kendaraan listrik. Bahkan Perodua sudah menargetkan untuk bisa memproduksi sendiri model hybrid secara lokal.

Daihatsu Sirion EV

Akan diproduksi oleh Perodua

Adapun kata "Online" mengacu pada berbagai fitur di mobil ini yang memungkinkan layanan perdonalisasi digital secara online. Menggabungkan sistem IOT dan AI, EM-O bisa terhubung dengan dunia sekitarnya, termasuk mencari atau melakukan sistem pengisian daya baterai.

Jadi, apakah Daihatsu Sirion EV akan segera terwujud?

Baca juga: 5 Alasan Beli Daihatsu Sirion Bekas, City Car Underrated yang Punya Banyak Kelebihan

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia