window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pertama di Dunia, Dubes Jepang di RI Pilih Mobil Listrik Ini Buat Kendaraan Dinas

Adit · 28 Jun, 2022 18:01

Pertama di Dunia, Dubes Jepang di RI Pilih Mobil Listrik Ini Buat Kendaraan Dinas 01

  • Pertama di dunia, Kedubes Jepang di Indonesia pakai mobil listrik.
  • Mobil listrik yang dimaksud adalah Nissan Leaf.
  • Nissan Leaf kini harganya Rp728 juta OTR Jakarta.

Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Indonesia akan menggunakan kendaraan dinas terbaru berupa mobil listrik. Bukan dari pabrikan Toyota atau Mitsubishi, melainkan menggunakan Nissan Leaf yang kini dipasarkan senilai Rp728 juta. 

Hal ini diketahui dari unggahan media sosial @jpnambsindonesia beberapa waktu lalu, yang memperlihatkan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji berfoto bersama dengan kendaraan tanpa emisi tersebut.

Pertama di Dunia, Dubes Jepang di RI Pilih Mobil Listrik Ini Buat Kendaraan Dinas 02

Duta Besar Jepang untuk Indonesia menggunakan mobil listrik Nissan Leaf sebagai kendaraan dinas

Baca Juga: Gak Cuma Nissan Leaf, SPKLU Nissan Bisa Buat Ngecas Mobil Listrik Berbagai Merek

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menariknya dalam narasi pada unggahannya, disebutkan bahwa belum ada Kedubes Jepang di negara lain yang menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan komuter harian. Ini tentu menarik dan sejalan dengan visi Indonesia dalam percepatan kendaraan listrik. 

"Di Indonesia pun, transisi menuju mobil listrik sedang berjalan. Kedubes Jepang di Indonesia menjadi yang pertama di antara seluruh Kedutaan Besar Jepang di dunia yang menggunakan EV sebagai mobil dinas!" tulisnya.  

Pertama di Dunia, Dubes Jepang di RI Pilih Mobil Listrik Ini Buat Kendaraan Dinas 01

Mobil listrik Nissan Leaf kini dibanderol Rp728 juta

"Kami bersama dengan perusahan-perusahaan Jepang akan terus berupaya untuk mewujudkan bebas karbon di Indonesia!" sambungnya. 

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Head of Marketing Communication PT Nissan Motors Distribution Indonesia (NMDI) Julian Olmon. "Benar telah dilakukan serah terima Nissan Leaf yang dilakukan diler kami ke Kedubes Jepang," ungkapnya.

@autofun.indonesia Ini Dia Calon Mobil Listrik Laris! @wulingmotorsid #reviewmobil #mobillistrik #wulingev #tipsmobil ♬ Ca plane pour moi - Plastic Bertrand

Baca Juga: Terkuak Pajak Tahunan Nissan Leaf Mirip Motuba, Lebih Murah Dibanding Toyota Agya!

Tambahnya, spesifikasi mobil listrik tersebut tidak memiliki perbedaan. Artinya tetap sama dengan unit yang dipasarkan di Indonesia. "Semua spesifikasinya sama seperti yang dijual di Indonesia," pungkasnya. 

Sekali Cas Bisa Tempuh Jakarta-Tegal

Berdasarkan spesifikasi, Nissan Leaf menggendong motor listrik yang disokong daya dari baterai lithium ion berkapasitas 40 kWh. Tenaga yang dikeluarkan bisa mencapai 150 PS dengan torsi 320 Nm, yang didistribusi melalui transmisi single speen gear reduction menuju roda depan. 

Pertama di Dunia, Dubes Jepang di RI Pilih Mobil Listrik Ini Buat Kendaraan Dinas 02

Tampak belakang mobil listrik Nissan Leaf

Kemampuan larinya dari keadaan diam ke 100 km/jam hanya dalam 7.9 detik. Adapun kecepatan puncaknya bisa mencapai 155 km/jam. Kemudian untuk menambah keasyikan berkendara, mobil listrik ini dilengkapi pilihan mode berkendara: D, B, Eco, dan Eco+ untuk kehematan baterai yang ekstra. 

Oh iya, saat diisi penuh baterainya menjanjikan daya tempuh yang jauh sekitar 311 kilometer. Jaraknya sama saja seperti menempuh dari Jakarta ke Tegal. Tertarik punya? AutoFun Indonesia pernah mengulasnya dalam review di bawah ini.

Baca Juga: Jajal Ngecas Mobil Listrik Nissan Leaf, Modal Rp40 Ribuan Bisa Jalan dari Jakarta ke Bandung!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Nissan Leaf 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia