window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pertama di Indonesia! Transjakarta Mulai Pakai Bus Listrik untuk Rute Reguler, Ongkosnya Tetap

Ilham · 9 Mar, 2022 20:07

Pertama di Indonesia! Transjakarta Mulai Pakai Bus Listrik untuk Rute Reguler, Ongkosnya Tetap 01

  • Ada 30 bus listrik Transjakarta yang bakal beroperasi.
  • Beroperasi di jalur non BRT.
  • Tahap awal satu rute dan akan terus ditambah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan secara resmi sudah meluncurkan unit terbaru dari bus Transjakarta. Menariknya, bus-bus tersebut kini memiliki sumber penggerak listrik yang ramah lingkungan.

Menurut Anies, kemacetan dan polusi udara adalah dua tantangan besar yang dihadapi Kota Jakarta. Kedua masalah mobilitas tersebut diakibatkan oleh kegiatan kendaraan bermotor yang amat tinggi.

"Karena itu solusi yang ditawarkan ke masyarakat adalah dengan memfasilitasi kendaraan umum dengan sistem yang terintegrasi dan kendaraan umumnya berbasis listrik," jelas Anies dalam keterangan resminya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga: Tahun Depan Indonesia Mulai Uji Coba Penggunaan Bus Listrik Mercedes-Benz

Siapkan 100 Unit Bus Listrik Transjakarta

Saat ini total 30 bus listrik resmi digunakan secara bertahap untuk rute Transjakarta. Catatan menariknya adalah pengoperasian bus listrik pertama di Indonesia untuk transportasi umum.

Pertama di Indonesia! Transjakarta Mulai Pakai Bus Listrik untuk Rute Reguler, Ongkosnya Tetap 01

Tahap awal ada 30 unit bus listrik

Rencananya, unit terus bertambah hingga 100 bus listrik yang beroperasi. Karena menurut Anies, hal ini adalah langkah awal dari rencana pembangunan rendah karbon daerah yang berketahanan iklim.

Di mana harapannya di 2030 semua kendaraan umum bus di Jakarta bisa beroperasi dengan tenaga listrik.

Efek Penurunan Emisi dari Pemakaian Bus Listrik

Dari data yang diberikan, penggunaan bus listrik berpotensi menurunkan polusi suara hingga 28 persen dibandingkan pada bus diesel. Selain itu, emisi CO2 pada gas buang bus listrik dapat berkurang hingga 50,3 persen.

Pertama di Indonesia! Transjakarta Mulai Pakai Bus Listrik untuk Rute Reguler, Ongkosnya Tetap 02

Peluncuran bus listrik Transjakarta

Bahkan level efisiensi energi pada bus listrik memiliki potensi lima kali lebih tinggi dibandingkan pada bus diesel. "Jadi dengan bus listrik ini kita mengurangi emisi karbon, sekaligus di saat yang sama mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalanan," paparnya.

Penggunaan Bus Listrik Direncanakan Sejak Tahun 2018

Kehadiran bus listrik ini bukan dilakukan tanpa perencanaan lama. Pasalnya, uji coba bus listrik oleh Transjakarta sudah dilakukan secara berulang.

Pertama di Indonesia! Transjakarta Mulai Pakai Bus Listrik untuk Rute Reguler, Ongkosnya Tetap 03

Damri juga pernah menguji bus listrik

Lebih detail, pengoperasian bus listrik ini adalah hasil kerja bersama yang dirintis sejak tahun 2018, bersama intsitusi internasional dan dukungan dari sektor swasta.

"Kita bekerja bersama dengan 4 institusi internasional, antara lain: United Nations Environment Programme (UNEP), Climate Technology Centre and Network, C40 Cities Network dan Kedubes Kerajaan Inggris, kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas kolaborasinya," urai Anies.

Baca Juga: Bus Listrik di Indonesia Bisa Ramai, Tapi Nasibnya Jangan Seperti Bus CNG

Operator Mayasari Bakti

Bus listrik yang digunakan adalah BYD asal Cina dengan tipe big bus lower deck. Sehingga memudahkan pengguna kursi roda untuk mengakses ke dalam bus.

Pertama di Indonesia! Transjakarta Mulai Pakai Bus Listrik untuk Rute Reguler, Ongkosnya Tetap 04

Gunakan bus dari BYD dari Cina

Selain itu, operatornya sendiri adalah Mayasari Bakti yang saat ini juga menjadi salah satu operator bus reguler BRT di Transjakarta.

Rute Reguler Bus Listrik Transjakarta

Berbeda dari rute uji coba bus listrik EV1 yang biasanya wara-wiri di Blok M - Balai Kota, maka penumpang bus listrik saat ini bisa menjajal di rute non BRT 1P (Terminal Senen – Bundaran Senayan).

Selanjutnya akan menyusul di rute 1R: Tanah Abang – Terminal Senen; 1N: Blok M – Tanah Abang; 6N: ragunan – Blok M. Tarifnya seperti bus Transjakarta reguler (BRT), yakni Rp 3.500 saja.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia