Persaingan Wuling Almaz 2021 vs Honda CR-V 2021 Makin Ketat, Kali Ini Adu Hebat WISE vs Honda SENSING

Budi · 8 Feb 2021 18:30

Persaingan di antara Honda CR-V dan Wuling Almaz tampaknya akan semakin seru. Apalagi keduanya kini sama-sama diberitakan akan segera memperkenalkan versi facelift dari SUV unggulan pabrikan Jepang dan China ini dalam waktu dekat. Yang menarik, rivalitas Wuling Almaz 2021 vs Honda CR-V 2021 ini akan semakin dipicu dengan kehadiran teknologi canggih yang ditawarkan keduanya: WISE vs Honda SENSING.

Rivalitas semakin ketat antara Wuling Almaz vs Honda CR-V 

Sebelumnya, pada bulan Januari lalu, Wuling Motors di Indonesia sempat memperkenalkan salah satu teknologi yang mereka miliki, yaitu Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). WISE ini merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna mobil Wuling bisa dengan mudah terhubung dengan kendaraannya melalui koneksi internet serta kehadiran Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang menyuguhkan berbagai fitur bantuan tingkat lanjut bagi pengemudi saat berkendara.

Wuling Almaz 2021 diprediksi tak hanya facelift tapi juga dibekali WISE

Cerita serupa juga dihadirkan oleh Honda melalui Honda CR-V. Setelah meluncur di Thailand dan Malaysia di akhir tahun 2020 lalu, Honda CR-V facelift memang belum diperkenalkan di sini. Namun pada akhir Januari 2020 lalu, Honda CR-V 2021 yang telah mendapatkan facelift tampak terekam kamera foto di Indonesia. Dan berdasarkan foto tersebut diperkirakan Honda CR-V 2021 akan mendapatkan fitur modern terbaru, Honda SENSING.

Honda CR-V 2021 akan mendapatkan fitur ADAS melalui Honda SENSING

Berbeda dengan WISE yang menyuguhkan fitur internet car dan ADAS, Honda SENSING sepenuhnya merupakan istilah lain dari teknologi ADAS yang dimiliki oleh Honda. Pada siaran pers yang diberikan oleh pihak PT Honda Prospect Motor bulan November 2020 lalu, disebutkan bahwa Fitur ini merupakan rangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang. Fungsi yang ditawarkan antara WISE dan Honda SENSING memang nyaris serupa. 

Perbandingan Wuling WISE vs Honda SENSING

Pada WISE, Wuling Motors juga memberikan teknologi Internet Car dimana fitur ini memungkinkan pengguna mobil dapat berhubungan dengan mobilnya melalui ponsel pintar dan head unit. Fitur-fitur yang dapat diatur melalui ponsel antara lain Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security hingga Bluetooth Key.` Sementara pada head unit yang ada di mobil, tersedia Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App yang didukung dengan perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

Wuling WISE menjanjikan kenyamanan berkendara, bahkan ada saat macet

Sementara untuk fitur ADAS, Wuling membaginya dalam empat kategori yaitu: Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA), kemudian Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). 

Selanjutnya adalah Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Dan yang terakhir adalah Automatic Light, yang diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Rangkaian fitur ADAS pada Honda CR-V 2021

Sedangkan untuk Honda CR-V, berdasarkan daftar fitur pada Honda CR-V yang dijual di Malaysia, pihak Honda menjejali teknologi Honda SENSING yang meliputi Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), serta Auto High Beam (AHB).

Fitur lain yang menjadi keunggulan pada Honda CR-V 2021 facelift yang hadir di Malaysia adalah adanya Hand-Free Power Tailgate untuk membuka pintu bagasi belakang hanya dengan gerakan kaki pada sensor akses di bawah bumper belakang. Selain itu, juga ada Remote Engine Start yang memungkinkan pengemudi untuk menyalakan mesin dan AC hanya dengan menekan tombol pintar pada remote kunci sebelum masuk ke dalam mobil.

Auto power tailgate menjadi kelengkapan standar pada Honda CR-v

Mana Yang Lebih Baik? Wuling WISE atau Honda SENSING

Secara umum, keduanya menyuguhkan tawaran yang serupa terkait dengan fitur ADAS yang ditawarkan. Meski begitu, jika memang Wuling Almaz 2021 mendapatkan WISE, maka fitur ini memberikan lebih banyak fasilitas bagi penggunanya. Teknologi internet car yang dimiliki telah didukung oleh fitur WIND yang sebelumnya juga telah digunakan pada Almaz. 

Wuling WISE memberikan nilai lebih dengan Internet Car

Sementara pada Honda CR-V 2021, jika kita menilik dari spesifikasi yang ditawarkan di Malaysia, maka mereka tak menawarkan fitur serupa dengan internet car ataupun voice command. Namun Honda menawarkan sistem koneksi Apple CarPlay atau Android Auto dimana sistem navigasinya dapat terintegrasi langsung dengan layar MID.

Honda SENSING hanya menawarkan keunggulan dari fitur ADAS 

Artinya, jika dalam waktu dekat baik Wuling Almaz maupun Honda CR-V memperkenalkan model facelift-nya di Indonesia, maka tampaknya sekali lagi Honda harus kembali mengakui keunggulan Wuling soal fitur yang disematkan pada SUV-nya ini. Soal harga, Wuling Almaz sudah lebih unggul lebih dahulu dengan banderol yang lebih murah. Keunggulan yang tetap dimiliki oleh Honda CR-V yang masih tidak dapat disaingi oleh Wuling Almaz adalah soal performa mesin dan tentunya citra merek Honda yang sudah sangat kuat di Tanah Air.
 

Komentar