Pertama di Dunia, Kia Sonet 7-Seater Akan Meluncur di Indonesia Minggu Depan

Yongki Sanjaya · 1 Apr, 2021 20:30

Pertama di Dunia, Kia Sonet 7-Seater Akan Meluncur di Indonesia Minggu Depan 01

Kia tampaknya begitu serius menggarap potensi pasar otomotif di Indonesia. Setelah meluncurkan Sonet tahun lalu, brand asal Korea Selatan tersebut minggu depan akan merilis Kia Sonet versi 7-seater. Peluncuran ini tampaknya menjadi world premiere Kia Sonet versi tujuh penumpang karena kami belum menemukan artikel peluncuran mobil tersebut di negara lain.

Kepastian soal waktu peluncuran Kia Sonet 7-seater ini kami dapatkan melalui undangan resmi dari pihak PT Kreta Indo Artha selaku agen pemegang merek di Indonesia. Dalam undangan yang kami terima, tertulis tanggal peluncuran Kia Sonet ini yaitu pada 8 April 2021 mendatang secara virtual launch.

"PT Kreta Indo Artha (KIA), Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan bermotor Kia di Indonesia mengundang Rekan Media untuk hadir ke acara Virtual Press Conference - New KIA SONET 7 SEATER," demikian tertulis undangan yang kami terima.

Tentu, kehadiran Kia Sonet versi 7-seater jelas memberikan warna baru yang sangat menarik. Terlebih, Indonesia akan dipilih menjadi negara pertama dimana crossover itu meluncur secara global. Bisa dibilang, sosok Sonet 7-seater ini adalah inovasi yang belum dilakukan oleh merek lain untuk segmen compact crossover.

Pertama di Dunia, Kia Sonet 7-Seater Akan Meluncur di Indonesia Minggu Depan 02

Menurut asumsi kami, harga Sonet versi 7-seater akan lebih mahal dari Sonet 5-seater yang ada sekarang.  Bila melihat idenya, Sonet 7-seater bakal jadi low SUV dengan rentang harga antara Rp250 sampai 300 juta. Tentu hal ini semakin memanaskan peta persaingan di segmen Low SUV yang berisi brand besar Asia. 

Tentunya, Sonet sudah punya modal cukup apabila mengambil basis dari crossover 5-seater yang 'dipanjangin'. Baik mesin hingga fitur yang tersedia sudah cukup memuaskan. Apalagi, Sonet juga sudah memiliki sunroof, sesuatu yang belum tersedia di mobil dengan harga di bawah Rp300 jutaan. 

Fitur Kia Sonet 7-Seater, Bakal Menjiplak versi 5-Seater?

Pertama di Dunia, Kia Sonet 7-Seater Akan Meluncur di Indonesia Minggu Depan 03

Kami belum mendapatkan informasi apapun perihal fitur yang nantinya tersedia pada Kia Sonet versi 7-seater. Namun, kita boleh berharap kalau PT KIA bersama dengan prinsipal akan mengaplikasikan seluruh fitur di Sonet 5-seater untuk versi 'low SUV'. Sebagai contoh, kami akan menjelaskan apa saja yang dimiliki Kia Sonet tipe tertinggi. 

Sunroof 

Bila melihat pilihan SUV yang punya harga di bawah Rp 300 juta, mayoritas belum dilengkapi fitur sunroof. Satu-satunya SUV selain Sonet yang sudah dilengkapi sunroof, yakni MG ZS yang dijual Rp 292,8 juta.

Pertama di Dunia, Kia Sonet 7-Seater Akan Meluncur di Indonesia Minggu Depan 04

Sunroof di Kia Sonet dapat dioperasikan secara tilt atau dibuka separuh ke atas, serta bisa juga dibuka seluruhnya dengan digeser secara otomatis ke bagian dalam.

Ventilated Seats 

Berikutnya ada fitur ventilated seats yang jadi fitur mewah kedua di Kia Sonet ini. Fitur ini hanya tersedia pada dua jok depan saja.

Ventilated seats ini memiliki fungsi layaknya sebuah penyejuk pada jok mobil. Saat fitur ini dinyalakan, maka perlahan orang yang duduk di jok ini akan merasakan efek yang dingin, baik pada bagian punggung jok atau bagian sandaran bokong.

Audio Bose

Walaupun harganya terjangkau, namun Kia membekali Sonet dengan sistem audio dari Bose. Brand audio ini adalah jaminan kualitas sound system terbaik, dan digunakan pada mobil mahal atau mobil Eropa. 

Total ada 4 speaker, 2 tweeter, serta 1 subwoofer dari Bose yang tersemat di mobil ini. Makin istimewa, terdapat LED Sound Mood Light. Ini mirip layaknya ambient light pada mobil-mobil premium. 

Wireless Charging

Fitur mewah ketiga dari Sonet 5-seater yakni wireless charging. Fitur ini berfungsi untuk mengisi daya smartphone secara wireless atau tanpa kabel. Biasanya wireless charging biasanya terdapat di mobil mewah kelas Rp400 jutaan.

 

Komentar